alexa-tracking

Tetap bertahan atau lepaskan ?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b11d0b4d675d4f05a8b4567/tetap-bertahan-atau-lepaskan
Tetap Bertahan atau Lepaskan ?
Permisi gan, ini gw mau cerita tentang renggangnya hubungan gw ama doi, langsung aja deh ke tkp :

Jadi ceritanya gini, gw dah setahun ama doi. gw umur 21 dan doi umur 19. gw ketemu ama doi pas gw nge-ospek dia, gw kakak tingkat dia di fakultas meskipun beda jurusan. dan gw ama dia udah jalan 1 tahun-an.sedikit cerita,, daril ngeospek dia masih polos banget,baik banget, rajin ngaji,pembawaannya adem, aku ajarin dia berbagai hal tentang tanah rantau di kota pelajar. soalnya dia ini polos banget. dan seperti anak kecil yang belom tau apa" sama sekali. mulai dari cara berfikir, dandanan dan sikap semua masih terasa seperti anak-anak dan memang pembawaannya seperti itu. disisi lain hal yang gw kagumi banget dari dia itu, dia bisa nerima gw apa adanya ex motor gw yg kek mesin parutan kelapa (tpi ini gw beli pake duit sendiri ga minta ortu) dia bisa nerima gw , susah senengnya kmaren" dia bisa nerima gw. dan karena itu gw dah yakin banget buat seriusin dan jadiin dia perempuan yang akan gw seriusin. skefo ane belom pernah ada komitmen sama orang yang hubungan jangka panjang atau bisa dibilang gw blom prnah pacaran apalagi komitmen sejauh ini, biasanya gw cuman deket sama cewek terus yah deket doang ga sampe ada komitmen segininya krena gw orangnya pengen jadiin seseorang pertama dan terakhir.gw sring marahan karena perihal sepele, selalu aja terkait kepolosan dia ,tapi sering aja berdamai. aku bnyk organisasi dan jg aku banyak mengajar private dimana", jadi mc, jadi public speaker, jadi apa aja buat nyari duit tambahan buat gw bisa pake jalan dan bahagiain dia soalnya prinsip gw, gw ga mau make duit kiriman ortu kalo bukan duit kebutuhan pribadi. jadi berjuang bahagiain dia dengan kerja keras sendiri.mungkin kami juga kadang ada beberapa kali berantem. dan ada beberapa sesi pas masih awal aku beberapa kali minta udahan , tapi setelah dia pernah jujur sama aku kalo dia gasuka aku ngomong kek gitu, jadi aku ga prnah ngucapin kata udahan lagi pas di bulan ke 6-nya kita bareng. dan udah kelar masalahmya dengan cepat.aku selalu perjuangin dia, aku ajarin dia sebaik"nya perempuan, gapernah ada maksud cinta yang campur nafsu karena emang dia aku anggap pasangan dan adek aku sendiri. namun bawaan dia yang terlalu kekanak"an dan masih labil sedangkan aku yang mungkin dengan pola pikir terlalu dewasa membuat kami kadang ada pada masa" renggang. Masalah muncul pada 1 bulan terakhir ini gan, 3 minggu lalu dia kena tipu online , dan dia stress banget karena itu duit tabungan dia sendiri dan rencananya dia mau ngasih surprize dengan beliin hp adeknya. pas masa" itu dia cuman nangis dan aku yg nemenin dia tiap ada masalah, dan waktu itu bisa kelar dengan aku beraniin dia ngomong ke orang tua pada awalnya aku dah ngasih dia buku tabunganku, kalo mmg dia takut minta dana ke orang tua, tpi setelah ku semangatin dia pun berani menanggung resikonya dan bisa kelar. namun masalah itu kelar seminggu, yaitu 2 minggu lalu tepatnya hari minggunya. Pada sabtu itu dia ngajak aku jogging di hari minggunya jam 8 pagi. ehh pas keesokan hari gw dah siap" dari jam 4 subuh, malah pas jam 6 gw bangunin dia ngomongnya pegel" ,bnyak alasan , dan gamau lama. jadinya gw gondok soalnya dia udah yg buat janji. dan gw sempet bilang yaudah kita instropeksi dulu masing", coba review apa yang salah dari kita. nah kelar itu dia gabales cuman diread. dan jam 9 dia udah ga dikos dan pasang snapgram kehilangan. chat gw gabales seharian. akhirnya cek percek dari temen kosnya, dia abis bawa pinjem motor temen kosnya, dan dia kehilangan motornya pas dia ketempat temannya yang tempatnya dikampus laen. lumayan jauh .

