alexa-tracking

Waspadai 10 titik kemacetan di jalur mudik Jawa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b125a3cc1d770cb4f8b458d/waspadai-10-titik-kemacetan-di-jalur-mudik-jawa
Waspadai 10 titik kemacetan di jalur mudik Jawa
image-url-apps
Waspadai 10 titik kemacetan di jalur mudik Jawa
Foto udara menunjukkan jalur Lingkar Nagreg di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang cukup lengang, Rabu (30/5/2018). Jalur ini salah satu titik macet pada arus mudik dan arus balik Lebaran 1439 H mendatang.
Kurang dari dua pekan menuju Hari Raya Idulfitri, Polri merilis 10 titik kemacetan pada jalur mudik dan jalur balik darat di pulau Jawa. 10 titik itu terbentang dari Provinsi Banten di ujung barat hingga Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim), di ujung timur.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa dalam jumpa pers di Kendal, Jawa Tengah (Jateng) Jumat (1/6/2018), mengatakan salah satu titik kemacetan itu adalah area istirahat (rest area) di sepanjang jalur tol.

Namun kemacetan di titik ini lebih sering terjadi saat arus balik (dari kampung halaman menuju Jakarta). "Rest area di (tol) Cipali ada di kilometer 102, 130 dan ada yang (di tol) Cikampek...mulai di kilometer 62, 52, 42," katanya dikutip detikcom.

Jalur sepanjang Tol Cikampek di Jawa Barat merupakan salah satu titik kemacetan utama dan dengan intensitas tinggi. Lantas titik kemacetan level serupa berada di jalur Malangbong, Garut, Jabar; Limbangan, Kendal, Jateng; dan Lingkar Gentong Tasikmalaya, Jabar.

Royke menegaskan bahwa jalur Malangbong dan Lingkar Gentong dulu biasa disebut Jalur Nagrek dan memang langganan macet setiap peristiwa mudik dan balik.

Titik kemacetan berikutnya adalah di Tegal-Pemalang, Jateng, pada jalur tol Kertasari-Gandulan. Royke mengatakan jalur itu perlu diantisipasi lantaran ada kabar bahwa pengelola jalur tol memundurkan gerbang tol dari Kertasari ke Gandulan, apalagi gerbang di sana bersifat portable alias mudah dipindahkan.

Direktur PT Pejagan-Pemalang Tol Road, Sapto Santoso, mengatakan bahwa gerbang Kertasari memang rawan macet. Gerbang Kertasari merupakan gardu pembayaran terakhir setelah pintu keluar Brebes Exit (Brexit) dalam jalur Palimanan-Brexit.

Meski demikian, gerbang Kertasari bakal digratiskan pada masa mudik kali ini. "Nanti kita akan antisipasi di gardu itu. Supaya kendaraan tidak menumpuk," katanya dilansir Medcom.id, 30 Mei 2018.

Titik kemacetan selanjutnya adalah kawasan jembatan Kalikuto yang berada di tol Batang-Semarang, Jateng. Apalagi jembatan itu bakal masih baru karena sampai saat ini masih menjalani penyelesaian pembangunan hingga 12 Juni mendatang (Kompas.com).

Titik kemacetan berikutnya adalah Brebes Selatan arah Purwokerto, terutama di Pasar Tonjong. Royke mengungkapkan ini adalah wilayah langganan macet karena biasanya akan terjadi antrean panjang kendaraan di pasar itu.

Dua titik macet terakhir adalah lokasi penyeberangan di ujung barat Jawa, Merak-Bakauheni; dan Gilimanuk-Ketapang di ujung timur Jawa, Banyuwangi. "Antreannya ya saya lihat nanti," pungkas Royke.

Selain jalur tol Trans Jawa, polisi juga bakal mengantisipasi kemungkinan para pemudik yang melalui jalur arteri Pantura (pantai utara). Dalam Okezone, Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto menmperkirakan jalur Pantura tetap rawan macet karena bakal muncul pasar tumpah yang biasa marak pada H-7 Idulfitri.

Dari sejumlah pasar tumpah di wilayah Kabupaten Cirebon, Jabar, polisi bakal membuat steril alias menutup 4 titik. "Kami juga menyiapkan 17 pos pam dan satu check point di wilayah Trusmi yang nantinya para pemudik bisa beristirahat dan melakukan pengecekan kendaraan," tuturnya.

Adapun pemerintah memperkirakan arus mudik mulai terjadi pada Sabtu (9/6). Sedangkan puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada Rabu (20/6).
Waspadai 10 titik kemacetan di jalur mudik Jawa


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...lur-mudik-jawa

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Waspadai 10 titik kemacetan di jalur mudik Jawa Pencurian bagasi, First Travel, dan visa ke Israel

- Waspadai 10 titik kemacetan di jalur mudik Jawa Hoax selalu mengiringi erupsi Merapi

- Waspadai 10 titik kemacetan di jalur mudik Jawa Erupsi Merapi dan force majeure dalam penerbangan