alexa-tracking

Kelahiran di Jepang Capai Rekor Terendah Tahun Lalu

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b127507dbd7700b298b4571/kelahiran-di-jepang-capai-rekor-terendah-tahun-lalu
icon-hot-thread
Kelahiran di Jepang Capai Rekor Terendah Tahun Lalu
Kelahiran di Jepang Capai Rekor Terendah Tahun Lalu
02 Juni 2018 - 14:59 WIB, Oleh : Azizah Nur Alfi
Kelahiran di Jepang Capai Rekor Terendah Tahun Lalu

Bisnis.com, JAKARTA - Kelahiran di Jepang mencapai rekor terendah tahun lalu, karena orang berjuang untuk menyeimbangkan pekerjaan dan perawatan anak meskipun ada subsidi pemerintah dan reformasi gaya kerja Perdana Menteri Shinzo Abe.

Seperti dikutip dari Asia Nikkei pada Sabtu (2/6/2018), Jepang memiliki 946.060 kelahiran pada 2017, kata kementerian kesehatan pada Jumat. Penghitungan menurun lebih dari 30.000 untuk pertama kalinya dalam 12 tahun, turun lebih jauh di bawah angka 1 juta. Kelahiran tahunan di Jepang mencapai puncaknya pada 2,69 juta pada 1949.

Tingkat kesuburan total Jepang berdasarkan rata-rata jumlah anak-anak yang akan ditanggung seorang wanita dalam masa hidupnya, kini telah menurun selama dua tahun berturut-turut menjadi 1,43, turun 0,01 poin pada tahun ini.

Penurunan tajam dalam kelahiran berkaitan dengan penurunan populasi wanita dalam kelompok usia subur. Jumlah wanita yang berusia 15-49 menyusut 1,3% menjadi 24,98 juta. Dan mereka 25 hingga 39 tahun yang merupakan kelompok usia yang menyumbang sekitar 80% dari semua kelahiran, menurun 2,5%.

Tren yang berkembang dari menunda pernikahan dan menjadi orang tua turut berperan. Usia rata-rata ketika wanita memiliki anak pertama mereka telah meningkat menjadi 30,7, yang mengurangi kemungkinan memiliki anak kedua.

"Wanita dan pria memiliki alasan berbeda untuk menunda pernikahan. Wanita ragu untuk menikah karena mereka ingin tetap bekerja. Sementara pria tidak siap karena penghasilan yang lebih rendah dari pekerjaan tidak rutin," kata Kenji Yumoto, wakil ketua Japan Research Institute.

Pemerintah memperkirakan tingkat kesuburan yang diinginkan di Jepang, jauh lebih tinggi dari angka kesuburan sebenarnya. Kesulitan menyeimbangkan kehidupan keluarga dan pekerjaan tampaknya menjadi penghalang, terutama di kota-kota besar.

Tingkat kesuburan di Tokyo adalah yang terendah di seluruh Jepang, turun ke 1,21 dari 1,24 pada tahun 2016. Tingkat di Osaka menurun 0,02 poin menjadi 1,35. Banyak rumah tangga di kota-kota besar adalah keluarga inti dengan pendapatan ganda tanpa keluarga besar di dekatnya untuk membantu merawat anak-anak. Jadi kurangnya fasilitas penitipan anak merupakan masalah serius.

"Perusahaan memiliki tanggung jawab untuk menumbuhkan lingkungan yang memberi karyawan kelonggaran untuk menikah dan memiliki anak. Manajemen harus melembagakan tempat kerja yang lebih sehat dengan jam kerja yang lebih pendek dan lebih sedikit stres," kata Yasuko Matoba, peneliti senior di Dai-ichi Life Research Institute.

Negara maju lainnya juga melihat angka kelahiran menurun. Enam dari Kelompok Tujuh ekonomi maju, kecuali Kanada, mengalami penurunan tahun lalu. Kelahiran AS turun menjadi 3,85 juta, paling sedikit dalam tiga dekade.

Sumber
image-url-apps
kalau kita "banyak anak banyak rejeki" emoticon-Shutup
mampos punah sekalian jepongemoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


Mau dibilang begitu sih, sebenarnya Jepun emang perlu ngurangin populasinya yang kebanyakan. Cuma efeknya kerasa di ekonomi dan dana pensiun.
image-url-apps
solusinya impor imigran/pengungsi aja dari negara miskin cem cinak dan korut emoticon-Ngakak
Quote:


bukan cuman jepang aja yg perlu ngurangin penduduk
semua negara khususnya yg bukan negara maju musti ngurangin penduduk

kalo negara2 maju udah mulai space colonization program
negara2 terbelakang mo ngapain kalo udah penuh sesak
image-url-apps
Quote:


china sendiri juga lagi krisis kelahiran, cuma memang belum separah jepang
2016 lalu pemerintah china malah mengurangi pajak bagi yg punya anak lebih dari 2
image-url-apps
Quote:


Cina justru juga mulai menunjukkan masalah kependudukan kayak Jepang dan sekarang udah boleh 2 anak lagi.
image-url-apps
Quote:


waduuh jepang populasinya dikit sih. jepang gk doyan imigran dari timteng yak? setau ane jepang lebih memilih menerima pencari suaka dari amerika latin
image-url-apps
Quote:


Dikit apanya? Malah termasuk overpopulated. Luasnya cuma 3 kali Pulau Jawa tapi penduduknya hampir setengah Indonesia.
Soal imigran, kebanyakan imigran Amerika Latinnya keturnan Jepang. Nikkei istilahnya gan. Kebanyakan dari Brazil sama Peru.
image-url-apps
Quote:


penduduknya bener padat tapi kebanyakan sudah tua..kurang produktif,, sekarangmasih aman tapi 10tahun krmudian bagaimana
image-url-apps
Quote:


Ada prediksi kalau bangsa Jepang akan punah pada tahun 3000-an.
image-url-apps
Gak kayak indonesia demen bgt bikin anak pake embel2 banyak anak banyak rezeki giliran hidup nya susah karena kebutuhan banyak malah nyalahin pemerintah

Maka nya indonesia ini udah over populated
image-url-apps
Quote:


Jepang itu sebenarnya overpopulated juga. Kayaknya Jepang memang harus berkurang penduduknya. Ane jadi ingat Koi to Uso kalau ngebahas ini.
image-url-apps
toh saya lihat kota2 jepang juga sdh terlalu padat

image-url-apps
Generasi muda disana lebih senang ngeseks tapi nggak mau terikat pernikahan lalu punya anak
image-url-apps
Quote:


Harusnya budaya di indonesia dirubah,
tidak nikah tapi tinggal serumah nggak perlu dimasalahin
Pemerintah nggak perlu ikut campur urusan nikah orang
Aborsi harusnya dilegalkan
Jadi gak bakal over populated
syuting JAV dan produksi anime hentong jalan terus tapi pertumbuhan penduduk malah minus, coba pakai insentif misalkan yang punya anak lebih dari 1 dapat mobil / apartemen gratis gitu jadi lebih terdorong,kalau masih kurang juga ya terpaksa isi imigran dari luar negeri,biasanya banyak tuh keturunan jepun di hawaii, amerika selatan atau australia / new zealand emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
image-url-apps
sebaiknya dikirim kesini biar diperbanyakan agar suatu saat tidak punah masa kedepannya emoticon-Matabelo
image-url-apps
Quote:


Udah kok gan.emoticon-Big Grin
Ada insentif pajak bagi yang punya anak.
×