Akhirnya beberapa hari itu aku cemas, mikirin dia, pengen nemenin dia lagi pas dia ada masalah.dan akupun saat itu dalam keadaan hancur nerima telpon kalo ortu gw msuk rs. kerjaan gw numpuk, doi ilang tb" gaada kabar.

akhirnya setelah ada kabar, aku nanya"in dia blabla perihal, kata dia lagi stress berat. pengen berenti kuliah, pengen pulkam aja , gakuat idup lagi, aku semangatin dia. dan pada akhienya dia ngomong lagi pengen sendiri buat nenangin diri. it's fine. aku ngasih waktu . dan ga chat dia dulu. abis itu aku ngerasa kok kita semakin jauh ya, kalo aku chat dia, ada yang lain ga kyk dulu lagi, kyk ada jarak diantara kita. akhirnya beberapa hari yang lalu aku datengin dan nungguin dia kelar rapat dia dikampus jam 11 malam, sendirian. abis itu aku nanya dia baik" , dan akhirnya terungkaplah, dia jujur pas hari itu dia minjem motor untuk maen ke temannya,teman sedaerahnya , itu ada cowok 1 orang dan cewek. tpi aku tanyain mreka pengen maen. dan sakit hatinya dia dibonceng sama cowok itu. pdhal gw tuh dah bosen ngasih tau dia kalo jangan terlalu gampangan dibonceng sana sini sama cowok, seperlunya aja . dan dia jujur juga dia udah ada rasa suka sama temen cowoknya itu , dan dia deket pas motornya ilang itu. yg nemenin dia ngurus asuransi si cowok itu,dan kelarin masalah nya di hari itu juga. Dia ngomong sama aku pengen kakak adek-an aja sedangkan sama cowok itu dia ga pacaran tpi teman dekat. skefo cowok itu jg teman komunitas sedaerahnya dia yg notabene aku pas awal" aku juga ngeanter dia sering ke komunitas daerahnya biar dia ada wawasan,biar berkembang dan gapolos amat ehh malah deketnya gegara kenalan dikomunitas seakan gw nyesel pernah kenalin dia sama komunitas daerahnya :"). pas dia jujur kek gitu gw ngerasa hancur banget. dan aku tau cowok itu gabaik niatannya. gamungkin cowok yang ada harga diri ngerebut pasangan orang lain, terus dia sering ngajak ketemuan . yang di rebut siapa , yang sewot siapa. gw orang notabene orang timur, gw bisa hancurin org itu kalo gw mau. tapi gw ngerasa kalo gw kek gitu harga diri gw lebih rendah dari si perebut ini, mana si perebut ini aku perhatiin bukan cowok baik yang bisa betul" ngejaga dia, seandainya cowok itu baik, lebih sholeh,lebih ganteng atau lebih kaya , gw ga masalah. masalahnya cowok ini modal nyuri kesempatan dalam kesempitan dengan modal speak ajaaa,apalagi hal oaling terburuknya gw mikir cowok ini lah penyebab semua masalah ini, instingku kuat, dia ada maksud gabaik ama doi gw, gatau kenapa. abis itu gw ngerasa kecewa banget , gapercaya dia bisa berubah drastis dengan masalah yang seminggu ini, dia memang jujur dia masih labil, dia ngungkit" dulu" gw prnah bilang udahan tpi menurutku ngapain hal lama di ungkit bukankah kamu ngungkit ini setelah kamu deket ama dia, dia ungkit" kesalahan aku yang agak ngatur dia,kadang marahin dia (tpi itu aku lakuin buat ngejaga dia krena dia polos banget dan gampang dibodohin orang lain) dan paling parahnya dia bilang pas hari minggu itu setelah gw ngomong instropeksi diri masing" , hal itu dia jadiin alasan kalo disitu dia nganggepnya kalo kata"ku itu udah merujuk kita udahin komitmen hari itu juga padahal aku engga ada mksud itu. pas gw nanya milih aku apa cowok itu, dia diem. dan nanya balik , kalo aku diem artinya apa. dan gw nyadar dia milih cowok itu :'') gw kecewa sekecewanya karena apa yang gw perjuangin ibaratnya berlian yang gw asah dari titik 0 dan gak ada pernah bermaksud nyakitin dia sedikitpun malah dia nyakitin aku. padahal aku dah serius bahkan kadang kalo aku keluar ama dia aku nelpon dan izin ortunya yang itu ngartiin dia tanggung jawab aku slama di rantau . skefo dia org s*matra . disisi laen ortu gw lagi sakit , disisi laen job gw banyak, organisasi gw ngejar deadline.


