alexa-tracking

Kisah Seekor Kutu Yang Malang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b11d1fe9e740404148b456c/kisah-seekor-kutu-yang-malang
Kisah Seekor Kutu Yang Malang
Kisah Seekor Kutu Yang Malang

Seekor kutu loncat dapat meloncat mencapat 1,5 meter tingginya. Atau bisa mencapai beberapa tinggi dari tubuhnya. Wow hebat ya.

Kemudian ada seseorang yang iseng menaruh kutu loncat itu pada kotak korek api yang membatasi lompatan si kutu. Terdengar suara si kutu dalam kotak korek api. Tok,,, tok,,, tok,, terdengar usaha si kutu untuk keluar dari kotak korek api itu.

Ternyata sudah seminggu si kutu terkungkung dalam kotak korek api. Apa yang terjadi ya?? Pada saat dikeluarkan, ajaib si kutu masih bisa bertahan hidup tetapi ada yang berbeda darinya.

Si kutu tidak dapat meloncat setinggi seperti sediakala. Loncatannya hanya setinggi korek api itu saja.

Hikmah:
Apa hikmah yang dapat kita petik dari kejadian itu. Manusia pada umumnya bagaikan seekor kutu dalam kotak.

Sebenarnya setiap manusia memiliki potensi yang begitu besar, setiap orang dapat berprestasi lebih dari yang mereka duga. Karena merasa dirinya berada dalam kotak yang sempit, menganggap diri tidak memiliki kemampuan, sehingga tidak ada daya dalam menghadapi hidup. Mudah menyerah tanpa usaha yang maksimal.

Contoh: Di sebuah kelas, seorang murid menganggap dirinya orang miskin dibandingkan dengan murid yang lain. Sebelum menghadapi ulangan, kepercayaan dirinya hilang. Dia menganggap bahwa dia tidak memiliki apa-apa, bagaimana dia bisa mengalahkan anak-anak lainnya. Inilah contoh si kutu yang malang terkungkung dalam kotak. Padahal jika dia mau belajar dan berusaha keras, tidak menutup kemungkinan dirinya lebih baik dari teman-teman lainnya walaupun mereka terfasilitasi.

Sekarang sadarilah bahwa diri anda memiliki potensi yang begitu besar yang kita tidak tahu bahwa potensi kita lebih besar dari apa yang kita duga.

Hasil adalah proses yang kita dapat setelah kita berusaha keras dan berdoa kepada Allah SWT.