alexa-tracking

Kemendagri: Banyak Hoax Pasca Ribuan E-KTP Tercecer di Bogor

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0d7db6c1d770da648b4577/kemendagri-banyak-hoax-pasca-ribuan-e-ktp-tercecer-di-bogor
Kemendagri: Banyak Hoax Pasca Ribuan E-KTP Tercecer di Bogor
[img]1. Ada penyebar hoax atau berita bohong[/img]

Kemendagri: Banyak Hoax Pasca Ribuan E-KTP Tercecer di Bogor
Zudan mengatakan truk ekspedisi berwarna biru yang ditutup terpal oranye tersebut berjalan dari Kantor Disdukcapil Pasar Minggu menuju gudang Kemendagri di Semplak, Kabupaten Bogor.



Dalam perjalanan, kata dia, truk mengalami goncangan yang menyebabkan jatuhnya dua kardus berisi ribuan keping e-KTP. Peristiwa ini terjadi pada pukul 12.31 WIB dan termonitor di CCTV atau kamera pengintai.



"Kemudian masyarakat mengambil (kepingan e-KTP) dan truk menepi. Perlu waktu 20 menit untuk membereskan, setelah itu dimasukkan kembali ke truk. Tetapi ada masyarakat yang sempat memotret kemudian dikirim ke medsos," papar dia.



Pasca-kejadian, kata Zudan, ada serangkaian isu yang menyebar di internet. Misalnya, isu yang menyebutkan ada berkardus-kardus e-KTP yang disembunyikan di sebuah gudang di Bogor.



"Kemudian, apa tindak lanjut aparat? Usut tuntas dalangnya. Kami jelaskan bahwa ini gudang resmi Kemendagri, bukan tempat menyembunyikan e-KTP. Ini hoax. Gak ada e-KTP palsu, yang ada asli tapi rusak," kata dia.


2. Tak ada keterlibatan WNA
Kemendagri: Banyak Hoax Pasca Ribuan E-KTP Tercecer di Bogor
Zudan mengatakan isu lain adalah adanya data e-KTP yang dimanipulasi untuk kepentingan warga negara asing (WNA). Menurut dia, e-KTP hanya diperuntukkan bagi warga negara Indonesia.



"Jadi sudah dicek semua oleh penyidik bahwa ini KTP rusak. Kerusakannya ada dua, yaitu rusak elemen data dan rusak fisik, seperti melengkung, sobek, dan terkelupas. Ada sekitar 6.000-an keping e-KTP yang tercecer," kata dia.


3. Tak ada pabrik e-KTP
Kemendagri: Banyak Hoax Pasca Ribuan E-KTP Tercecer di Bogor
Zudan juga membantah adanya pabrik pembuatan e-KTP. Di internet, tersebar foto pegawai Kemendagri tengah berada di sebuah ruangan dengan banyak dokumen bercecer. Padahal, itu adalah salah satu ruangan di gudang Kemendagri di Semplak, Kabupaten Bogor.



"Di sana terdapat arsip-arsip yang berisi kertas-kertas kantor, dokumen, dan buku. Sementara yang tersebar di medsos itu adalah aktivitas pegawai yang sedang melakukan pemeriksaan. Dokumen e-KTP rusak hanya sebagian kecil saja," kata dia.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Kemendagri: Banyak Hoax Pasca Ribuan E-KTP Tercecer di Bogor 5 Makanan Manis Khas Korea yang Cocok Dijadikan Menu Takjil

- Kemendagri: Banyak Hoax Pasca Ribuan E-KTP Tercecer di Bogor Resep Udang Mayonaise ini Cocok untuk Menu Berbuka Puasa!

- Kemendagri: Banyak Hoax Pasca Ribuan E-KTP Tercecer di Bogor Sedang Berpuasa di Melbourne, Ini 5 Restoran Halal yang Pas untuk Berbuka

image-url-apps
berita di plintir
×