alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
Sikap yang Baik Ketika mendapatkan Pujian
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b12f75296bde6436d8b4569/sikap-yang-baik-ketika-mendapatkan-pujian

Sikap yang Baik Ketika mendapatkan Pujian

••●══❁══◎✾☆﷽☆✾◎══❁══●••
*اللهُم صل علٰى سَيدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيكَ ورسولِكَ النبي الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُل وَقتٍ وَحيـنٍ*
•══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎══════•
🅐🅛 🅗🅘🅚🅐🅜 *153-154*
“SIKAP KITA KETIKA DIPUJI ORANG(1)”

الناس يمدحونك لمايظنونه فيك فكن انت ذامّالنفسك لماتعلمه منها
*_153.”Orang-orang yang memuji padamu disebabkan oleh apa yang mereka sangka yang ada padamu, karena itu engkau harus mencela dirimu, karena apa-apa (aib) yang engkau ketahui pada dirimu."_*

Kamu jangan sampai terpengruh/ tertipu dengan pujian orang-orang yang tidak mengetahui hakikatnya dirimu, tetapi kamu harus kembali melihat dirimu dengan mencela dirimu sebab perbuatanmu yang terbalik/ tidak sama dengan prasangka orang lain pada dirimu.
Maka dari itu Sayyidina Ali berdo’a : “Allahumaj-alnaa khoirom-mimmaa yadhun-nuna,- walaa-tu-aakhidz-naa bimaa yaquuluuna ,- wagh-fir lanaa- maa-laa ya’lmuuna”. (Ya الله, jadikanlah aku lebih baik dari apa yang mereka sangka, dan jangan Engkau siksa mereka sebab ucapan mereka terhadap diriku, dan ampunilah semua dosaku yang tidak diketahui mereka.)
Dan siapa yang merasa senang dengan pujian orang lain terhadap dirinya, berarti dia telah memberi kesempatan pada setan untuk masuk dan merusak imannya.

الموءمن اذامدح استحيٰى من الله ان يثنى عليه بوصف لايشهده من نفسه
*_154. “Orang mukmin yang sejati itu ketika dipuji orang, dia malu pada الله, karena ia dipuji bukan karena sifat yang ada pada dirinya, tapi dari الله."_*

Jadi apabila orang lain memuji dirinya dan meyebut kebaikannya, dia merasa malu kepada الله, karena dia merasa tidak mempunyai sifat-sifat yang layak dipuji, sebab ia merasa hanya mendapat karunia الله jika ia bisa berbuat sesuatu yang baik, dan bukan dari usaha dan kemampuannya sendiri.
Seorang salik itu harus tidak percaya dengan pujian orang lain, tetapi dia juga tidak diperintah untuk merobah/menolak supaya orang lain tidak memuji atau berprasangka baik padanya, dia hanya diperintah untuk tidak terpengaruh,dan supaya mendahulukan apa yang diketaui terhadap dirinya sendiri, mengalahkan prasangka orang lain. Yang penting tidak keterlaluan pujiannya, kalau keterlaluan maka harus di tolak.
رَسُول اللهﷺ bersabda : “ Uhtsut-turoba fii-waj-hi mad-daachiin” lempari debu dimuka orang-orang yang memuji-mujimu.
Rosul berkata pada orang yang memuji seseorang di hadapan رَسُول اللهﷺ , : Qoto’-ta ‘unuqo shoohibika” kamu telah memotong leher saudaramu.

👉🏻 https://telegram.me/kitabhikam
•══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎══════•
◎ *اللهم اجعلنا من العلماء العاملين المخلصين*◎

••●══❁══◎✾☆﷽☆✾◎══❁══●••
*اللهُم صل علٰى سَيدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيكَ ورسولِكَ النبي الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُل وَقتٍ وَحيـنٍ*
•══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎══════•
🅐🅛 🅗🅘🅚🅐🅜 *155-157*
"SIKAP KITA KETIKA DIPUJI ORANG (2)"

اجهل الناس من ترك يقين ما عنده لظن ماعند الناس
*_155. “sebodoh-bodoh manusia yaitu orang yang meninggalkan (mengabaikan) keyakinan yang sungguh-sungguh ada padanya, karena mengikuti prasangka yang ada pada orang-orang."_*

