alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Sepanjang Ramadhan dan Lebaran, Yogyakarta Penuh Agenda Wisata
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0d565bdcd77004768b4571/sepanjang-ramadhan-dan-lebaran-yogyakarta-penuh-agenda-wisata

Sepanjang Ramadhan dan Lebaran, Yogyakarta Penuh Agenda Wisata

Sepanjang Ramadhan dan Lebaran, Yogyakarta Penuh Agenda Wisata

JPP, YOGYAKARTA - Beragam agenda tersaji lengkap sepanjang Ramadan dan Lebaran di Yogyakarta. Dijamin keren. Karena, nuansanya pun beragam. Ada yang instagramable hingga Jawa klasik. Dua gaya berbeda akan dihadirkan destinasi digital Pasar Banyunibo dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang kaya akan budaya. 

“Nuansa Ramadan dan Lebaran di Yogyakarta ini unik. Ada nuansa kekinian yang disajikan secara full di sepanjang Ramadan. Lalu, nuansa Lebaran kembali ke budaya dan tradisi leluhur yang adiluhung. Ini filosofinya luar biasa,” ungkap Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana, didampigi Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni, Minggu (27/5/2018). 

Event Ramadan masif digelar oleh Pasar Banyunibo. Destinasi digital besutan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Yogyakarta ini menggelar beragam event selama satu bulan penuh. Lokasinya eksotis di Embrio Pasar Banyunibo, Kompleks Candi Banyunibo, Cepit, Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Beroperasi mulai pukul 15.00 WIB, area ini menjadi spot ngabuburit paling kece. 

Nuansa pasar digital yang berada di komplek Candi Banyunibo memang eksotis. Sebab, kawasan ini sangat asri. Apalagi, lokasinya didukung oleh Candi Boko yang tepat berada sisi utara pasar. Khas destinasi digital, beragam spot instagramable pun bertebaran hampir di semua sisi pasar. “Pasar Banyunibo juga mudah dijangkau. Pokoknya sangat eksotis menikmati suasana sore hari di sini. Eventnya juga bagus,” katanya. 

Apresiasi memang harus diberikan kepada Pasar Banyunibo. Sepanjang Ramadan, ada beragam event yang disajikan. Ada pasar kuliner, song writing workshop, hingga stand up comedy. Pasar Banyunibo juga menjadi panggung besar bagi tari tradisional hingga kontemporer. Workshop broadcasting, radio, fotografi juga ada. Destinasi ini jadi etalase bagi seni rupa, pameran environmental, juga kerajinan kulit. 

“Pasar Banyunibo juga ada beberapa kali event pengajian dan ceramah. Event-event di Pasar Banyunibo ini pun sangat lengkap. Mereka menjadi pelestari tradisi dan budaya, tapi di sisi lain berperan sebagai industri dengan bisnis menjanjikan,” jelas Pitana lagi. 

Menyempurnakan kemasan, beragam menu kuliner khas terbaik juga disajikan. Ada nasi telanga, talam abon, ongol-ongol, kacang godog, wedhang uwuh, atau wedhang bit gula batu. “Pasar Banyunibo paket lengkap untuk berbuka puasa. Menu kuliner yang disajikan tentu lebih banyak dan bervariasi. Jadi pas, habis menikmati beragam hiburan menarik langsung berbuka dengan menu spesial,” ujarnya. 

Kemeriahan berlanjut di hari kemenangan Idul Fitri. Kali ini venue bergeser ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Event yang dirilis Ngabekten Sultan dan Grebeg Syawal, 16 Juni 2019. Lokasinya berada di lingkungan keraton dan sekitarnya. Tradisi Ngabekten Sultan ini unik karena selalu bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri. “Ngabekten Sultan ini menjadi daya tarik keraton. Ini luar biasa,” terang Pitana. 

Menjadi tradisi turun temurun dengan penyesuaian, Ngabekten Sultan pun tidak melupakan fungsinya. Kata Ngabekten berasal dari Bahasa Jawa, yaitu bekti. Artinya berbakti juga menghormati seseorang yang dituakan. Agenda ini juga digunakan sebagai prosesi saling memaafkan. Tradisi Ngabekten Sultan ini berlaku menyeluruh, baik kerabat keraton maupun para abdidalemnnya. 

