alexa-tracking

Terima Laporan Via Medsos, Menteri LHK Ingatkan Respons Cepat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b122f25162ec271438b458a/terima-laporan-via-medsos-menteri-lhk-ingatkan-respons-cepat
Terima Laporan Via Medsos, Menteri LHK Ingatkan Respons Cepat
[img][/img]

JPP, JAKARTA - Berdasarkan data terakhir Tetra Pak Index (2017), jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 132 juta, dan 40 persen di antaranya pengguna aktif media sosial. Jumlah ini terus mengalami peningkatan signifikan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, sangat menyadari kekuatan medsos. Menurutnya sekarang setiap warga negara bisa menjadi sumber dan penyampai berita, terlepas apakah berita itu benar atau tidak untuk disampaikan kepada yang lain. 

'Karenanya diperlukan respons cepat pemerintah terutama menghadapi isu yang berkembang di lapangan. Karena jika tidak, berita yang tidak benar atau hoax justru dipercaya menjadi kebenaran,' kata Menteri Siti dalam rilis yang disampaikan ke media, Jumat (1/7/2018).

Pentingnya keberadaan medsos ini diangkat KLHK dalam pertemuan diskusi rutin Green Ramadan, sehari sebelumnya. Pada kesempatan ini Menteri Siti ikut hadir dalam acara yang mengangkat sub tema 'Media Sosial untuk Indonesia Hijau'.

'Dengan luas hutan Indonesia mencapai 126 juta ha serta masalah lingkungan termasuk udara, tanah dan air di seluruh wilayah Indonesia yang begitu luasnya, tentu keberadaan medsos sangat membantu kerja kami,' kata Menteri Siti.

Saat ini seluruh unit kerja di KLHK telah memiliki akun media sosial. Semuanya saling terhubung, bekerja sama untuk mensosialisasikan program dan kinerja pemerintah. Selain itu juga menerima laporan-laporan dari netizen terkait temuan di lapangan.

'Setiap hari selalu ada tautan dari akun masyarakat ke medsos saya tentang laporan kejadian lingkungan maupun kegiatan masyarakat seputar kehutanan dan lingkungan,' katanya.

Selain akun medsos secara kelembagaan, Menteri Siti juga membuka ruang bagi publik mengakses akun medsos pribadinya. Banyak sekali laporan yang masuk ke akun-akun medsos ini.

'Ditambah laporan yang ditautkan ke akun resmi Instagram KLHK dan Ditjen-ditjen terkait. Juga ada laporan yang langsung masuk ke email pribadi, serta ke WhatsApp,' ungkap Menteri Siti.

'Saya telah meminta jajaran KLHK aktif meng-update laporan yang mereka terima dari masyarakat yang disampaikan ke media sosial masing-masing. Jadi setiap laporan dari medsos, kita perhatikan, kita cek kebenarannya, sebelum diambil tindakan,' tambahnya.

Laporan yang cepat ditindaklanjuti biasanya jika lengkap dan valid. Seperti nama lengkap pelapor, nomor yang bisa dihubungi, lokasi kejadian, dugaan sumber/penyebab, waktu kejadian dan penyelesaian yang diinginkan masyarakat seperti apa. 

'Kami di KLHK sangat terbuka dan memanfaatkan betul medsos untuk mensosialisasikan dan melibatkan masyarakat dalam program-program Nawa Cita di pemerintahan Presiden Joko Widodo,' tegasnya.(klhk)


Sumber : https://jpp.go.id/teknologi/lingkung...-respons-cepat

---

Kumpulan Berita Terkait TEKNOLOGI :

- Terima Laporan Via Medsos, Menteri LHK Ingatkan Respons Cepat PUPR Bangun Jalan Akses Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang

- Terima Laporan Via Medsos, Menteri LHK Ingatkan Respons Cepat Kementerian PUPR Kembali Meresmikan Rusun Ponpes di Madiun

- Terima Laporan Via Medsos, Menteri LHK Ingatkan Respons Cepat Menteri LHK: Tiga Manfaat Pentingnya Perhutanan Sosial

×