alexa-tracking

Penangkapan terduga teroris di kampus Riau

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1385c5d9d770dc0d8b458c/penangkapan-terduga-teroris-di-kampus-riau
Penangkapan terduga teroris di kampus Riau
Penangkapan terduga teroris di kampus Riau
Tim Densus 88 bersama tim Gegana Brimob Polda Riau berjaga di area penggeledahan gedung Gelanggang Mahasiswa Kampus Universitas Riau (UNRI) di Pekanbaru, Riau, Sabtu (2/6/2018).
Detasemen Khusus 88 Antiteror dan Polda Riau menangkap tiga orang terduga teroris dan menyita sejumlah barang yang diduga bom dari kampus Universitas Riau, Kota Pekanbaru, Sabtu (2/6/2018). Polisi mengungkapkan target para terduga teroris itu adalah peledakan di Gedung DPR dan DPRD Provinsi Riau.

Tiga terduga teroris berinisial Z, B, dan K, ditangkap tim gabungan di Gedung Gelanggang Mahasiswa FISIP Universitas Riau. Mereka adalah alumni Universitas Riau Jurusan Pariwisata, Komunikasi dan Administrasi Negara angkatan 2002 hingga 2005.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan akan diledakkan di DPRD dan DPR," kata Kepala Polda Riau, Inspektur Jenderal Polisi Nandang dikutip Antaranews.

Dari tangan ketiganya, polisi menyita empat bom rakitan yang memiliki daya ledak tinggi. Polisi juga menyita sejumlah serbuk-serbuk bahan pembuat bom dari gedung yang merupakan sekretariat bersama kelembagaan mahasiswa itu. Ada juga senapan, busur, anak panah serta granat tangan rakitan.

Nandang menjelaskan, ketiga terduga teroris itu sengaja menggunakan kampus untuk menutupi jejak mereka, terutama dalam merakit bom. Mereka merakit bom di Sekretariat Kelembagaan Gelanggang Mahasiwa dan tidur di mes Mapala (Mahasiswa Pencinta Alam) Sakai selama sebulan perakitan bom.

Versi sedikit berbeda diungkapkan Kepala Divisi Humas Polri Irjen (Pol) Setyo Wasisto. Densus, kata Setyo, meringkus terduga teroris berinisial MNZ atau Z di dalam area Universitas Riau, dekat Gedung Fisipol, Kampar Riau.

Penangkapan MNZ merupakan pengembangan atas keterangan dua orang terduga teroris yang diringkus sebelumnya, yakni berinisial RB alias D dan OS alias K. Keduanya juga merupakan mantan mahasiswa di univesitas yang sama dengan pelaku. "Kedua orang itu sudah terlebih dahulu ditetapkan sebagai tersangka," ujar Setyo.

Setyo menambahkan, MNZ memiliki kemampuan untuk merakit bom TATP (triaceton triperoxide). TATP merupakan bom kimiawi yang sangat berbahaya dan memiliki daya ledak tinggi.

MNZ, kata Setyo, juga membagi keahliannya tersebut di tautan grup media sosial Telegram. Namun, Setyo tidak menjelaskan dari mana kemampuan tersebut didapat MNZ.

Polisi juga menduga MNZ terkait dengan jaringan Jemaah Ansharut Daulah (JAD) pimpinan Aman Abdurrahman. Pada 18 Mei lalu, jaksa menuntut hukuman mati terhadap Aman dalam kasus bom Thamrin.

Sementara Rektor Universitas Riau Aras Mulyadi, mengatakan sangat tidak menduga adanya tindakan terkait teror di kampus universitas negeri di Kota Pekanbaru, Riau itu. Ia mengatakan pihak universitas tidak pernah mendukung tindakan yang berkaitan dengan terorisme di kampus tersebut.

"Karena itu, kami seluruh civitas academica sangat mengutuk tindakan yang menjurus ke teror ini," kata Aras.
Penangkapan terduga teroris di kampus Riau


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...di-kampus-riau

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Penangkapan terduga teroris di kampus Riau Uang Rp1,9 miliar di rumah dinas Bupati Bengkalis

- Penangkapan terduga teroris di kampus Riau Diduga dukung HTI, Guru Besar Undip bisa dipecat

- Penangkapan terduga teroris di kampus Riau Nabi yang populer dalam Alquran