alexa-tracking

Pungutan zakat Cilandak Barat yang melampaui kewajaran

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b14763d5a5163bf1f8b456c/pungutan-zakat-cilandak-barat-yang-melampaui-kewajaran
icon-hot-thread
Pungutan zakat Cilandak Barat yang melampaui kewajaran
Pungutan zakat Cilandak Barat yang melampaui kewajaran
(Foto ilustrasi) Sejumlah warga mengantre pembagian sedekah di kediaman salah seorang pengusaha H. Ambo Rukka, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (28/5/2018).
Zakat fitrah memang menjadi kewajiban yang harus ditunaikan umat muslim saat bulan Ramadan. Perhitungan besaran zakat juga sudah ditentukan dalam ajaran Islam.

Kendati demikian, masing-masing muslim tetap memiliki hak untuk memilih ke mana zakat itu akan diberikan.

Namun agaknya hal itu tidak berlaku bagi warga Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Minggu (3/6/2018), jagat media sosial diramaikan dengan beredarnya surat "pungutan" pajak yang dikeluarkan oleh kantor Kelurahan Cilandak Barat.

Dalam surat yang turut ditandatangani Lurah Cilandak Barat, Agus Gunawan, itu disebutkan bawah setiap rukun tetangga (RT) di wilayah tersebut wajib mengumpulkan Rp1 juta sebagai bentuk zakat yang nantinya akan disalurkan ke Badan Amil Zakat, Infak, dan Sedekah (Bazis).

Dalam surat itu juga dicantumkan peringatan jika map pengumpulan zakat ini hilang, maka tiap RT harus membayar denda sebesar Rp1 juta.
Halooo @OmbudsmanRI137, Surat Edaran dari Kelurahan Cilandak Barat ini timbul kesan Pemaksaan atas pungut Dana Bazis Ramadhan sebesar Rp1jt dan ditambah Rp1jt jika map Program Bazis Ramadhan HILANG..Apa kira2 yg harus Warga lakukan? pic.twitter.com/PVoXXDgjZB
— Remington Steele #TT (@mochamadarip) June 2, 2018
Begitu hal ini menjadi viral, sang Lurah Cilandak Barat, Agus Gunawan, buru-buru mengonfirmasi bahwa pengumpulan zakat itu dilakukan karena dirinya mendapatkan target Rp138 juta untuk disetorkan ke Bazis dari Wali Kota Jakarta Selatan.

Meski begitu, Agus dalam KOMPAS.com mengakui bahwa memang tidak ada instruksi khusus dalam edaran Wali Kota agar setiap RT mengumpulkan zakat untuk gerakan amal sosial Ramadan (GAR) sebanyak minimal Rp1 juta.

"Itu imbauan. Saya kan punya 144 RT, kalau Rp1 juta (per RT), pas kan target saya. Tapi tetap semampunya warga," tutur Agus.

Agus pun langsung merevisi surat edaran tersebut. Kewajiban pengumpulan Rp1 juta/RT plus dendanya dihapuskan. Sebagai gantinya, Agus menyelipkan target Rp138 juta yang diharapkan bisa disetorkan Kelurahan Cilandak Barat ke Bazis.

Menanggapi ramainya pemberitaan, Kepala Bazis DKI Jakarta Zahrul Wildan menegaskan bahwa tidak ada ketentuan yang mengharuskan setiap RT menyetorkan zakat minimal Rp1 juta.

Bazis DKI, sambung Zahrul, hanya mengimbau kepada para lurah untuk menggerakkan warganya agar membayar zakat melalui Bazis.

"Kita hanya imbauan saja untuk membayar zakat, tidak menentukan harus Rp1 juta. (Zakat) Sebenarnya memang perintah dari agama, tapi kami enggak pernah melakukan (menaruh target) seperti itu," sebut Zahrul dalam Liputan6.com.

Zahrul menduga imbauan zakat hanya berasal dari inisiatif lurah saja. "Itu kan keikhlasan dari orang-orang mau bayar zakat atau tidak gitu kan. Iya dong, masa zakat dipaksa," sambungnya.

