alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ketika Pohon Saling 'Berbicara'
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0d458cde2cf2602b8b4576/ketika-pohon-saling-berbicara

Ketika Pohon Saling 'Berbicara'

Ketika Pohon Saling 'Berbicara'
Tumbuhan adalah spesies yang unik, tidak seperti hewan atau manusia mereka tertanam di tanah dan tak bisa kemana-mana. Tumbuh sejak benih hingga menjadi pohon yang sangat tua selamanya di tanah itu. Mereka juga tidak bisa berkomunikasi seperti manusia atau hewan.

Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa tumbuhan memiliki emosi dan bisa berkomunikasi dengan tumbuhan lain melalui cara khusus.
Ketika Pohon Saling 'Berbicara'
Photocase.com
Komunikasi adalah interaksi antar dua makhluk hidup atau lebih baik terlihat, maupun tidak terlihat; terdengar maupun tidak terdengar dan saling dimengerti oleh kedua belah pihak.
Manusia berkomunikasi sesamanya dengan cara berbicara, menulis pesan, bahasa isyarat dan beberapa ada yang mengklaim bisa melakukan telepati atau komunikasi pikiran.Sedangkan hewan melakukan komunikasi dengan bahasa yang mereka pahami sendiri termasuk juga bahasa isyarat.

Tema umum kehidupan di bumi adalah bertahan hidup, manusia dan hewan hidup dengan cara makan. Pada kehidupan primitif, bertahan hidup adalah berburu makanan; hal yang masih dilakukan hingga sekarang oleh hewan. Sedangkan manusia sudah berkembang jauh lebih baik dengan beternak dan bercocok tanam.
Ketika Pohon Saling 'Berbicara'
Carbonbrif.org
Konsep kuno itu disederhanakan dengan kata predator dan adaptasi. Berburu adalah aktivitas predator. Bercocok tanam dan beternak adalah bentuk adaptasi.
Lantas bagaimana caranya tumbuhan dan pepohonan berkomunikasi dengan sesamanya? Apakah mereka memiliki bahasa rahasia yang tidak kita mengerti?

Tumbuhan, mengubah sinar matahari dan gas karbondioksida menjadi makanan melalui proses yang disebut fotosintesis.
Ketika Pohon Saling 'Berbicara'
Decodedscience.org
Tumbuhan memiliki cara khusus untuk berkomunikasi melalui SCR (systemic chemical reaction), yang mana merupakan reaksi kimia unik yang dicetuskan oleh tumbuhan saat ada ancaman bahaya. Mereka mengeluarkan zat lignin, yang membuat kulit daging tumbuhan mengeras, serta zat tanin semacam getah dengan rasa tajam di dalamnya.
Simbiosis antara jamur yang tumbuh di akar pohon adalah salah satu hal yang menarik dalam komunikasi tersembunyi diantara mereka. Jamur hidup menumpang di akar membentuk mikoriza yang membantu pohon menyerap mineral lebih banyak, imbalanya jamur memperoleh beberapa pasokan gula

Ketika Pohon Saling 'Berbicara'
bbc.com
Jamur masuk ke akar pohon melalui miselium yang tumbuh jauh di dalam akar sehingga akar tumbuhan satu dan yang lain terhubung dan membentuk jaringan komunikasi.

Ketika Pohon Saling 'Berbicara'
fisiologiavegetal.es
Akar pohon yang berbagi jaringan melalui mikoriza dapat mengeluarkan SCR secara aktif pada suatu waktu jika salah satu pohon kekurangan nutrisi maka pohon yang lain bisa berbagi pasokan nutrisi melalui miselium jamur tersebut.

Jejak sumbangan nutrisi tersebut dilacak dengan zat isotop dan membuktikan tumbuhan satu sama lain komunikasi termasuk membantu jika salah satu kekurangan nutrisi.

Ketika Pohon Saling 'Berbicara'
Hedging.co.uk
Tidak jelas apa yang dimaksud oleh mekanisme donor nutrisi tersebut salah satunya mungkin adalah usaha untuk melestarikan dari kerusakan.

Selain komunikasi dan aktivitas saling membantu itu juga terdapat zat lain yang dikeluarkan sebagai usaha melumpuhkan tumbuhan pesaing. Zat itu bernama Juglone .Senyawa ini berisi racun yang bersifat karsinogenik dan mematikan sel pohon pesaing ini.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa tumbuhan satu dan yang lainnya terdapat keterkaitan seperti yang terjadi pada manusia dan hewan meskipun komunikasinya tidak tampak dan bisa kita dengar.
Namun mereka secara aktif pertukaran reaksi kimia cara sistemik apabila ada ancaman bahaya dan juga bila ada pohon lainnya memerlukan bantuan. Komunikasi ini mungkin sangat sederhana, tapi tampaknya diadopsi oleh jaringan internet masa kini.


Referensi
huffingtonpost.co.uk/-frontier/talking-trees_b_11908164.html
Halaman 1 dari 6
i'm groot
ane dah tau bray
Quote:


We are groot emoticon-Leh Uga
komeng dulu baca nanti
Tumbuhan memang warbyasah gan
Quote:


you not groot
jalur komunikasinya ada didalam tanah emoticon-Cendol (S)
Nice, mantap
Ketika Pohon Saling 'Berbicara'

Kaum Ent emoticon-Embarrassment
Quote:


emoticon-Wakaka we are groot

Salah Apa Kita Dikencingin?

Ketika Pohon Saling 'Berbicara'Ketika Pohon Saling 'Berbicara'
i am groot emoticon-Leh Uga
Quote:


Tega bener ini. emoticon-Mewek
iya juga ya, ternyata mereka bisa berbagi nutrisi
emoticon-Jempol sekali
Pohon aja bisa bilang i love u, masa kamu engga
Ketika Pohon Saling 'Berbicara'
Diubah oleh claymite
Quote:


masih aja ada yang beginian
Quote:


sunatin aja pak,,, emoticon-Leh Uga
Diubah oleh rickyheaven25
Rahasia Allah ./
emoticon-Matabelo
Kirain tumbuhan itu individualis
Saling berpegangan.
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di