alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Ini Cara Paslon di Pilkada Jatim dalam Menyelesaikan Masalah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b128d55d675d449708b457d/ini-cara-paslon-di-pilkada-jatim-dalam-menyelesaikan-masalah

Ini Cara Paslon di Pilkada Jatim dalam Menyelesaikan Masalah

Ini Cara Paslon di Pilkada Jatim dalam Menyelesaikan Masalah

Surabaya, IDN Times – Pengamat politik dari Universitas Airlangga, Novri Susan mengatakan bahwa masing-masing pasangan calon dalam Pilkada Jatim memiliki pendekatan berbeda dalam menyelesaikan sebuah masalah. Pendekatan-pendakatan inilah yang menjadi salah satu penilaian para calon pemilih dalam menetukan pilihannya. “Keduanya telah merumuskan program dan mengomunikasikannya dengan caranya masing-masing,” ujarnya, Sabtu (2/6).


1. Khofifah gunakan pendekatan makro, Gus Ipul mikro
Ini Cara Paslon di Pilkada Jatim dalam Menyelesaikan Masalah
Novri menjelaskan Khofifah cenderung menggunakan pendekatan makro. Mulai dari permasalahan ekonomi, pembangunan, dan lainnya, Khofifah melihatnya secara umum menggunakan data statistik. “Hal ini diharapkan agar bisa mengena ke semua kalangan masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan untuk Gus Ipul, Novri menilai penyelesaian masalah mereka berdasarkan konteks tertentu. Pendekatan secara mikro ini memilah-milah penyelesaian masalah beradasarkan wilayah. “Bergantung pada masyarakat lebih sukanya ke pendekatan makro atau mikro,” jelas Novri.


2. Millennials cenderung memilih pendekatan makro
Ini Cara Paslon di Pilkada Jatim dalam Menyelesaikan Masalah
Pendapat Novri juga diamini oleh salah satu pengamat komunikasi dan politik Univeritas Airlangga, Suko Widodo. Perbedaan pendekatan juga berpengaruh pada target suara yang diraih.

Suko menjelaskan, dengan pendekatan mikro Gus Ipul akan berhasil menggaet masyarakat kultural seperti basisnya selama ini karena pendekatan mikro dirasa sesuai dengan kultur masing-masing wilayah. “Tapi kalau millennials justru lebih banyak suka ke pendekatan makro yang menggunakan data-data statistik yang pasti,” tambahnya.


3. Kedudukan masih imbang
Ini Cara Paslon di Pilkada Jatim dalam Menyelesaikan Masalah
Meskipun memiliki cara yang berbeda, berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga kedudukan kedua pasangan calon masih tidak jauh berbeda. Namun kondisi akan segera berakhir mengingat hari pemungutan suara yang kurang dari satu bulan. Novri menambahkan bahwa masing-masing pasangan calon harus segera menggenjot suara dari calon pemilih yang belum menentukan pilihannya atau undecided voters untuk mendongkrak suara mereka. “Biasanya mereka berasal dari kalangan rasional yang masih menunggu program-program dari masing-masing calon,” pungkasnya.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Ini Cara Paslon di Pilkada Jatim dalam Menyelesaikan Masalah Emil Soal Revolusi Industri 4.0: Jangan takut Tergantikan oleh Mesin

- Ini Cara Paslon di Pilkada Jatim dalam Menyelesaikan Masalah Sama Kuat, Undecided Voters Jadi Kunci Kemenangan di Pilkada Jatim

- Ini Cara Paslon di Pilkada Jatim dalam Menyelesaikan Masalah Survei Kompas Menangkan Khofifah, Begini Pembelaan PDIP



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di