alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Puncak Konsumsi BBM 14-16 Juni 2018, Ini Langkah MOR IV Pertamina
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b131bdc642eb648748b456a/puncak-konsumsi-bbm-14-16-juni-2018-ini-langkah-mor-iv-pertamina

Puncak Konsumsi BBM 14-16 Juni 2018, Ini Langkah MOR IV Pertamina

Puncak Konsumsi BBM 14-16 Juni 2018, Ini Langkah MOR IV Pertamina



JPP, SEMARANG – Demi mengamankan pasokan BBM saat mudik lebaran 2018, TBBM Semarang Group menyiagakan 145 truk tanki BBM dengan total kapasitas 3.280 Kiloliter (KL) serta ditambah dengan 4 unit Mobile Dispenser yaitu truk tangki BBM yang dilengkapi dengan dispenser sehingga bisa langsung mengisikan BBM ke kendaraan.

“Pemerintah terus mendorong dan memastikan seluruh sarana dan prasarana pendukung pendistribusian BBM selama Ramadan dan Idul Fitri 2018 dapat beroperasi maksimal, demi kenyamanan dan kelancaran pemudik. Terima kasih kepada Pertamina, dan kami akan terus memantau dan memastikan bahwa masyarakat dan pemudik dapat terlayani dengan baik,” ungkap Menteri BUMN, Rini M. Soemarno di sela-sela kunjungannya ke TBBM Semarang Group, Jumat (1/6/2018).

Menteri Rini yang didampingi PLT Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyastuti, menyampaikan apresiasi atas persiapan Tim Satgas Pertamina dalam mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2018. TBBM Semarang Group, milik PT Pertamina (Persero) di Semarang, Jawa Tengah, merupakan salah satu urat nadi penyuplai kebutuhan BBM di beberapa wilayah Jawa Tengah, seperti Kendal, Batang, Pekalongan, Semarang, Karimun Jawa, Demak, Kudus, Jepara, Pati, Grobogan dan Blora.

Terkait persiapan mudik, PLT Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyastuti mengatakan, salah satu tantangan dalam pendistribusian BBM di wilayah Jawa Tengah adalah peningkatan konsumsi BBM serta potensi kemacetan yang diproyeksikan terjadi di Exit Tol Gandulan –Pemalang, Krapyak -Semarang, serta Ngasem – Kartosuro.

Jika secara nasional konsumsi BBM diproyeksikan mengalami puncaknya pada 9 Juni 2018, maka puncak konsumsi BBM di wilayah Jawa Tengah khususnya Semarang dan sekitarnya diprediksi terjadi pada 14 -16 Juni 2018.

Berdasarkan data tahunan, pola konsumsi BBM masyarakat yang sudah tiba di kampung halamannya, akan meningkat pada satu hari sebelum lebaran hingga hari lebaran kedua. Konsumsi tertinggi di wilayah Semarang dan sekitarnya diprediksi mencapi 6.522 Kiloliter atau naik 34% dari konsumsi harian. “Pertamina siap melayani masyarakat dan kami pastikan bahwa masyarakat dan pemudik tidak mengalami kelangkaan BBM selama Ramadan dan Idul Fitri,” kata Nicke.

Selain Terminal BBM Semarang Group, Menteri Rini juga berkesempatan meninjau sejumlah sarana prasarana penunjang pendistribusian BBM yang akan dioperasikan di jalur tol maupun non tol di wilayah Jawa Tengah dan Derah Istimewa Yogyakarta (DIY) di antaranya, kantong BBM di SPBU,  yakni truk tangki berisi BBM penuh yang disiagakan di SPBU untuk memudahkan mobiliisasi distribusi, Mobile Dispenser, Kios Kemasan Pertamax (KiosK Pertamax) dan armada sepeda motor yang siaga mendistribusikan BBM di TBBM Semarang Group untuk segera ditempatkan di titik-titk yang telah ditetapkan.

Khusus di Jawa Tengah dari Jalur Brebes sampai dengan Sragen, Pertamina akan menyiapkan 6 Serambi Pertamax, 25 KiosK Pertamax, 200 unit motoris, 27 kantong BBM, serta 11 unit Mobile Dispenser.

Kesiapan sarana dan prasarana tersebut tidak lepas dari pekerja yang bertugas menjadi satgas, serta peran ujung tombak pendistribusian BBM yakni para Awak Mobil Tangki (AMT). Karena itu dalam kunjungan ini, Menteri BUMN Rini Soemarno berpesan kepada para pengemudi mobil tangki agar dalam menjalankan tugasnya tetap harus mengutamakan keselamatan.

Dia juga menyerahkan bingkisan lebaran bagi para AMT, serta bingkisan bagi 150 Anak dari para AMT berprestasi. “Semoga ini bisa menjadi penyemangat AMT yang bertugas di garda depan pendistribusian demi memberikan layanan terbaik kepada para pemudik,” kata Rini.



Dalam kunjungan ini, Menteri Rini dan rombongan menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility/CSR senilai Rp 530,95 juta bagi masyarakat di sekitar TBBM Semarang Group, seperti Penanaman Mangrove dan Renovasi Sekretariat Ekowisata “kelompok CAMAR” di Tambaklorok, pembangunan Taman Energi Negeri TBBM Semarang Group, pengembangan SDM, sarana dan fasilitas.

Penyaluran program CSR juga dilakukan berupa perbaikan infrastruktur dan sarana pendidikan seperti perbaikan gedung sekolah dan perpustakaan SDN 01 Kemijen, renovasi dan penyediaan sarana Ibadah Musola Istiqomah, pembangunan 3 unit perpustakaan, pemberian santunan 50 lansia Kemijen, Perluasan Jaringan Bank Sampah Guyub Rukun Kemijen Digital Marketing.

Selain pemberian CSR di Pengapon, Menteri Rini juga mengunjungi Pondok Pesantren Maslakul Huda, Kajen Margoyoso, di wilayah Pati. Menteri Rini meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) modular atau Pertashop yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) bagi masyarakat sekitar.

Tak hanya Pertashop,  dia juga meresmikan pendirian taman baca dan sarana dan prasarana Sekolah Dasar (SD) serta Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Total bantuan yang disalurkan senilai Rp 1,026 miliar. “Ini merupakan salah satu komitmen pemerintah untuk senantiasa memberikan akses energi ke berbagai wilayah. Harapan saya, kehadiran Pertashop bisa membantu warga sekitar dan juga meningkatkan perekonomian daerah,” pungkas Rini. (bumn)


Sumber : https://jpp.go.id/ekonomi/energi/321...145-truk-tanki

---

Kumpulan Berita Terkait EKONOMI :

- Puncak Konsumsi BBM 14-16 Juni 2018, Ini Langkah MOR IV Pertamina Menteri LHK: Tingkatkan Peran Artikulasi dan Implementasi Kebijakan KLHK

- Puncak Konsumsi BBM 14-16 Juni 2018, Ini Langkah MOR IV Pertamina Pertamina Siapkan BBM Kemasan Hadapi Mudik

- Puncak Konsumsi BBM 14-16 Juni 2018, Ini Langkah MOR IV Pertamina Tahun 2018, ESDM Kejar Target PNBP Rp 160 Triliun

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di