alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Menko Puan Mengajak Para Tokoh Agama Terus Berdialog Keberagaman
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1224dd582b2e962f8b457a/menko-puan-mengajak-para-tokoh-agama-terus-berdialog-keberagaman

Menko Puan Mengajak Para Tokoh Agama Terus Berdialog Keberagaman

Menko Puan Mengajak Para Tokoh Agama Terus Berdialog Keberagaman

JPP JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengajak tokoh lintas agama berdialog, yang dirangkai acara buka puasa bersama guna memelihara keberagaman dalam berbangsa Indonesia.

"Semoga forum diskusi semacam ini dapat terus ada karena harapan kami semua adalah segala keberagaman Indonesia ini dapat terus dipelihara," kata Puan dalam sambutan singkatnya sebagai tuan rumah Majelis Reboan di Jakarta, Rabu malam (30/05/2018).

Forum dialog lintas agama tersebut diadakan dalam rangka membangkitkan kembali Majelis Reboan yang digagas oleh para guru bangsa di suatu masa yang berkumpul lalu saling bertukar pemikiran.

Mereka kemudian sepakat bahwa untuk merawat dan memperkuat keberagaman Indonesia adalah dengan dialog, menyatukan keberagaman Indonesia dengan saling diskusi dan bertukar pikiran yang diberi nama Majelis Reboan.

"Semoga dengan acara ini, sambil buka puasa bersama, kita tandai pula kebangkitan Majelis Reboan selaku pemelihara keberagaman Indonesia," kata Puan dalam sambutannya.

Menurut sejarahnya, Guru Bangsa KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan DR Nurcholish Madjid (Cak Nur) sudah lama saling asah gagasan dalam forum yang diberi nama Majelis Reboan.

Kebebasan berpikir untuk saling asah gagasan jelas menjadi keutamaan Majelis Reboan. Selain Gus Dur dan Cak Nur, Majelis Reboan juga mengumpulkan para tokoh lintas agama dan kaum intelektual yang berkumpul dan menamakan diri sebagai teman sealiran, sepemikiran dan seide.

Acara Majelis Reboan pada Rabu ini mengambil tema puasa dan maknanya berdasarkan perspektif masing-masing agama dan mengambil tempat di rumah dinas Menko PMK, Jl. Denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan.

Turut hadir dalam acara yang ditutup dengan buka puasa bersama ini antara lain Wakapolri Syafruddin, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Ketua Wantimpres Sri Adiningsih, Ketua ICMI Jimly Asshidiqie, dan anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto.

Para penggiat Majelis Reboan antara lain Hajrianto Thohari, Aristides Katoppo, Yenny Wahid, Elza Pedi Taher, T Rahmita Utami, Nasihin Masa, Teguh Joewarno, Erick Satria Wardhana, Rasid Rahman, Hamid Basyaib, Ricki Rahmad, Pratiwi Tadja, Hilmi Rahman, penggiat Paramadina; dan para pemimpin redaksi media cetak, online, dan elektronik nasional. (pmk)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...og-keberagaman

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Menko Puan Mengajak Para Tokoh Agama Terus Berdialog Keberagaman Kemenag: Layanan Katering Jemaah Haji Cita Rasa Indonesia

- Menko Puan Mengajak Para Tokoh Agama Terus Berdialog Keberagaman Menag Ingatkan Petugas Haji 2018 untuk Memahami Hak Jemaah Haji

- Menko Puan Mengajak Para Tokoh Agama Terus Berdialog Keberagaman Benahi Prosedur Izin Pendirian, Ditjen Pendis Bagian Afirmasi Pesantren

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di