to the point aja sih gan

menurut pandangan agan-agan sekalian, gw harus gimana ? Gw ada kepikiran ngelepas dan udah mau bodo amat segala hal ttg dia, tapi disisi laen gw mikir, kalo gw ninggalin dia dalam keadaan digoblokin org itu, aku takutnya dia yang polos malah nanti berujung hancur krena i know kesucian wanita itu cuma 1 untuk selamanya. aku takut dia dirusakin.apalagi dia polos banget. aku takut aku yang ngajarin dia untuk jaga diri selama ini jadi sia" aja...

disisi laen gw mau ngejar dia, tapi gw ngerasanya dia cuman jadiin aku cadangan krena dia tuh nyaman sama aku tapi ada rasa suka sama org lain, yg mungkin aja bagi dia ada balas budi krna dah pernah ditolong ama cowok itu. dan disisi laen gw juga punya harga diri sbg laki" masa gw harus ngemis" dan dijadiin kakak adek-an doang pdhal kita dah setahun tiba" bubar krena mslah gini, gw tau dia bukan tipikal selingkuh cuman krena dia terlalu baik dan kepolosannya sering disalah gunakan sama org lain...

menurut agan gw ngelepas atau berjuang dapetin hati dia lagi ?

Mohon bantuannya gan , gw perlu banget pandangan kalian :")
image-url-apps
leave it emoticon-Embarrassment
image-url-apps
i need your a reason ? why ?
KASKUS Ads
image-url-apps
Ente musti realistis gan, kl dianya gak mw ngapain tetep maksa.
image-url-apps
@ragowo : Hmm... aku bisa realistis dengan itu, cuman ada kekhawatiran aja sih gan, instingku kuat. cowok itu ada niatan gabaik dari awal. ngapain dah rebut cewek orang, sering ngechat" gw, pengen ketemua seakan" nantangin. bukan takut tpi kalo gw ngeladenin yah mo gimana lagi pasti ancur tuh anak.disisi lain gw jg orgnya care banget bkn cuman sama dia tpi stiap org yg prnah kukenal aku care ga peduli siapapun itu, dan gw kasian aja kalo dia yg sepolos itu besok" cuman di rusakin gatau lagi dia bakal gimana . . . apalagi ortunya dah taunya aku yang deket ama dia disini... dan jujur aja gw msih sayang banget, dan gamau ninggalin dia dalam keadaan gabaik sama orang yg gabaik, seandainya gw ngerasa orang itu jauh lebih baik dari gw, mungkin gw bakal legowo. . .
image-url-apps
Quote:

gini bro, lo kan bakal jadi iman/kepala keluarga lo kelak lo harus ambil keputusan sepahit apapun itu sebelum lo tinggalin dia, lo ngomong sama ortunya bahwa lo sudah ngak bisa jaga dia lagi.

