alexa-tracking

Nasib 2 Pria Kebumen yang Nekat Naik Haji Bersepeda Ontel

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b13bd6c902cfe2f338b4569/nasib-2-pria-kebumen-yang-nekat-naik-haji-bersepeda-ontel
Nasib 2 Pria Kebumen yang Nekat Naik Haji Bersepeda Ontel
Nasib 2 Pria Kebumen yang Nekat Naik Haji Bersepeda Ontel

Liputan6.com, Kebumen - Awal Mei 2018 lalu, jagat maya Kebumen, Jawa Tengah, dan sekitarnya dibikin heboh oleh kabar dua pria setengah baya yang nekat berangkat naik haji bersepeda ontel. Mereka bakal menempuh perjalanan ribuan kilometer ke Tanah Suci, Mekah dan Madinah.

Mereka dilepas oleh keluarga, segenap sanak famili, dan tetangganya dengan doa-doa. Kenekatan dua pria yang berniat haji bersepeda ontel ini menginspirasi banyak orang.

Dua orang ini adalah Kiai Khudori, asal Desa Roworejo Kecamatan Kebumen dan Nurudin, warga Desa Sidomoro, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen. Dua pria setengah baya itu ditautkan oleh niat berangkat haji bersepeda ontel.

Ribuan komentar bernada positif dan doa-doa mengalir deras, baik di dunia nyata maupun maya. Mereka berharap, keduanya berhasil menunaikan kewajibannya menunaikan rukun Islam kelima dengan cara unik ini.

Sebelum keberangkatannya, dua pria ini juga telah mengantongi paspor dan dokumen keimigrasian lainnya dari Kantor Imigrasi Cilacap. Untuk mengurus dokumen itu, mereka pun mengayuh sepeda dari Kebumen hingga Cilacap yang jaraknya lebih dari 40 kilometer.

Akhir April 2018, Khudori dan Nurudin berangkat dengan doa-doa dari keluarga dan para tetangga. Mereka memulai perjalanan naik haji bersepeda ontel dengan mengayuh kendaraan angin ini dari Kebumen menuju Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kayuhan 2 Calon Haji Bersepeda Ontel Kebumen Terhenti di Batam


Nasib 2 Pria Kebumen yang Nekat Naik Haji Bersepeda Ontel

Lantas perjalanan dilanjutkan dengan kapal hingga melewati Selat Malaka yang meliputi Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Singapura), Teluk Bengala (India dan Bangladesh).

Perjalanan masih berlanjut dengan berlayar di Samudra Hindia (Yaman, Sri Lanka, dan India), Selat Bab el Mandeb (Yaman), Laut Merah di Arab Saudi, lalu berakhir di Pelabuhan Jeddah, Arab Saudi.

Dari pelabuhan ini, dua pria Kebumen yang berangkat haji berpeda ontel akan melanjutkan perjalanan hingga Mekkah dan Madinah.

Sayangnya, belum lagi berhasil melawat ke negeri tetangga, langkah mereka terhenti di Batam, Kepulauan Riau. Batas akhir Indonesia sebelum melintas ke Selat Malaka. Mereka gagal memperoleh visa.

"Informasinya seperti itu, tidak bisa melanjutkan perjalanan karena tidak dapat visa," ucap Kepala Desa Roworejo, Amir Syarifudin, saat dihubungi Liputan6.com, Kamis malam, 31 Mei 2018.

Atas saran keimigrasian Batam, mereka pun lantas kembali ke kampung halaman. Mereka berdua naik pesawat.

Mereka pun tiba di kampung halaman dengan selamat pada Rabu malam, 30 Mei 2018, sekitar pukul 19.30 WIB. "Sampai di rumah sekitar waktu salat tarawih, informasinya," dia menambahkan.

Namun, ia tak menjelaskan apakah sepeda yang dikayuh untuk berangkat haji itu turut dibawa ke kampung halaman. Amir mengaku baru memperoleh informasi itu dari tetangga sekampung Khudori. Ia pun belum sempat bersilaturahmi.

Khudori Daftar Haji Reguler ke Kemenag Kebumen


Namun, gagal berangkat haji bersepeda ontel tak lantas menyurutkan langkah Khudori untuk menunaikan ibadah wajib bagi muslim yang mampu ini. Kamis, 31 Mei 2018, Khudori langsung mendaftar haji reguler ke Kementerian Agama Kebumen.

