alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
(KASKUSSEPUR) Bogor - Cianjur, Jalur Kereta Bagai Lukisan Anak-Anak
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1322cedac13e06798b4567/kaskussepur-bogor---cianjur-jalur-kereta-bagai-lukisan-anak-anak

(KASKUSSEPUR) Bogor - Cianjur, Jalur Kereta Bagai Lukisan Anak-Anak

(KASKUSSEPUR) Bogor - Cianjur, Jalur Kereta Bagai Lukisan Anak-Anak
Jalur Bogor - Cianjur adalah jalur rel kereta api yang sudah lama tidak aktif. Beberapa tahun yang lalu, pemerintah pun mencoba untuk mengaktifkan kembali rute ini. Banyak orang yang meminta untuk jalur ini diaktifkan kembali. Kenyataannya, jalur ini memang cukup fantastis.

Saya mulai dari stasiun Manggarai menuju Bogor. Kondisi KRL pagi ini cukup sepi menyenangkan untuk melihat pemandangan kota yang cukup padat oleh rutinitas orang kota yang akan bekerja. Kurang lebih 1 jam 20 menit, KRL ini pun sampai di stasiun Bogor. Banyak yang berbeda dari stasiun Bogor saat ini dengan yang lalu pada saat saya datang ke sini untuk pertama kalinya.

Saya pun bertanya kepada seorang petugas yang sedang bertugas di stasiun. Karena, saya kurang tahu dimana saya harus membeli tiket kereta api Pangrango. Banyak artikel yang sudah saya baca, hanya saja tidak menjelaskan jika naik kereta api ini harus dari stasiun Bogor Paledang.

Menuju stasiun Bogor Paledang, kita harus keluar terlebih dahulu berjalan kurang lebih 300 meter dari stasiun Bogor. Kondisi stasiun ini cukup kecil, bahkan lebih kecil daripada stasiun kecil lainnya. Hanya saja, sudah banyak para penumpang yang bersiap-siap.

Kereta pun datang, dengan jumlah 5 rangkaian. 1 kereta Eksekutif dan 4 kereta Ekonomi. Perjalanan pun dimulai, kereta ini berjalan dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Maklum saja, kondisi rel yang memang tidak memungkinkan untuk melakukan kecepatan yang tinggi.
(KASKUSSEPUR) Bogor - Cianjur, Jalur Kereta Bagai Lukisan Anak-Anak
Kereta ini berhenti di setiap stasiun, ada pula salah satu stasiun yang berhimpitan dengan rumah-rumah warga. Setelah Stasiun Batu Tulis, kita akan menikmati pemandangan berupa sawah yang hijau. Banyak pula para petani yang sedang mengerjakan sawahnya. Sungguh, sawah yang begitu luas dan menjadikan sebuah decak kagum, bagaimana hijaunya negeri ini. Jalur ini menanjak keatas menunjukkan perbukitan yang cukup menghijaukan mata.

Stasiun Sukabumi, stasiun yang masih menjaga keutuhan stasiunnya untuk tidak direnovasi. Stasiun ini dekat dengan pasar. Hampir sama dengan stasiun Kepanjen di Malang. Kondisi stasiun ini sebenarnya tidak terlalu ramai, hanya saja kondisi pasar yang berada di depan stasiun begitu ramai.

Setelah puas melihat keramaian pasar ini saya pun membeli tiket kereta api Siliwangi yang hanya 3ribu rupiah saja. Kereta ini sudah ada di jalur 3 yang hanya terdiri kereta ekonomi saja. Tidak terlalu banyak penumpang yang memakai kereta ini. Jadi, saya pun bisa melihat pemandangan yang tersaji di depan mata.

Pemandangan yang disuguhkan pun begitu mempesona. Saya seperti kembali ke zaman anak TK. Sungguh, saya melihat pemandangan yang tersaji itu sama dengan lukisan itu. Sawah-sawah, perbukitan, dan juga sungai-sungai menjadi satu bagian hanya saja, kaca kereta ini kurang begitu bagus dan sedikit buram.

Kereta ini pun melewati sebuah terowongan yang menjadi terowongan terlama di negeri ini. Terowongan Lampegan. Setelah Stasiun Lampegan, jalur akan menanjak dan kereta ini akan berjalan sangat pelan.

Stasiun Cianjur pun tiba setelah melakukan perjalanan kurang lebih 1 jam 30 menit. Sebenarnya, pemandangan yang ada disini sama dengan pemandangan yang lain. Hanya saja, perjalanan kereta ini lebih lambat, sehingga pemandangan ini pun semakin lebih menarik untuk dinikmati.

Perjalanan yang menempuh waktu kurang lebih 3 jam ini menjadi sebuah pengalaman yang berbeda. Pemandangan yang sungguh indah dan memanjakan mata. Harga yang cukup murah hanya 28rb untuk Pulang-pergi.
Urutan Terlama
naik siliwangi memang seru gan...seperti naik kereta luar negeri gitu, kanan kiri gunung, paling menarik kalo udah masuk lampengan...mantap jiwa
Bener Gan, jadi pengen naik lagi ganemoticon-Ultah


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di