Terus lo bilang sama adek lu ketemu baru gede/mantan. lo ingatin pelan-pelan dia supaya sama orang baru kenal harus ati-ati. bilang sama dia masa mau ngelepasin hubungan 1 tahun di tukar sama 1 minggu dan lo lom kenal dia secara luar dalam bilang ke dia begitu.

dan lo mesti bilang sama dia kalo lo kenapa-kenapa lagi jangan cari gue lo sendiri yang mau ngelepas hubungan ini.

gue tau lo khawatir sama dia tapi dia egois kalo dia sudah tidak mau di beri tau lagi Leave it.

Kasarnya percuma bro kalo yang berjuang cuma lo doang, susah pasti endingnya pasti lo yang di sakitin.

Lebih baik mundur teratur gue cuma mau kasih saran sama lo 1 lagi

Bila lu menjalin hubungan lagi ntah dengan mantan lu ato pacar baru.
Sebaiknya pasangan lu tau relationship goal lo jadi sama-sama berjuang dan sisanya serahkan sama tuhan. emoticon-Cool


Btw emoticon-Salah Kamar go HTH
tinggalin aja bro, gue merasakan apa yg lo rasaian bro. udah sayang banget sama cewek tp krn guenya masih belum selesai kuliah eh dia malah taarufan sama cowok lain dan gak bilang2 ama gue..walaupun akhirnya dia bilang kalo taarufannya dia belum pasti sama cowok itu..tp masalahnya gue merasa dijadiin sebagai cadangan sama mantan gue ini..kalo taarufannya gagal dia balik ke gue dan kalo berhasil ya ninggalin gue..sakit bro..perasaan gue dimainin gitu aja..

jd saran gue, mending lo tinggalin cewek lo..dari masalah itu suatu saat cewek lo bakal belajar dan nyesel udah nyia2in lo..
image-url-apps
Quote:


makasih banyak gannn , referensinya. tapi menurut lu, gw langsung cabut aja dari dia dan bener" lost kontak atau gimana ? dia juga gamau putus hubungan kontak sama aku... dan i know dia tipe cewek yang masih labil nginget umurnya juga masih masa" transisi. . . dan aku paham itu
image-url-apps
Quote:


ini tinggalin dalam artian, ninggalin lost contact sama sekali ?
image-url-apps
Aku minta banyak pandangan temen" sih...

ada temen yang bilang jgn ngejar nanti kepala dia gede, mikirin jg harga diri jadi cowok

ada jga temen yang saran bilangmya, kalo emg masih ada rasa. gw disaranin merendah untuk meroket .,diemin aja dulu trus chat seadanya aja kalo lagi pengen , toh dia skrg msih labil dan masih dlm masa" renggangnya jdi dia gabisa mutusin sesuatu dgn mikir jernih lgipula mreka jga gapacaran meskipun deket. deketin seperti pas diawal toh sekeras"nya baja pasti akan luluh lagi . meskipun konsekuensinya gw jga bakal sakit dgn berjuang lagi...

menurut agan saran mana yg mending, maaf gan gw juga lagi dilema berat soalnya . . . sori ya gan ngerepotin
image-url-apps
[QUOTE=ninjapenyusup;5b11ff811ee5dfcb188b456a]

Wah parah juga kisahmu gan... turut merasakan 😅 trus agan akhirnya gimana ? milih ninggalin dia atau gimana ?

terus artian ninggalin ini gmna ? ninggalin lost contact sama sekali sehilang"nya gitu ?

image-url-apps
Quote:


Lo harus punya pendirian intinya lo laki lo yang membuat keputusan di sini lo yang mencari dari terbaik dan terbaik bukan ngemis cinta ke dia. Emang kesannya kejam. Kalo dia bisa berbuat seperti itu kedepannya apa ngak mungkin dia tidak akan melakukan lagi???

Dia ngak mau pisah intinya lu itu cuma maaf cadangan dia itu dah ngak bener. Lo masih memaksakan balik sama dia lo pasti bakal sakit hati lagi.

jangan lo pergi secara tiba2 tapi secara perlahan jangan sampe dia sakit hati.

