alexa-tracking

Anies Zakat Rp 75 Juta, Sandiaga Serahkan Seluruh Gaji Rp 1,8 Miliar

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b136c98dbd770303f8b4569/anies-zakat-rp-75-juta-sandiaga-serahkan-seluruh-gaji-rp-18-miliar
Anies Zakat Rp 75 Juta, Sandiaga Serahkan Seluruh Gaji Rp 1,8 Miliar
https://jawapos.com/hijrah-ramadan/31/05/2018/anies-zakat-rp-75-juta-sandiaga-serahkan-seluruh-gaji-rp-18-miliar


JawaPos.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut mengalokasikan uangnya untuk zakat dalam acara tahunan Peduli Umat 1439 H/2018 yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Infak dan Sedekah (BAZIS) DKI. Tak hanya Anies, para pejabat ibu kota beramai-ramai menyalurkan zakatnya.

"Saya titipkan zakat lewat BAZIS itu Rp 75 juta," ujar Anies diu Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (31/5).

Meski tak hadir, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga menyerahkan zakat. Seperti yang diketahui, seluruh penghasilan Sandi selama menjabat di DKI dikelola BAZIS. Maka, untuk zakat, Politikus Partai Gerindra itu membayarkan seluruh gaji dan tunjangan operasional melalui lembaga tersebut yang jumlahnya Rp 1,8 miliar per bulan.

Kemudian, sejumlah pejabat lain seperti sekretaris daerah (Sekda), asisten pembangunan, para deputi gubernur, asisten deputi gubernur, wali kota, dan berbagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) juga turut menyumbang zakat.

Hari ini, total dana yang terkumpul mencapai Rp 4,2 miliar. Jumlah itu terkumpul dari ZIS pejabat sebesar Rp 1 miliar, ZIS perusahaan Rp 2,9 miliar, dan ZIS pribadi Rp 326 juta.

"Mudah-mudahan nanti bisa lebih besar lagi. Itu sudah di atas tahun lalu. Tapi kita harus lebih besar lagi. Tahun lalu Rp 3,6 miliar, tahun ini Rp 4,2 miliar. Insya Allah kita dorong naik lebih besar lagi," kata Anies.

Anies ingin BAZIS DKI mengoptimalkan pengelolaan zakat secara keseluruhan. Zakat sebagai bagian rukun Islam dinilai sebagai penyeimbang atau equalizer ketimpangan dan memberikan keadilan di masyarakat. Berbeda dengan pajak, zakat juga memiliki saluran distribusi yang jelas.

"Zakat ini bagian dari rukun Islam dan di dalam Quran disebutkan tidak kurang dari 24 kali perintah untuk menegakkan salat dan menunaikan zakat. Karena itu ini adalah satu ibadah yg penting dan kita berharap perhatiannya diberikan lebih besar," paparnya.

Sementara itu, Ketua BAZIS DKI Zahrul Wildan mengatakan hingga saat ini dana yang terkumpul pada 2018 mencapai Rp 54 miliar. "Terakhir sebelum acara ini ada Rp 50 miliar pengumpulannya," sebutnya.

BAZIS DKI menargetkan pengumpulan dana tahunan sebesar Rp 300 miliar hingga akhir tahun. Selama ini, 60 persen zakat yang terkumpul diperoleh dari pemotongan gaji ASN Muslim.

"Nah yang sudah kami lakukan membuat unit pengumpulan zakat (UPZ) jadi kaki tangan dari BAZIS DKI Jakarta, dan ke depan yang kami lakukan kemarin ialah ada dua mal sadar zakat yaitu Thamrin City dan Season City. Insya Allah setelah Lebaran kita buka di semua mal di Jakarta, insya Allah," terang Zahrul.

(ce1/yes/JPC)
ane masih gak paham hasil zakat ini dikelola BASIZ trus disalurin nya kemana y ? panti asuhan ?emoticon-Bingung
image-url-apps
Apakah pemberian zakat tidak selalu harus berbentuk uang cash, mungkin bisa diberikan berupa modal usaha? Kata org kasih kail gitu,,,
Biar gk langsung abis.
KASKUS Ads
image-url-apps
dari umat untuk umat emoticon-Angel
image-url-apps
GoodBener dan WaGoodBener.
tuinjangan ops sandy juga dizakatkan?

jadi kerja pakai dana sendiri nih

emoticon-Motret
image-url-apps
Horang kayahh mahh bebas....dana operasional pakai kantong pribadi,percayaaa.... emoticon-Big Grin

Anies ingin BAZIS DKI mengoptimalkan pengelolaan zakat secara keseluruhan. Zakat sebagai bagian rukun Islam dinilai sebagai penyeimbang atau equalizerketimpangan dan memberikan keadilan di masyarakat. Berbeda dengan pajak, zakat juga memiliki saluran distribusi yang jelas. 


Mantab.. jadi agama Itu ibaratnya sound system,,jadi powernya kudu maksimal agar bass yg di hasilkan mantab.... emoticon-Malu

Jangan lupa pakai subwoofer yg bagus juga emoticon-Big Grin
image-url-apps
Semoga berkah nies, semoga berkah no..
image-url-apps
Quote:


Harus uang setau saya dan zakat itu udah ada aturannya buat siapa2 aja, jd lebih selektif.

Klw infak barus bebas buat apa aja yg bermanfaat.
image-url-apps
Quote:


Kan dia banyakan joging dari rmh
Ga butuh mobil

Cuma butuh air mandi di kantor
bukan main sungguh mulia hati pak asu itu .....jaminan bidadari nih emoticon-Angel
presiden ajah cuman 40jt
dasar presiden kagak jelas emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:



Nggak harus uang

https://konsultasisyariah.com/7001-z...ngan-uang.html
image-url-apps
menindaklanjuti seruan gubernur .....

makin banyak dong zakat tahun ini, wajib sejuta map ilang kena denda sejuta

emoticon-Ultah
image-url-apps
Quote:


soal air gampang
ada air olahan tinja emoticon-Big Grin
image-url-apps
Baliknya sudah lebih banyak..
emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Koruptor 1.1 triliun cuma nyumbang 1.8 M emoticon-Bingung

Belum nanti saham bir DKI dibeli & tanah reklamasi diambil alih emoticon-Embarrassment
image-url-apps
MANTAP


MAHOK MANA MAU
image-url-apps
Quote:

Kalo dirumag gue sih ngasih zakat ke tetangga 3 bersaudara yatim piatu dalam bentuk 3kg beras untuk masing2 orang, cmiiw
image-url-apps
Jangan lupa diliput! emoticon-Motret
image-url-apps
AUTO VAROKAH
×