alexa-tracking

Komisioner KPU Dicecar 25 Pertanyaan oleh Penyidik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b103829162ec2ee1d8b456b/komisioner-kpu-dicecar-25-pertanyaan-oleh-penyidik
Komisioner KPU Dicecar 25 Pertanyaan oleh Penyidik
Komisioner KPU Dicecar 25 Pertanyaan oleh Penyidik

Jakarta: Komisioner Komisi Pemilihan Umum Hasyim Asy'ari rampung menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Ia mengaku dicecar 25 pertanyaan. 


Hasyim merinci, salah satu yang ditanya penyidik yakni terkait kapasitasnya atas pernyataan yang dilontarkannya sehingga menjadi dasar laporan polisi Sekjen Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) Imam Anshari Saleh.


'Yang paling utama ditanyakan tentang dalam kapasitas apa saya memberikan keterangan atau penjelaasan yang kemudian diliput media,' kata Hasyim di Markas Polda Metro Jaya, Kamis, 31 Mei 2018.


Hasyim mengaku telah menjelaskan kalau pernyataannya itu disampaikan dalam kapasitasnya sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia pun membantah pernyataan terkait peninjauan kembali (PK) atas putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang meloloskan PKPI datang dari opini pribadi.


'Apa yang saya sampaikan itu sudah menjadi, keputusan atau kebijakan dari KPU,' ujarnya.


Baca: Polisi Periksa Komisioner KPU Terkait Pelaporan Sekjen PKPI


Menurut Hasyim, kala itu dirinya ditanya media terkait keikutsertaan PKPI sebagai peserta pemilu 2019. Sebagai pejabat publik, dirinya berkewajiban memberikan penjelasan.


'Saya menjelaskan dalam rangka menjawab pertanyaan teman-teman jurnalis, ketika ada pertanyaan seperti itu, seorang pejabat publik, dalam hal ini KPU wajib hukumnya memberikan penjelasan atau informasi perkembangan itu,' jelasnya.


Hasyim dilaporkan Sekjen PKPI Imam Anshari Saleh ke polisi. Laporan diterima Polda Metro Jaya dengan nomor laporan polisi LP/2088/IV/2018/PMJ/Dit Reskrimsus tertanggal 16 April 2018.


Dalam laporan, Hasyim disangkakan melanggar Pasal 27 ayat 3 Jo Pasal 45 ayat 3 UU RI No 19 tahun 2016 perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dan atau pasal 310 dan 311 KUHP.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/Ob...-oleh-penyidik

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Komisioner KPU Dicecar 25 Pertanyaan oleh Penyidik Jokowi: Eks Napi Korupsi Boleh Nyaleg Tapi Ditandai

- Komisioner KPU Dicecar 25 Pertanyaan oleh Penyidik Ketua MPR dan ARB Bahas Masa Depan Bangsa

- Komisioner KPU Dicecar 25 Pertanyaan oleh Penyidik Alasan Perempuan Perlu Terjun ke Politik

image-url-apps
"UU ITE"
ada kalimat berbunyi bahwa UU ini adalah UU karet. semakin dalam tahu UU ini, semakin bagaimana gitu... emoticon-Peace
×