Fokus ke kuliah aja Gan. dengan sendirinya akan ada wanita yang akan mendekatilu trustme. Mungkin lo ngak sadar di dekat lo ada yang perhatian sama lu Karena lu terlalu fokus sama adek-anlu/mantan selama satu tahun lebih. emoticon-raining emoticon-Cool
image-url-apps
Quote:


tinggalkan secara perlahan percuma lo ada RASA, rasa dia sudah terbagi mau dia labil /apa kek suatu hubungan kalo sudah bercabang ngak sehat.

ingat jangan sampe sakit hati. karma kalo dalam Islam sebab akibat.

Lo sabar lo bakal ketemu dengan jodoh tapi lo juga mesti mencari.emoticon-raining
image-url-apps
Quote:


Karma disini gw yang kena apa gimana ? toi gw blom prnah tuh ngekhianatin komitmen sama org. btw gw udah usaha juga sih ilangin rasa gw , ini udah gw nyoba sbetulnya gan... tpi jujur aja untuk waktu sesingkat ini gw ga munafik kalo gw nyatanya masih sayang banget ama dia ga rela kalo dia dapet cowok yg ga lebih baik dari gw, dan ga ngejagain bener" dia seperti gw yg serius ama doi . gw paham kalo secara logika, ngemis ke dia udah nyata"nya salah, tapi dari segi batin gabisa boong juga kalo gw masih pengen lebih lama ama dia. tapi itu aja sih yg gw rasain skrg. . . yang tidak kumengerti cuman gegara seminggu kok bisa hatinya berubah 360 drjat seperti itu. . . dan bisanya setega itu. . . apa mreka gatakut karma
image-url-apps
Quote:


bagus lu bisa jaga komitmen lu berarti akan datang karma baik ke lo suatu hari nanti ntah kapan.

Perasaan lu terlalu berlebihan buat dia menurut gue itu lambat laun akan menyakiti lu. Teman lu pasti banyak yang bilang lo bodoh, tapi kata temenlu ada benernya dan dia dah anggap lo kakak ngak lebih cuma anggap lo kalo di butuhin saja.

Point:

1.Gini aja kalo lo ngak sanggup ninggalin dia, jaga dia sampai dapet laki-laki yang lebih baik Dari lo.

2.seyogya lo sebagai kakak buang perasaan dari suka jadi ingin melindungi dia sebagai kakak. memang ngak mudah.

Dan ke
3.lo berhak bahagia juga gan simple is that lo terlalu di sibukan dengan urusan sama mantan fokus kuliah gan ortu lu bayar susah payah demi lo jangan lo sia-siain kuliaj lu hanya karena cewek.

Untuk memudarkan perasaanlu terhadap mantan lo...lo harus mencari pelabuhan baru. Lambat laun perasaan lo akan memudar terhadap dia.

berarti mantan lu mudah berpindah ke lain hati Gan. makanya ada kemungkinan kalo lo balikan lagi dan ribut lagi dia akan mudah berpindah lagi.

Cmon boy, cewek bukan cuma dia aja lihat sekeliling lo ada orang yang lebih sayang lo dari dia.emoticon-Cool
image-url-apps
Benar kata agan di atas. Intinya lo harus tegas ama diri lo. Kalo lo mau ninggalin ya ninggalin tp klo tetep mau berjuang ya berjuang.

Jangan galau atau pusing mikirin dia terus. Kasian ama diri lo bro..

Ninggalin di sini maksud gue ya lost contact..tp tergantung dari lo juga bro..