Orang yang dipuji orang lain dan terpengaruh dengan pujiannya, dan menganggap baik pada dirinya sendiri, orang seperti ini adalah orang paling bodoh, karena yang yakin ia ketahui yaitu kekurangan-kekurangan dan dosa-dosa yang telah dilakukannya atau rendahnya akhlaqnya dan kelemahan imannya sendiri.
Al-Harits Al-Muhasiby mengumpamakan pada orang yang senang dipuji orang lain, itu bagaikan orang yang senang dengan ejekan orang padanya,; Seumpama ada orang berkata : kotoranmu itu berbau harum, lalu engkau gembira dengan pujian yang demikian, padahal engkau sendiri jijik dan tau berbau busuk. Ketahuilah bahwa kotoran dosa dan jiwa itu lebih busuk dari pada kotoran (tinja) orang.
Seorang Hakim dipuji oleh orang awam/ biasa, maka ia menangis, lalu ditanya: kenapa engkau menangis? Padahal orang itu memujimu,.. jawabnya: ia tidak memujiku, melainkan setelah dia mengetahui bahwa yang ada padaku sifat-sifat yang sama dengan sifat-sifatnya.

اذااطلق الثناء عليك ولست باهل فاَثن عليه بما هو اهلهُ
*_156. “Jika الله membuka mulut orang-orang untuk memujimu, padahal nyata-nyata engkau tidak layak/ berhak untuk pujian seperti itu, maka engkau harus memuji kepada الله yang berhak / layak mendapatkan pujian itu."_*

Kenyataannya apa yang disanjungkan orang-orang padamu itu tidak ada pada dirimu, atau kau mempunyai cacat/ aib, sehingga kau tidak berhak menerima pujian itu, maka kau harus memuji kepada الله, yang telah menutupi aib-aibmu, kekuranganmu.

الزهّاد اذا مدحوا انقبضوا لشهودهم الثناء من الخلق ، والعارفون اذامدحوا انبسطوا لشهودهم ذالك من الملك الحقّ
*_157. “Orang-orang yang zuhud (ahli ibadah) jika dipuji oleh orang lain, mereka merasa ketakutan, karena kuatir terpengaruh,karena pujian itu datangnya dari sesama makhluk, sebaliknya orang aarif jika dipuji mereka merasa senang dan gembira karena mengerti benar-benar pujian itu datang dari الله raja yang haq."_*

Orang aarif itu selau hadir ke hadhrotulloh, tidak pernah memandang selain الله, mereka menganggap pujian-pujian itu datang dari الله, sehingga mereka gembira, dan pujian itu bisa menambah kekuatan hatinya dan kedudukannya dihadapan الله, karena mereka tidak memandang pada dirinya tidak membanggakan amalnya, dan tidak terpengruh dangan pujian ataupun cela-an orang lain. Kata Hikmah ini sesuai dengan Hadits Nabi ﷺ: إِذَا مُدِحَ الْمُؤْمِنُ فِي وَجْهِهِ رَبَا الْإِيمَانُ فِي قَلْبِهِ .(ketika seorang mukmin di puji di depannya maka iman dalam hatinya bertambah kuat).
رَسُول الله ﷺ sendiri pernah dipuji dengan qosidah oleh Hassan dan Ka’ab bin Zuhair,رَسُول الله ﷺMenunjukkan kegembiraan bahkan memberikan mantel kepada Ka’ab bin Zuhair.

Mushonnif (Syekh Ibnu Atho’illah) sendiri juga pernah memuji-muji kepada gurunya, Syeih Abul-Abbas Al-Mursyi, beliau diam saja dan memperlihatkan wajah senang.
Hal seperti ini juga terjadi pada para aarif lainnya.
Orang yang mempunyai makom ini antara dihina dan dipuji orang tidak akan ada bekasnya dalam hati, karena mereka tidak memandang itu semua dari makhluk, tapi mereka melihat itu semua dari الله سبحانه وتعالى.

👉🏻 https://telegram.me/kitabhikam
•══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎══════•
◎ *اللهم اجعلنا من العلماء العاملين المخلصين*◎

silahkan join Grup WA passive Income asuhan dr Sigit Setyowadi SpOG

https://chat.whatsapp.com/L0S8fJL4IEY7WP0dIH9DJo

Miftakul BY
081528759875
Admin
Diubah oleh: alamtunggal
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di