alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Larangan Eks Koruptor Nyaleg, Jokowi Dinilai Main Dua Kaki
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b13949398e31be4118b456f/larangan-eks-koruptor-nyaleg-jokowi-dinilai-main-dua-kaki

Larangan Eks Koruptor Nyaleg, Jokowi Dinilai Main Dua Kaki

Larangan Eks Koruptor Nyaleg, Jokowi Dinilai Main Dua Kaki
Ilustrasi: RILIS.ID/Hafidz Faza


RILIS.ID, Jakarta— Pengamat politik dari Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menyoroti pernyataan Presiden Joko Widodo yang terkesan bermain dua kaki terkait polemik “mantan napi nyaleg”.
Menurutnya, di satu sisi itu hak warga negara memilih dan dipilih, namun di sisi lain mempersilakan KPU untuk membuat aturan melarang mantan napi koruptor "nyaleg".
"Kita memahami nuansa kebatinan presiden soal polemik mantan napi nyaleg, di satu sisi presiden tidak mau keluar dari aturan trayek bernegara yaitu peraturan PKPU tidak boleh lebih tinggi dan bisa mengubah peraturan perundang-undangan," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima rilis.id, Minggu (2/6/2018).
Namun, dia mengingatkan, di sisi lain Jokowi bisa memahami logika arus opini publik yang mendukung KPU dalam agenda pemberantasan korupsi, koruptor yang semakin memprihatinkan dan membahayakan perut kesejahteraan rakyat.
Kendati begitu, ia menawarkan solusi jitu dengan jalan tengah yaitu larangan mantan napi kasus korupsi nyaleg diserahkan kepada partai politik untuk membuat peraturan syarat jadi caleg.
"Misalnya mantan napi kasus korupsi tidak boleh nyaleg karena tidak akan dipilih rakyat, ketidak percayaan (dis-trust) dan akan gagal mendapatkan dukungan animo kepercayaan masyarakat,” paparnya.
“Termasuk affirmative action keterwakilan perempuan sebesar 30 persen diatur dalam dalam UU No. 10 Tahun 2008 ditegaskan bahwa partai politik baru dapat mengikuti setelah memenuhi persyaratan menyertakan sekurang-kurangnya 30 persen keterwakilan perempuan pada kepengurusan partai politik tingkat pusat,” tambahnya.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Kemendagri saja menolak keputusan KPU.
jokoui lucu lucuan..leda lede..ingah ingih..
Jd menurut agan, sebaiknya eks-koruptor boleh nyaleg ga?
ga viral kl berita ginian, psi aja yg nentang caleg eks koruptor begitu jokowi bilang boleh nyaleg langsung kicep, ga ada tuh tsamari komentarin statement jokowi.
Quote:


Cebong mana berani ama jongos. Jongos mana berani ama partai.
Quote:


makanya bacotnya aja idealis, begitu mentok ama banteng dkk langsung kicep, ini yg kedua ane inget. sblmnya waktu presidensial treshold itu jg tiba2 diem psi begitu ga sejalan ama koalisi pemerintah.
partainya yang nggak boleh mencalonkan
M.topig lobsters bijimaho tanggapannya emoticon-Wow


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di