alexa-tracking

'Sukarno: Sistem Khilafah adalah Kemunduran Zaman'

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b12515f96bde6c52e8b4567/sukarno-sistem-khilafah-adalah-kemunduran-zaman
'Sukarno: Sistem Khilafah adalah Kemunduran Zaman'
'Sukarno: Sistem Khilafah adalah Kemunduran Zaman'

Jakarta, CNN Indonesia -- Sosiolog Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Neng Dara Affiah mengatakan bahwa jauh-jauh hari Presiden ke-1 RI Sukarno telah berpandangan tentang baik dan buruknya penerapan sistem pemerintahan khilafah di masa modern.

Dalam pandangan Sukarno, kata Dara, mencoba menerapkan sistem khilafah di masa modern merupakan suatu bentuk kemunduran.

"Sistem pemerintahan khilafah yang didengungkan Sukarno merupakan pemikiran mundur karena berilusi mengembalikan kejayaan di masa lalu untuk dihadirkan lagi di masa kini," tutur Dara saat diskusi di Megawati Institute, Jakarta, Rabu (30/5).

Menurut Dara, sistem pemerintahan khilafah merupakan produk politik yang diterapkan di masa lalu. Dahulu, sistem khilafah memang cocok karena sesuai dengan jiwa zaman dan kondisi masyarakat. Sistem khilafah meraih kejayaan di zaman keemasannya.

Namun, merujuk dari pemikiran Sukarno sistem khilafah belum tentu bisa mencapai kejayaannya jika diterapkan di masa modern. Tidak semua yang cocok diaplikasikan di masa lalu dapat kembali diterapkan di masa kini. Tentu karena setiap masa memiliki jiwa zaman yang berbeda.

"Masa lalu punya cara dan logikanya sendiri sebagaimana masa sekarang dan masa depan mesti mempunyai cara dan logikanya tersendiri pula untuk menyongsong kemajuannya," ucapnya.

Sukarno, lanjut Dara, berpandangan bahwa umat Islam mesti memiliki orientasi pada kemajuan. Kemajuan yang dimaksud yakni berupaya untuk memproduksi ilmu pengetahuan dan menciptakan pelbagai teknologi modern.

Dara juga mengatakan Sukarno ingin umat Islam di masa modern memiliki kewajiban untuk menyongsong ketertinggalannya. Tentu demi masa depan yang lebih baik bagi umat Islam itu sendiri.

"Menjadi muslim tidak hanya berasik-masyuk dengan pelbagai ritual keagamaan, tetapi sama pentingnya juga membangun kemajuan peradaban umat manusia," katanya.

Dara mengatakan Sukarno pernah berujar bahwa umat Islam harus berani mengejar zaman. Itu merupakan satu-satunya langkah yang perlu ditempuh jika umat Islam ingin mengembalikan kejayaan di masa lalu. Bukan malah menerapkan kembali apa yang pernah diaplikasikan di masa lalu.

"Bukan kembali pada Islam yang dulu, bukan kembali pada 'zaman khalifah, tetapi lari ke muka, lari mengejar zaman," tutur Dara menirukan apa yang diucapkan Sukarno.

Dalam rangka memperingati hari kelahiran Sukarno, yakni pada 6 Juni, Megawati Institute menghelat rangkaian diskusi mengenai pemikiran Sukarno dalam aspek Islam. Rangkaian acara yang digagas Megawati Institute yakni Bung Karno dan Islam. Sejumlah akademisi turut serta dalam rangkaian acara diskusi.

Pada Kamis (24/5) lalu, Megawati Institute menghelat diskusi bertajuk Negara versus Khilafah dalam Pandangan Bung Karno. Kemudian pada Rabu (30/5), Megawati Institute kembali menghelat diskusi bertajuk Bung Karno Memandang Islam dan Ilmu Pengetahuan.

Megawati Institute akan menggelar puncak rangkaian acara bertepatan pada hari lahir Sukarno, yakni 6 Juni mendatang.

PANCASILA



"Bahwa pancasila itu adalah benar-benar satu dasar yang dinamis, satu dasar yang benar-benar dapat menghimpun segenap tenaga rakyat Indonesia atau dasar yang benar-benar mempersatukan rakyat Indonesia itu untuk bukan saja mencetuskan revolusi, tetapi juga mengakhiri revolusi ini dengan hasil yang baik."
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
orang udah mati dibawa2
yg masih idup mbok memeg dan kadernya nastaik idiot itu bisa apa?
selain bikin negara bangkrut dan carut marut

'Sukarno: Sistem Khilafah adalah Kemunduran Zaman'
diajak mikir progesif yg ada malah dikafir-kafirin disini emoticon-Ngacir
KASKUS Ads
image-url-apps
Kalau bapak masih hidup pasti dijadikan sasaran Amalia Istishadiyah
image-url-apps
nyimak dulu
'Sukarno: Sistem Khilafah adalah Kemunduran Zaman'

emoticon-Selamat emoticon-Ultah emoticon-I Love Indonesia
image-url-apps

Sukarno terllalu sibuk jadi kurang update tentang khilafah, maklumin aja
image-url-apps
menyimak para bocah kilafah beraksi
demokrasi jauh lebih tua dari sistem khilafah tapi cocok cocok aja emoticon-Ngakak

cocok lambe mu emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


kudunya apdet khilafah terbaru ala NGISIS emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


berarti kesimpulannya
kilafah produk gagal
image-url-apps
Quote:


wkwkwk iya tuh orang udah kadaluarsa, dunia udah berubah, udah pindah jaman. ngapain di ungkit ungkit lagi? emoticon-Ngakak

Mau sehebat apapun soekarno dulu dia udah ga ada lagi sekarang, kata-katanya udah ga berlaku secara zaman udah berubah. Hal hal yang dia lakukan dulu ga ada pengaruh yang besar dgn kondisi sekarang, jaman udah berubah, mending fokus ke yang ada di depan mata dan yang masih idup. emoticon-Shakehand2































Sama aja kyk nabi lu yg udh expire ga usah di ungkit2 lagi.
Trus Pancasila kapan nih jayanya, kok makin munduremoticon-Wakaka
Democracy is the best

'Sukarno: Sistem Khilafah adalah Kemunduran Zaman'


HTI taekk
Quote:


Khilafah bukan produk gagal... justru umat muslim menjadi gagal karena tidak menggunakan sistem Khilafah

lo koar2 gagal karena takut dibully Khilafahemoticon-Wakaka
Quote:


Indonesia sudah sepakat menjadi negara Pancasila.
image-url-apps
Quote:


dari kualitas komentarnya aja orang udah bisa nilai yg sebenernya "idiot" siapa
emoticon-Traveller emoticon-Traveller
image-url-apps
Quote:


isis sudah membuktikan
image-url-apps
Quote:


wakakak ni orang udah bodoh pake emote ketawa lagi
ampun dah emoticon-Cape d...
Quote:


Khilafah yang sebenernya belum dideklarasikan
×