“Ada banyak tradisi menarik di Yogyakarta ini. Semua terpelihara dengan baik. Semua lalu menyatu di dalam nuansa Idul Fitri yang luar biasa. Agenda Ngabekten Sultan ini tentu jadi momentum besar yang menarik perhatian wisatawan. Agenda itu sarat makna dengan tata ritual yang bagus,” tutur Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni. 

Dalam tradisi Ngabekten Sultan, ada beragam tata cara yang harus diikuti. Peserta harus mengenakan busana sesuai pranata yang ditetapkan. Bagi abdidalem yang terlambat tidak boleh menyusul, apalagi saat Sri Sultan sudah hadir. Mundur atau majunya seperta ngabekti juga mengikuti perintah Sri Sultan. Selama ‘sowan’ peserta harus tenang dan tidak membawa senjata tajam. 

“Tradisi dimanapun selalu sarat akan tata cara yang harus diikuti. Semuanya mengajarkan kepada kita untuk selalu berlaku baik diamanpun. Inspirasi yang diberikan oleh Keraton Ngayogyakarta sungguh luar biasa,” ujar Sumarni lagi. 

Momentum yang selalu ditunggu publik dihadirkan. Grebeg Syawal lengkap dengan gunungannya. Biasanya gunungan yang disajikan ada 7 dan diperebutkan di 3 lokasi berbeda. Komposisi gunungan ini terdiri dari 3 gunungan jaler dan 1 estri. Lalu, masing-masing ada juga 1 gunungan darat, gepak, dan pawuhan. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya menerangkan, Yogyakarta memiliki paket destinasi lengkap. 

“Yogyakarta luar biasa dengan Pasar Banyunibo dan Keraton sebagai kutub event Ramadan sekaligus Idul Fitri. Budaya Jawa yang adiluhung berkolaborasi dengan konsep style kekinian menjadi warna unik Yogyakarta. Ini bukti bahwa merawat tradisi dan gaya modern bisa bersanding baik bahkan menjadi kekuatan potensi pariwisata yang luar biasa. Enjoy Yogya,” pungkasnya.(par)


Sumber : https://jpp.go.id/ekonomi/pariwisata...-agenda-wisata

---

Kumpulan Berita Terkait EKONOMI :

- Sepanjang Ramadhan dan Lebaran, Yogyakarta Penuh Agenda Wisata Jembatan Kali Kuto Bisa Dilewati H-2 Lebaran, Pengalihan Lalu Lintas Disiapkan 

- Sepanjang Ramadhan dan Lebaran, Yogyakarta Penuh Agenda Wisata Menpar: Proximity Dorong Kerjasama Pariwisata RI-India Meningkat Pesat

- Sepanjang Ramadhan dan Lebaran, Yogyakarta Penuh Agenda Wisata Persiapan Mudik Lebaran 2018 Sudah 90 Persen

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
jogja istimewa
Istimewa DIYogya...emoticon-2 Jempol
banyak kenangan di kota itu selama kuliah dulu, emoticon-Sorry
jogja tetap istimewa emoticon-Cool
Jogja jogja, jogja istimewa, istimewa negri nya istimewa rakyat nya,
emoticon-2 Jempol
Diubah oleh re.cozy
wisata lendir
HT di PEJWAN emoticon-Traveller
Sepanjang Ramadhan dan Lebaran, Yogyakarta Penuh Agenda Wisata
Sepanjang Ramadhan dan Lebaran, Yogyakarta Penuh Agenda Wisata
Diubah oleh punpun48
Kangen balik lgi ke jogja emoticon-Belo
Quote:


ning
sarkem emoticon-Ngakak
pekiwan dulu ah
Mejeng pejwan dlu emoticon-Cool
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
yogyakarta kota sejuta wisata,
Quote:


kuliag dmn breyh emoticon-Confused
Jogja emang sip
Jogja emg kota yang fun
Jogja mah gtu emoticon-2 Jempol
instagramable dong di sana emoticon-Cool
Quote:


srng maen ke jogja breyhemoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di