Zahrul tak mengelak, imbauan yang dikeluarkannya berdasarkan ucapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Oleh karenanya, Bazis memberikan map kepada para lurah untuk disebarkan ke setiap RT di kelurahan masing-masing.

Terkait map itu, Bazis juga tidak pernah menentukan akan ada denda Rp1 juta jika hilang. RT yang bersangkutan hanya diminta membuat surat pernyataan bahwa map hilang dan jika memungkinkan didukung dengan surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian.

Kamis (31/5/2018), dalam acara Peduli Umat 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memang pernah berujar soal perolehan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) oleh Bazis DKI Jakarta yang meningkat dari tahun lalu.

Menurutnya, pada tahun lalu ZIS yang berhasil dikumpulkan sebesar Rp3,6 miliar, sementara tahun ini terkumpul Rp4,2 miliar. Sayangnya, Anies tak menjelaskan dengan detail periode pengumpulan ZIS pada tahun ini.

Anies kemudian berharap, perolehan pada tahun-tahun selanjutnya bisa terus meningkat.

Dalam acara itu, semua pejabat DKI dikumpulkan untuk selanjutnya melakukan pembayaran zakat melalui Bazis.

Saat itu Anies menyetorkan Rp75 juta untuk zakat dan infaknya, sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyerahkan seluruh gaji dan tunjangan operasionalnya untuk iuran ZIS melalui lembaga itu.
Pungutan zakat Cilandak Barat yang melampaui kewajaran


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...paui-kewajaran

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Pungutan zakat Cilandak Barat yang melampaui kewajaran Kenapa Bakamla dan Kementerian Kelautan mendapat opini disclaimer

- Pungutan zakat Cilandak Barat yang melampaui kewajaran Penangkapan terduga teroris di kampus Riau

- Pungutan zakat Cilandak Barat yang melampaui kewajaran Uang Rp1,9 miliar di rumah dinas Bupati Bengkalis

image-url-apps
seriusan.. seumur hidup belom pernah bayar pajak lewat rt-rw-kelurahan... tinggal ke masjid 5 menit kelar..

Ini budaya sejak kapan??

Salah tulis.. maksudnya zakat!!

Kok jadi pajak haaahahaha
ga usah bayar... selesai...... emoticon-Ngacir

KASKUS Ads
image-url-apps
"asal bapak senang"

emoticon-Request
image-url-apps
mejeng pejwan aja emoticon-Goyang
image-url-apps
Ekonomi lesu zakat dipatok :tepar
image-url-apps
upeti kah?
image-url-apps
Pungutan zakat Cilandak Barat yang melampaui kewajaran
image-url-apps
hemmmms ad2 aj org kota mahemoticon-Cape deeehh
image-url-apps
Cilandak, dekat.
Cuman mengenai beritanya 'wow', kok bisa gitu ya?

Kalau zakat ke masjid selesai.
image-url-apps
Harusnya ndak boleh bijitu... Seperti halnya pepatah Laos yang mengatakan:

ຕາທຮຸນແຮງ, ບ່າບ່າບ່າຫນາແຫນ້ນ: ເປັນຫນັກທທຸກທໍລະມານກັບຜທເຫັນມັນ, ມັນຍັງຮ້າຍແຮງກວ່າເກາສໍາລັບຜທໄດ້ປະສົບກັບມັນ...

emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
orang indonesia beragama tapi kaga takut dosa
Zakat dipatok apalalgi dipatok pak? kotak amal masjid?emoticon-Ngamuk
zakattt kok dipatok sih,,,
mending bayar tempat lain
image-url-apps
Kwkwkw
ke mesjid beres ngapain lewat gituan, mau dipake apa lagi coba ini, klo mesjid mah enak tiap jumat dikasih tau transparansinya dipake buat apa masuk berapa.
image-url-apps
Sabar dong ntar semua kebagian emoticon-Cape d...
image-url-apps
zakat seharusnya seikhlasnya ,lah ini kok dipatok harus berapa
image-url-apps
Lanjutkan

emoticon-Traveller
image-url-apps
jaman sudah menjadi edan. segala dilakukan..
×