alexa-tracking

Pengertian, Fungsi SSL (Secure Socket Layer) Dan Jenisnya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b130b3cc0d770a9398b4568/pengertian-fungsi-ssl-secure-socket-layer-dan-jenisnya
Pengertian, Fungsi SSL (Secure Socket Layer) Dan Jenisnya
SSL atau Secure Socket Layer Merupakan cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna. Setiap kali seorang surfer web mengunjungi situs yang aman yang menggunakan teknologi SSL, menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser mereka dan web server. SSL adalah standar industri untuk komunikasi web yang aman dan digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online setiap hari.

Lantas Apakah yang Dimaksud dengan Sertifikat SSL?
Web server harus memiliki sertifikat SSL sebelum dapat membuat koneksi SSL. Ketika seseorang mengaktifkan protokol SSL di server web mereka, mereka diminta untuk menjawab pertanyaan yang akan membangun identitas mereka. Pertanyaan meminta informasi tentang kedua situs dan perusahaan. Setelah sertifikat SSL yang diminta, server web menciptakan dua kunci kriptografi, satu adalah kunci pribadi dan yang lainnya adalah Kunci Publik. Tombol ini digunakan bersama dengan rumus enkripsi untuk menciptakan aman hubungan antara web server dan sesi browser.

Mengapa Menggunakan SSL? Untuk Men-enkripsi Informasi Sensitive.
Alasan utama mengapa menggunakan SSL adalah untuk menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut. Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan. Komputer lain yang ada diantara Anda dan server dapat melihat nomor Kartu Kredit Anda, username dan passwords, dan informasi sensitive lainnya bila hal ini tidak dienkripsi dengan Sertifikat SSL.

Ketika sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas. Dari pengertian SSL diatas, menurut anda penting atau tidak SSL itu? Kalau menurut saya SSL sangatlah penting bagi website anda.

Bagaimana Cara Kerja Sertifikat SSL?
SSL Certificate menggunakan sesuatu yang disebut public key cryptography. Jenis kriptografi khusus ini memanfaatkan kekuatan dua kunci yang merupakan rangkaian panjang angka-angka yang dihasilkan secara acak. Diantaranya ada private key dan satu disebut public key.

Public key akan mengidentifikasi server Anda dan akan berada di domain publik. Fungsinya key ini dapat digunakan untuk mengenkripsi file apa pun yang akan anda kirim. Sementara Private key akan mengunci dan mengenkripsi file apapun yang akan anda terima.

SSL dibagi berdasarkan tipe website tersebut , berikut daftar / Jenisnya :

Spoiler for "Lihat Bro !!":


Perlu diketahui dari ketiga jenis SSL diatas, terdapat Wildcard SSL yang berguna untuk mengamankan domain dan seluruh subdomain dari domain utama anda (*.domain.com), sedangkan sertifikat SSL biasa hanya mengamankan www.domain.com dan domain.com

Terdapat berbagai macam sertifikat SSL dari berbagai macam vendor, seperti RapidSSL, Comodo PositiveSSL, VeriSign Secure Site, dan lainnya. Setiap Vendor atau Certificate Authority berbeda satu dengan lainnya, termasuk biaya penerbitan SSL dan tingkat kepercayaan pengguna terhadap brand SSL.


Sumber : Buat.web.id