alexa-tracking

Bakamla Tangkap 8 Nelayan karena Curi Kabel Optik Bawah Laut

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0d7dbd9a095184658b4568/bakamla-tangkap-8-nelayan-karena-curi-kabel-optik-bawah-laut
Bakamla Tangkap 8 Nelayan karena Curi Kabel Optik Bawah Laut
Bakamla Tangkap 8 Nelayan karena Curi Kabel Optik Bawah Laut


jpnn.com, BATAM - Badan Keamanan Laut (Bakamla) Indonesia terus mengusut kasus pencurian 3.200 meter kabel optik bawah laut yang ditemukan di kapal kayu KM Topan Ocean, Sabtu (26/5) lalu.

Selain mangamankan KM Topan Ocean yang ditangkap di perairan Tanjungberakit itu, petugas juga menahan delapan nelayan dari berbagai daerah yang mencuri kabel optik.

Dari kapal yang digunakan delapan nelayan itu petugas mendapati 800 potongan kabel optik hasil curian mereka dengan total berat keseluruhan mencapai 12 ton (sebelumnya ditulis lima ton).

Tindak lanjut dari penangkapan itu pihak Bakamla akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Telkom atau provider jaringan lainnya untuk mengetahui pemilik dan kegunaan kabel optik itu.

“Kabel sudah diangkat dan dipotong-potong tentu ada dampaknya. Nah untuk mencari tahu dampaknya itu kami harus koordinasi dengan pihak Telkom atau pihak-pihak terkait lainnya,” ujar Kabakamla RI Laksamana Madya TNI Arie Soedewo, saat menggelar siaran pers di atas KN Belut Laut di dermaga Bakamla, Jembatan Dua Batam di Barelang, Senin (28/5).

Sejauh ini kata Arie, pihak belum mendapat laporan gangguan jaringan dari pihak manapun termasuk dari Singapura. Namun demikian pihaknya terus mencari tahu sebab dipastikan akan ada gangguan karena keruskan jaringan kabel itu. “Dampaknya mungkin belum langsung terasa apalagi ini berhubungan dengan jaringan telekomunikasi. Bisa saja masih tercover dengan jaringan lain tapi lambat laun akan terganggu juga,” tutur Arie.

Senada disampaikan oleh Andi, petugas dari Triasmitra yang merupakan patner kerja PT Telkom yang dihadirkan oleh pihak Bakamla sebagai tim ahli menjelaskan dampak dari kerusakan kabel optik itu tidak langsung dirasakan oleh providernya.

“Dampaknya banyak sekali cuman tidak bisa langsung plok seperti listrik padam gitu, karena mungkin masih tercover oleh jaringan lain. Ini yang akan ditelusuri termasuk punya PT mana kabel-kabel ini,” ujar Andi di lokasi yang sama.

Terkait penangkapan kapal yang mengakut kabel optik jarahan bawa laut itu kata Arie, bermula dari kecurigaan tim patroli Bakamla yang bertugas di KN Belut Laut dengan keberadaan kapal kayu yang mencurigakan itu. Saat didekati KN Belut Laut, kapal kayu itu tidak bisa menunjukan dokumen berlayar yang sah.

“Delapan awak kapal ini juga tidak bisa mempertanggung jawabkan barang muatan mereka (potongan kabel optik). Ditanya lebih dalam lagi mereka akui kalau itu hasil jarahan mereka di sekitar perairan Tanjungberakit,” kata perwira TNI berbintang tiga itu.

Barang bukti lain yang turut diamankan dari atas kapal itu di antaranya; alat potong kabel optik, kompresor, selang dan alat selam.

Delapan tersangka kepada wartawan mengakui kalau kabel optik tersebut sengaja dijarah mereka atas suruan dari seorang tekon yang disebutkan bernama Naim di Bangka.

“Kapten kapalnyta Naim. Dia yang suruh kami. Cuman dia tak ikut karena isterinya sakit. Kami cuman pekerjanya. Kami diupah permeter (kabel optik) Rp 2.500 untuk angkat dari dalam laut,” tutur Hendi,seorang tersangka.

Kabel-kabel itu diakui Hendi dijarah dari periaran Tanjungberakit yang kedalamanya hanya belasan meter. Kabel-kabel tersebut sebenarnya dibenamkan dalam dasar laut. Sebelum dipotong kabel tersebut sudah terlebih diangkat keatas permuka dengan bantuan alat pengampung.

“Potongnya diatas (kapal). Kabel itu diikat dulu didasar kemudian ditaruh pelampung sehingga naik ke permukaan,” ujar Hendi.

Disinggung terkait dari mana mereka tahu bahwa di dasar laut tersebut ada kabel, Hendi mengaku sudah diberi petunjuk oleh Naim sebelumnya. (eja)
Quote:


njaayy, karna nyari ikan sudah biasa emoticon-Leh Uga

hmmmm nyurinya ndak sebanding ama untungnya, Rp. 2.500 per meter, dapet cuma 3.200 mtr, ada 8 awak per-orang dapet cuma 1jt emoticon-Cape d...
berat kabelnya ampe 12 ton njay emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Gak sekolah atau emang jahat sih mereka? emoticon-Smilie
emoticon-Matabelo 12 ton
KASKUS Ads
image-url-apps
G*blok. Itu sudah emoticon-Cool
image-url-apps
Luar biasa Bakamla, bisa menangkap 8 nelayan pencuri kabel optik.
image-url-apps
gilak nih pencuri high level
image-url-apps
Padahal gak bisa dipake lagi sama dia..
kalo tembaga kan bisa dikilo..
ada permainan gak beres tampaknya..
image-url-apps
apa ada hubungannye... propider ane jd kalah ame siput neh....
Nasbung laknatullah dimana mana bikin masalah.....emoticon-No Hope
gile sadis amat itu permeter 2.500 perak
itu tengkulak nya menang banya bray....emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Inikah penyebab internet lemot?

Di indonesia apa aja bisa dicuri ya kalo gak dijagain.
image-url-apps
bos nya emeler mau sabotase jaringam bawah laut SEA
image-url-apps
Quote:


jd gini
totalnya 12tom

jadi tembaganya sekitar 7ton kali kan Rp50rbu/kg =
350jt
blum pipa plastiknya 5ton kalikan Rp6000/kg=
30jt
di potong gaji ank buah 8jt
solar 5jt
uang mkn 2jt
Auto umroh
image-url-apps
sekarang para pelaku ditenggelemin sama kabelnya di laut..
anjir inet ga stabil gara2 maling kabel emoticon-Cape d...
image-url-apps
Kelas coro emg gampang bener dikadalin emoticon-Nohope
image-url-apps
Nyolong gituan emang laku dijual? emoticon-Bingung
Quote:


Baca beritanya itu kabel serat optik gak banyak komponen besi/tembaganya paling banyak itu serat optiknya plus plastik kabel pembungkus, besi cuma selongsong luar sebelum kabel plastik paling luar. makanya harganya murah permeter 2500 itu hrga besi/tembaganya.
image-url-apps
Pantes inet gw jd lemot
image-url-apps
Pantes ge maen moba lejen ngelek emoticon-Mad
×