Amir pun tak menyangsikan kemampuan finansial Khudori. Ia terhitung sebagai orang berada. Strata ekonominya berada di atas rata-rata.

Anak-anaknya pun terhitung sebagai orang yang berhasil. Dari empat anaknya, tiga di antaranya adalah bos konveksi. Satu lainnya adalah pegawai tata usaha di SMK Maarif, Kebumen.

Mereka membuka usaha garmen dengan puluhan anak buah. Order diperoleh dari Jakarta. Secara material, tak ada yang menghalangi Khudori untuk mendaftar haji secara reguler.

Bahkan, jika mau, sebenarnya anak-anak Khudori pun mampu memberangkatkan orang tuanya beribadah haji dengan Haji ONH Plus. Tetapi, Khudori memang memiliki keinginan yang kuat untuk naik haji bersepeda ontel, sesuai dengan hobinya bersepeda.

"Dari dulu pun keluarga ingin Pak Khudori naik hajinya reguler. Saya pun pernah menyarankan seperti itu, tapi ya itu (tekadnya sudah bulat)," dia menerangkan.

Kini, Khudori akan kembali pada rutinitas kesehariannya sebagai kiai desa. Ia akan mengajar anak-anak hingga orang tua belajar agama di kampungnya.

"Pribadinya unik. Dia memang tokoh agama di sini," dia menambahkan.

sumber

emoticon-Turut Berduka
TURUT BERDUKA CITA
image-url-apps
astajim, 2 pria itu dijolimin petugas imigrasi yg kagak mau keluarin visa ya akhi emoticon-Mewek
image-url-apps
Pesan Buroqjek aja
KASKUS Ads
image-url-apps
Masih pakai sepeda
Ketinggalan jaman woy

Nasib 2 Pria Kebumen yang Nekat Naik Haji Bersepeda Ontel
image-url-apps
Klw di keluarin visanya semua org yg overdosis agama bisa ikut2an cara ini wkwkwkwwk dan arab saudi lgs minus perolehan devisa dr indonesia terutama bidang haji dan umroh
image-url-apps
Quote:


Kira2 sampe langit ke 7 argo nya berapa wan ? emoticon-Bingung (S)
image-url-apps
suruh naik travel abu tour atau first travel cuk emoticon-Wkwkwk
image-url-apps
Quote:


Dan gw yakin tiap hari lu colai bayangin 72 binaraga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


Gue ga sengenes elu. Gue Ada anak ada istri.

Gue berani jamin klo di dunia nyata nyali lu yg seupil bakal ciut.superior di medsos doang. emoticon-Leh Uga
image-url-apps
emoticon-Ngakak yg penting pulang bawa kurma sama air zam zam trs dibagiin ke tetangga , urusan sampe mekah apa ngga belakanagan lah
image-url-apps
Quote:


Kalo darah tinggi di obatin wan,jangan ngoceh kek beo dimari emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


Ngoceh apaan? Gue cuma mau tau keberanian lu di dunia nyata ngomong seperti yg gue quote.
Klo jiper ga usah ngeles
rencananya mereka akan disambut ileh rizik sihab disana
image-url-apps
Quote:


Takebeer

Nasib 2 Pria Kebumen yang Nekat Naik Haji Bersepeda Ontel
image-url-apps
Kasihan. Tekad baja tenaga raksasa tapi terhalang visa. emoticon-Mewek



Tapi paling gak udah masuk berita. emoticon-Leh Uga
image-url-apps
jadi gini... males koment ah

ntap
goyang puting item
Nasib 2 Pria Kebumen yang Nekat Naik Haji Bersepeda Ontel
image-url-apps
Visa? Cuma nyebrang ke Malay sih gak perlu visa. Gak ditanya macem2 juga mau ngapain.

Ato jangan2 mereka ini nggak punya paspor?
image-url-apps
1000 jin mijon siap mengirim ke tempat haji
image-url-apps
Salut ama tekadnya emoticon-Smilie
Moga bisa terlaksana ya naik hajinya
tanpa visa haji, mustahil.
belum visa2 untuk mengunjungi negara yang dilewati.
bisa2 malah mati ditembak diperbatasan, dikira mata2 isis dll.
×