Jangan maksa buat lupain perasaan lo ke dia..saran gue biarkan aja perasaan lo mengalir dengan sendirinya nanti lama2 yang tadinya spesial menjadi biasa.
image-url-apps
Sama ky gua gan taun kemarin, kalo ente udah nyoba perjuangin segala macem terus akhirnya si doi tetep milih tuh cowo yaudah lepasin aja, ikhlasin. Udah banyak saran yg bagus dari org lain tuh, tinggal sikap ente aja. Keputusan sepait apapun juga "telen" aja. Seenggaknya udah berusaha kan
image-url-apps
Sorry bre, kalau ane bilang, ente posesif dan plinplan.
Ini dari sisi ane aja sih mandang persoalan ente dr dua sisi.
Dari sisi cewek, ente terlalu mengatur2 dia harus begini begitu. Jangan ini, jangan itu.
Dari sisi ente, hal tsb baik, buat menjaga dia dari hal2 tertentu, buat dia belajar soal ini itu.
Tapi buat cewek, mereka merasa diatur dan dikekang. Apalagi ente selalu marahin dia, dan saat marah, ente ngomong udahan. Cewek capek kali kalau dikayak gitu, kalau salah, bilang dgn baik dan arahkan dgn lemah lembut, bagaimana hal yg baik, dia pasti mikir kalau ente sopan dan baik banget. Jangan posisikan dia sbg orang yg seakan ga tahu apa2 dan harus terus diajari. Dia jadi lama2 jengah, apalagi kalau disaat dia lagi posisi down, jauh di rantauan, tp ente sbg pacar, ketika dia begitu, ente memutuskan menjauh juga, ga ngajak dia diskusi atau minimal ga menyalah2kan dia deh. Akhirnya ada orang yg bisa menerima dia apa adanya, ga marah2in dia ketika salah, mau dengerin keluh kesah dia, mau perhatiin dia.. Yaa cowok itu. Itu dari sisi cewek tsb ya.
Kenapa dia agak ragu, yaa krn dia merasa berhutang budi krn km udah bantu banyak, dan kalian udah jadian lama. Tp soal perasaan? Cewek bisa tertarik dgn cepat ke cowok yg bisa 'melayani' dia dgn baik loh. Ibaratnya, SSI lah.

Biasa, bad boy lebih disukai ketimbang good guy emoticon-Cool

Utk ente? Semua keputusan ada di tangan ente, mau ngejer2 dia dgn alasan kasihan. Atau memang bener cinta? Kalau emang bener cinta, ya ente kelarin kuliah dulu aja, kerja yg bener, trus lamar, itu jauh lebih gentleman bre, dan ga bakal dikalahin sama cowok lain lagi emoticon-Cool

Atau udah ada pilihan lain? emoticon-Hammer2
image-url-apps
Quote:


gw dah ngobrol ma doi baik" bre... ga prnah gw mengekang banget paling cuman aku ngingetin jgn terlalu sering dibonceng sana sini sama cowok laen kalo gada yg penting, marahan kami paling cuman seperti gw dah nasehatin dia baik" tapi dia ngelakuinnya hal yg laen yg bisa buat dia rugi sendiri kek gitu. atau cowok" yg chat ngegombal gausah trllau diladenin. gw dah sering ngingetin dia dgn cara sabar sabar dan sabar. toh pda akhirnya yg gw takutin kejadian kan, ga prnah gw bermaksud marahin dia. bahkan gw pas makin kesini" sblum tb" dia ama yg laen, gw lebih care ama dia buktinya gw nemenin dia pas dia ketipu , dan gw siap nutupin semua biaya keuangan dia jika perlu. .. if you say i'm good boy, i think it's wrong, . masa lalu gw jga suram bray, maka dari itu gw jadi baik dan gamau lagi kek dulu... dan gw jg ngerasain sedikit demi sedikit gw jadi baik dgn dia... makanya gw mau dia yang gw seriusin dan cukup doi. but i know, waktu ga bakal bisa ke ulang lagi, setidaknya sekarang gw cuman perlu mikirin langkah gw selanjutnya gimana. makanya gw minta pandangan dari temen"... meskipun jujur aja gw masih berharap banget ama dia . . . kalo ditanya cinta yah cinta lahhh.... ngapain gw masih bertahan sampe hari ini kalo cuman modal kasian. gw bertahan krena gw cinta dan gw care ama dia. soal kasian itu krena gw takut dia kenapa" aja... malah dia dirusakin ama org laen, aku paham yg kek gitu krena kita sama" cowok, dan gw juga ga polos" amatlah ngerti banget lah ini itu nya maksudnya apa dan gimana... gw malah mikir ortunya kalo dia besok" knapa" jugaa
image-url-apps
cewek kayak gitu mah tinggalin aja gan, cari cewek yg "saling", bukan satu arah, inget lagu semakin ku kejar semakin kau jauh? jangan pernah ngejer cewek gan hehe
×