alexa-tracking

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 2 Juni 1010, Kekhalifahan Cordoba Runtuh

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b123744dc06bdc1708b4567/catatan-peristiwa-dunia-hari-ini-2-juni-1010-kekhalifahan-cordoba-runtuh
Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 2 Juni 1010, Kekhalifahan Cordoba Runtuh
Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-153—hari ke-154 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 2 Juni. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 2 Juni adalah runtuhnya Kekhalifahan Cordoba.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut merangkum beragam peristiwa dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 2 Juni.

455
Bangsa Vandal menyerbu Kota Roma selama dua pekan dan menjarah harta rakyat Kota Roma. Bangsa Vandal adalah bangsa dari daerah Jerman bagian timur. Setelah mengobrak-abrik Kota Roma, Bangsa Vandal menuju kawasan Afrika bagian utara dan mulai membuat permukiman.

1010
Pertempuran antara pasukan Kekhalifahan Cordoba pimpinan Sulayman bin Al-Hakam dengan pasukan pemberontak yang dipimpin Muhammad bin Hisham meletus di kawasan Andalusia yang kini menjadi Spanyol. Pertempuran yabng dikenang dengan sebutan Pertempuran Aqbat Al-Bakr itu berhasil dimenangi pasukan pemberontak. Kekhalifahan Cordoba yang berdiri sejak 929 akhirnya runtuh setelah kekalahan tersebut.

1098
Pengepungan Kota Antioch—kini Antakya, Turki—oleh Tentara Salib resmi berakhir. Pasukan Tentara Salib akhirnya berhasil merebut kota tersebut dari pasukan muslim setelah mengepungnya sejak 1097.

1924
Presiden ke-30 Amerika Serikat (AS) Calvin Coolidge mengesahkan undang-undang yang mengakui orang-orang Indian sebagai warga negara AS. Meski sudah diakui sebagai warga negara, suku yang mendiami tanah AS sebelum Bangsa Eropa datang itu masih dibatasi dalam penggunaan lahan.

1941
Pasukan Jerman yang berhasil mendarat di Pulau Kreta mulai membantai warga sipil di Desa Kondomari. Akibatnya, ada sekitar 60 jiwa yang melayang dalam pembantaian tersebut. Peristiwa itu kini dikenang dengan istilah Pembantaian Kondomari.

1946
Italia resmi berubah bentuk dari negara monarki menjadi negara republik. Dengan begitu, Raja Italia, Umberto II, harus melepas takhtanya. Selain itu, ia harus menjalani pengasingan di Cascais, Portugal.

1953
Menyusul kematian Raja George VI, Elizabeth II resmi dilantik menjadi Ratu Inggris. Untuk kali pertama, pelantikan pemimpin Kerajaan Inggris ditayangkan di televisi. Selain itu, jutaan penonton rela berdesakan di halaman Istana Westminster, London demi menyaksikan pelantikan Elizabeth II.

1955
Pemimpin Yugoslavia, Josip Broz Tito, dan Pemimpin Uni Soviet, Nikita Khrushchev, menandatangani Deklarasi Belgrade di Belgrade, Serbia. Dari deklarasi itu, Yugoslavia dan Uni Soviet resmi berdamai setelah bersitegang sejak 1948.

1962
Pertandingan sepak bola dalam ajang Piala Dunia FIFA antara Cile dan Italia diwarnai sejumlah bentrokan. Banyak yang menyebut pertandingan tersebut sebagai pertandingan sepak bola terbrutal sepanjang sejarah. Polisi harus berulang kali masuk lapangan demi memisah para pemain yang terlibat bentrok sepanjang pertandingan.

1979
Paus Yohanes Paulus II mengunjungi tanah kelahirannya di Polandia. Kunjungan itu menjadikan dirinya sebagai paus pertama yang mengunjungi negara komunis.

https://www.ucnews.id/news/Catatan-Peristiwa-Dunia-Hari-Ini-2-Juni/85537590362855.html
emoticon-Toast emoticon-Jempol emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka
serasa di foredu

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 2 Juni 1010, Kekhalifahan Cordoba Runtuh

sistim berusia 1000 tahun lebih yang sudah usang, mau di coba di hidupkan lagi oleh kaum radikalis militan sekuler.
ane gak abis pikir, apa yg membuat mereka yakin sistim itu bisa berhasil ?
1000 tahun adalah waktu yg cukup lama utk menguji apakah sebuah sistim pemerintahan itu berhasil atau tidak
terbukti tidak berhasil, makanya runtuh
lalu kenapa tidak ada seorangpun yg berhasil hidupkan lagi dalam kurun 1000 tahun itu ??
karena pendukung nya minim, tidak qualified, dan tidak di dukung mayoritas masyarakat
pada akhirnya, seleksi alam selalu menang
Quote:


Hanya berhasik dijamannya. Sekarang sih udah enggak, ibarat obat kadaluwarsa emoticon-Wakaka
Quote:


tapi di Indonesia banyak yg doyan "obat kadaluwarsa" ternyata
gak beda sama anak jalanan ngisep ngelem aibon emoticon-Wakaka
Quote:


pada pen mati kali tu obat kadaluarsa ditenggak wokwowkwowkw
Oh begitu toh pantesan ada yg marah 1 juni marten dijadikan hari pancasila. emoticon-Traveller
Alhamdulillah, untung udah ga ada lagi Khilafah.. popok aman
Quote:


buangciatt emoticon-Wkwkwk