alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Jika Perang dengan Iran, NATO Tidak Akan Bela Israel
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b137f7f902cfea1468b4570/jika-perang-dengan-iran-nato-tidak-akan-bela-israel

Jika Perang dengan Iran, NATO Tidak Akan Bela Israel

Jika Perang dengan Iran, NATO Tidak Akan Bela Israel
NATO menyatakan jaminan keamanan tidak berlaku bagi Israel jika pecah perang antara negara Zionis itu dengan Iran. Foto/Istimewa


BRUSSELS - NATO tidak berkewajiban untuk datang menyelamatkan jika seandainya terjadi perang antara Iran dengan Israel. Hal itu katakan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) NATO Jens Stoltenberg.

“Israel adalah mitra kami, tetapi bukan anggota NATO. Jaminan keamanan Pasal 5 tidak berlaku untuk Israel,” terang Stoltenberg kepada majalah Jerman Der Spigel.

Pasal 5 dari perjanjian NATO yang dimaksud Stoltenberg menyatakan bahwa serangan terhadap satu sekutu dianggap sebagai serangan terhadap semua sekutu, tetapi itu tidak berlaku bagi mereka yang ditunjuk hanya sebagai "mitra" aliansi.

Stoltenberg menambahkan bahwa aliansi tidak terlibat dalam upaya perdamaian Timur Tengah, atau dalam konflik di wilayah tersebut. "Ini bukan tugas kami," ia menekankan seperti dinukil dari Russia Today, Minggu (3/6/2018).

Meski begitu, tahun lalu, NATO secara resmi bergabung dengan koalisi pimpinan AS melawan teroris IS (Islam Negara, sebelumnya ISIS) di Irak dan Suriah.

Seandainya terjadi perang hipotetis seperti itu, itu juga tetap menjadi pertanyaan terbuka jika Amerika Serikat (AS) mempertahankan sekutu terdekatnya di kawasan itu. Pasalnya Washington dan Tel Aviv tidak memiliki perjanjian pertahanan resmi bersama, meski ada tonggak baru dalam hubungan bilateral yang dicapai ketika AS mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan memindahkan kedutaannya di sana.

"Kita semua sama-sama prihatin dengan program rudal Iran dan kegiatannya yang mengarah ke ketidakstabilan di kawasan itu, misalnya dukungan kelompok teroris," tambah Stoltenberg, mengulangi tuduhan umum yang secara teratur ditujukan kepada Iran, dan atas dasar apa Washington terus memperkenalkan putaran sanksi di Teheran.

Sementara saingan eksistensial Israel dan Iran tidak pernah terlibat dalam konflik militer langsung, mereka terkunci dalam perjuangan politik yang kejam dan dalam konfrontasi proksi. Menjadi kritikus paling vokal dari kesepakatan nuklir internasional 2015 dengan Iran, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sangat berpengaruh dalam meyakinkan Presiden AS Donald Trump untuk secara sepihak mundur dari Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA).

"Kesepakatan Iran terus berlanjut," Stoltenberg mengungkapkan dukungannya, mengingat fakta bahwa AS hanyalah salah satu pihak dalam perjanjian kompleks yang didukung PBB - yang melibatkan Inggris, Rusia, Perancis, China, Jerman dan Uni Eropa - tidak ada yang mendukung gerakan nekat Washington itu.

“Pertanyaannya adalah, bisakah itu bekerja tanpa AS? Dampak dari sanksi AS terhadap perusahaan-perusahaan Eropa akan sangat besar dalam hal apapun,” tanya Stoltenberg.


SUMBER : https://international.sindonews.com/...ael-1528000562
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
ga mungkin ga bela israel
gila saja kalo israel kalah kekuatan iran makin jadi
ngarepin arab saudi?
Selamatkan cewek2 persia dan yahudi, ana siap mempoligami mereka secara adil emoticon-Cool
Ah kata siapa Israel ngga sanggup kalo cuma lawan Iran ane yakin IDF sanggup sendirian...emoticon-Big Grin
Sayangnya IDF harus mengurusi juga hamas dan hizbullah....emoticon-Ngakak (S)
Lagian kalo Israel terdesak ada sampson options jadi NATO mau ga mau ngebantu..emoticon-Ngakak (S)
kehancuran akan di dapatkan 2 negara ini apabila terjadi perang,nuklir vs nuklir akhirnya,percaya kata2 aneemoticon-Cool
Quote:


jgn lupa israel punya nukliremoticon-Jempol emoticon-Toast
Quote:


Itu namanya Sampson Options kayak yang gue bilang di komen sebelumnya...emoticon-Ngakak (S)
hahaha tinggal dipikir saja aluminium sama bajanya


Quote:


Nuklir iran buat PLN gan
gak perlu perang nuke
masih ada saudi dengan senang hati sedia backup dana dan wilayah emoticon-Big Grin
bukan nato yg turun tapi us
Israel sendiri udah mumpuni ngadepin arab2 chicken
Quote:


dan jangan keliru, 60% jiwanya NATO ada pada USA emoticon-Betty (S)
Gak ngaruh selama ada amerika

Lagian NATO selain amerika tentaranya bisa apa ??? Menentukan gender sendiri aja gak bisa, ada 60 jenis kelamin emoticon-Ngakak
halah paling perang ekonomi + lobi2 emoticon-Ngakak
atau pake proxy macam disuriah emoticon-Ngakak
Quote:


Jangan lufa aja Ana emoticon-Jempol
Tanpa dibantu juga Iran bakal sulit menghadapi Israel.
Quote:


Kalau amerika bantu israel apakah anggota nato tetap diam ???
Pasti bantu juga.
Quote:


dri dulu mamarika kagak bisa taklukin nih negara .....hanya nuklir yg membuat mereka keder gan dan setau ane iran udah punya dri dulu lha korut aja cuman gertak sambel mw attackemoticon-Hansip
nunggu rezim mullah komunis tumbang, bentar lagi juga hancur seperti venezuela sekutu akhir jambannya iran. Miris! Persia dulu punya peradaban yg sangat maju di Asia, tapi sejak revolusi, iran jadi shithole country. tiap tahun ada aja pengungsi iran pada kabur semua nyari suaka emoticon-Wkwkwk
Abang kita sama Ruski paling tau kelakuan DAJJAL mamarika,

Makanya si Abang punya pakta pertahanan sama Ruski.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di