alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Jelang Mudik, Menteri Jonan Senang Premium Tersedia dengan Harga Jual Normal
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b146b03dbd770ae108b456a/jelang-mudik-menteri-jonan-senang-premium-tersedia-dengan-harga-jual-normal

Jelang Mudik, Menteri Jonan Senang Premium Tersedia dengan Harga Jual Normal

Jelang Mudik, Menteri Jonan Senang Premium Tersedia dengan Harga Jual Normal

JPP, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonanm Sabtu dan Minggu (2-3/6/2018) melakukan tour darat kesiapan BBM di sepanjang jalur mudik Jakarta-Semarang-Surabaya. Setelah inspeksi di 5 titik fasilitas BBM sepanjang Jakarta-Semarang di hari Sabtu, hari Minggu giliran jalur mudik Semarang-Surabaya. 

Saat meninjau SPBU Nomor 54.63208 Ngawi, Menteri Jonan senang saat Premium tersedia. Jonan sempat berbincang melayani pengendara motor yang mengisi Premium. Bahkan Jonan sempat berpose memakai topi layaknya petugas SPBU yang menjual Premium. Menjelang lebaran pasokan Premium di SPBU Ngawi tersebut ditambah dari sekitar 2,2 juta liter menjadi 2,8 juta liter per hari.

"Saya mesti check langsung kesiapan BBM terutama di daerah yang sebelumnya belum ada jalan tol atau di jalan tol fungsional. Disitu nanti Pertamina akan menempatkan kios BBM, mobil dispenser, mobil tangki dan motor BBM," ungkap Menteri Jonan di lokasi peninjauan berikutnya (SPBU Nomor 54.64415 Kertosono, Jatim).

Jonan menepis saat ditanya apakah akan ada penyesuaian harga BBM termasuk yang dijual di berbagai fasilitas BBM di jalan tol fungsional tersebut. "Tidak, harganya sama dengan yang di SPBU Pertamina pada umumnya. Itu fasilitas penjualan tambahan untuk mengantisipasi mudik lebaran," ungkap Jonan.

Di SPBU Kertosono, Jonan sempat menaiki mobil tangki BBM kapasitas 24 kilo liter Premium dan Pertalite yang siap dioperasikan.

Pelaksana tugas Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati yang mendampingi Jonan pada Tour Jakarta-Surabaya menyampaikan bahwa pasokan BBM secara umum akan ditambah 15%. Khusus untuk di jalur mudik atau rawan macet ditambah 30%.

TBBM Cikampek

Selain beberapa SPBU di sepanjang jalur pantura, salah satu obyek vital yang ditinjau adalah Terminal BBM (TBBM) Cikampek. TBBM yang beroperasi tahun 2006 tersebut memiliki 12 tangki penyimpanan dengan total kapasitas lebih dari 88 ribu Kilo Liter (KL). TBBM tersebut sangat strategis sebagai penyuplai BBM Premium, Solar, Pertalite, dan Pertamax cs untuk wilayah Bekasi, Karawang, Purwakarta dan Subang.

Menteri Jonan meminta Pertamina meningkatkan koordinasi antar wilayah agar lebih fleksibel dalam mengantisipasi keamanan pasokan BBM.

"Pertamina MOR 3, 4 dan 5 (Marketing Operation Region Jabar, Jateng dan Jatim) perlu ada komando dari (Pertamina) pusat agar bisa fleksibel dalam strategi pengaturan pasokan BBM. Karena ini pertama kali jalan tol trans Jawa selesai, dan dipakai mudik," ungkap Menteri Jonan di TBBM Cikampek.

Jonan juga menyarankan agar Pertamina dapat menempatkan mobil dispenser BBM di terminal bus tipe A yang tempatnya memadai.

Sebagaimana diketahui TBBM Cikampek menyuplai BBM untuk sekitar 243 SPBU di 4 wilayah. Mayoritas atau 55% diantaranya untuk suplai wilayah Bekasi. Selebihnya wilayah Karawang sekitar 24% dan wilayah Subang dan Purwakarta masing-masing sebesar 13% dan 8%.

Selain itu, TBBM Cikampek juga menyuplai BBM untuk nelayan, industri dan Polri/TNI di wilayah tersebut. Sebelum ke TBBM Cikampek Jonan beserta jajaran juga sempat meninjau SPBU di rest area tol Cikampek kilometer 57. (esdm)


Sumber : https://jpp.go.id/ekonomi/energi/321...ga-jual-normal

---

Kumpulan Berita Terkait EKONOMI :

- Jelang Mudik, Menteri Jonan Senang Premium Tersedia dengan Harga Jual Normal Menteri LHK: Tingkatkan Peran Artikulasi dan Implementasi Kebijakan KLHK

- Jelang Mudik, Menteri Jonan Senang Premium Tersedia dengan Harga Jual Normal Tahun 2018, ESDM Kejar Target PNBP Rp 160 Triliun

- Jelang Mudik, Menteri Jonan Senang Premium Tersedia dengan Harga Jual Normal Triwulan I 2018, 5 Kepmen ESDM Terbit untuk Pengelolaan Pertambangan Lebih Baik

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di