alexa-tracking

5 Tips Berfaedah bagi yang Mudik dengan Pesawat, Biar Lancar Nih

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b12362aded7707a358b4568/5-tips-berfaedah-bagi-yang-mudik-dengan-pesawat-biar-lancar-nih
5 Tips Berfaedah bagi yang Mudik dengan Pesawat, Biar Lancar Nih
5 Tips Berfaedah bagi yang Mudik dengan Pesawat, Biar Lancar Nih

Jakarta, IDN Times – Jelang hari raya Idul Fitri sekitar 2 minggu lagi, Direktur Operasi dan Teknik Angkasa Pura II  Djoko Muratmodjo mengatakan adanya peningkatan penumpang hingga 10 persen dari tahun sebelumnya.

“Kalau tahun lalu ada 6,1 juta penumpang, tahun ini kami prediksi 6,7 juta penumpang,” kata Djoko dalam sebuah diskusi di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6).

Djoko juga berbagi tips untuk kamu yang akan mudik menggunakan pesawat biar mudik kamu nyaman dan aman. Berikut tipsnya:


1. Gunakan fasilitas self check-in?
5 Tips Berfaedah bagi yang Mudik dengan Pesawat, Biar Lancar Nih
Djoko memprediksi akan ada kenaikan 60 ribu penumpang saat mudik nanti dari yang rata-rata 160 ribu menjadi 220 ribu. Agar tidak terjadi antrean saat mudik nanti, PT Angkasa Pura menyiapkan berbagai fasilitas digital.

Jadi kamu tidak perlu lagi mengantre di counter terminal. Salah satunya adalah fasilitas self check-in yang disediakan secara khusus di Terminal 1A, 1B, 1C dan Terminal 3 yang mendominasi arus mudik. Nantinya di fasilitas itu akan ada petugas yang membantu kamu agar lebih cepat dan mudah.

“Angkasa Pura 2 menyiapkan berbagai fasilitas digital. Penumpang untuk chek-in gak perlu antre di chek-in counter di terminal bandara tapi bisa gunakan self check-in, check in kios yang ada di sana,” sebut Djoko.


2. Ada juga mobile service check-in lho
5 Tips Berfaedah bagi yang Mudik dengan Pesawat, Biar Lancar Nih
PT Angkasa Pura II juga menyiapkan fasilitas mobile service check-in yang mirip dengan self check-in. Mobile check-in dioperatori oleh customer service mobile. “Di mana ada customer service di mana para penumpang hanya tinggal lapor nomor reservasinya. Nanti dengan gadget kita bantu dan petugas tersebut bawa mini printer sehingga boarding passnya bisa di print di situ,” jelas Djoko.


3. Berbagai kemudahan melalui aplikasi di smartphone
Biar lebih memudahkan kamu saat mudik, ada juga nih aplikasi bernama Indonesia Airports.

Kamu bisa mendapatkan informasi pengguna, kemudahan untuk mengatur perjalanan dari dan ke bandara seperti antrian taksi digital, posisi bis dan shuttle, parkir kendaraan, pemesanan area parkir, petunjuk transportasi umum, pengumuman terkait penerbangan, navigasi di bandara untuk menunjukkan tempat dan fasilitas umum dan masih banyak lainnya.

“Atau bisa menggunakan apps. Para penumpang Silakan download Indonesia airport yang bisa dilihat di Play Store di Android atau IOS,” saran Djoko.


4. Naik kereta bandara? Jangan lupa cek jadwal keberangkatannya
5 Tips Berfaedah bagi yang Mudik dengan Pesawat, Biar Lancar Nih
Djoko juga mengingatkan agar kamu selalu cek jadwal keberangkatan kereta bandara. Perlu diketahui, rute kereta Bandara Soekarno-Hatta adalah Stasiun Manggarai - Sudirman Baru - Duri - Batu Ceper - Bandara Soekarno Hatta.

Mudahnya, menurut Djoko, kereta bandara berangkat tiap 21 dan 51 menit. “Artinya kalau jam 7, jam 7.21 ada kereta berangkat. Jam 7.51 berangkat. Dari bandara 20, jadi pukul 7.20 dan pukul 7.50,” sebutnya.


5. Usahakan berangkat 3-4 jam sebelum check-in
5 Tips Berfaedah bagi yang Mudik dengan Pesawat, Biar Lancar Nih
Terakhir, Djoko mengimbau agar kamu berangkat paling tidak 3 hingga 4 jam sebelum keberangkatan pesawat. Baik menggunakan kereta bandara atau membawa kendaraan pribadi untuk kemudian naik pesawat.

"Kami harap penumpang biar gak terlambat untuk check-in atau mengejar penerbangan kalau naik kereta ya mohon 3-4 jam sebelumnya berangkat dari rumah. Dan juga sama kalau naik mobil. Karena check-in udah buka 2 jam sebelumnya,” pungkas Djoko.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Tips Berfaedah bagi yang Mudik dengan Pesawat, Biar Lancar Nih Sejarah Halal Bi Halal, Alat Politik Soekarno untuk Menyatukan Bangsa

- 5 Tips Berfaedah bagi yang Mudik dengan Pesawat, Biar Lancar Nih 3 Hal Ini Banyak Dilakukan Anak Muda saat Ngabuburit

- 5 Tips Berfaedah bagi yang Mudik dengan Pesawat, Biar Lancar Nih Masjid Baiturrahman, Masjid dengan Perahu Besar dan Emas 24 Karat

×