alexa-tracking

Tekan lonjakan, Kemenag atur ulang suplai daging ayam

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0d196cde2cf23e4d8b457e/tekan-lonjakan-kemenag-atur-ulang-suplai-daging-ayam
Tekan lonjakan, Kemenag atur ulang suplai daging ayam
Tekan lonjakan, Kemenag atur ulang suplai daging ayam
Pedagang menyiapkan ayam yang dijualnya di Pasar Kodim, Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (25/5/2018).
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (29/5/2018).

Dalam sidaknya itu, Enggar menemukan sejumlah harga komoditas sayuran dan sembako yang relatif stabil dan bahkan beberapanya turun. Kondisi serupa juga berlaku untuk daging sapi dan telur ayam.

Tapi, Enggar juga menemukan satu komoditas yang harganya cenderung naik dan tinggi, yakni daging ayam.

"Untuk idealnya, harga daging ayam Rp33.000 per kilogram, sekarang Rp36.000 per kilogram," sebut Enggar dalam laporan Okezone.

Kenaikan harga daging ayam ini sudah terpantau sejak sepekan lalu. Saat itu, giliran Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang mendapati kenaikan harga pada komoditas daging unggas ini.

Amran menduga, ada kartel-kartel yang memainkan harga. Sebab menurut pantauannya, pasokan untuk komoditas seperti bawang merah, daging ayam, dan telur ayam, sedang berlebih. Sehingga, tidak ada alasan untuk menaikkan harga.

"Tolong jangan ganggu orang yang sedang berpuasa, seharusnya turun (harganya)," pinta Amran.

Menyisir harga komoditas harian yang dirilis Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (hargapangan.id), komoditas daging ayam (per kilogram) memang terpantau melejit sejak pertengahan Mei 2018, atau saat awal mula Ramadan.

Meski begitu, kenaikan tidak merata di seluruh wilayah Indonesia. Beberapa provinsi yang harga daging ayam (per kg) mencapai di atas Rp40.000 antara lain, Maluku, Sumatra Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara, untuk provinsi dengan harga daging ayamnya berada di rentang Rp33.000 hingga Rp39.000 di antaranya, Banten, DKI Jakarta, Bali, Papua, dan DI Yogyakarta.

Beberapa provinsi dengan harga daging ayam terendah adalah Aceh, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.

Salah satu upaya yang tengah dilakukan Kementerian Perdagangan untuk mengintervensi tingginya harga daging ayam adalah dengan mendorong perusahaan besar untuk mau menyuplai daging ayam potong ke pasar tradisional.

"PR saya itu masih di daging ayam, meskipun saat ini turun, tapi harga masih belum stabil," sebut Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita.

Cara ini berbanding terbalik dengan kebijakan pemerintah yang tidak mengizinkan perusahaan besar untuk masuk ke pasar tradisional. Pemerintah memberlakukan pembagian wilayah yang mengatur di mana saja perusahaan besar bisa menyuplai produksinya.

Namun, menurut Enggar kebijakan ini adalah kebutuhan yang mendesak.

"Jadi sekali lagi, menghadapi Lebaran nanti tidak ada kekhawatiran, semua harga terkendali," sambung Enggar.

Selain itu, Kemendag juga berencana untuk menerbitkan aturan baru terkait harga patokan komoditas ayam yang berlaku khusus Hari Besar Keagamaan Nasional.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti mengatakan, peraturan itu kini sudah masuk ke Kementerian Hukum dan HAM.

Dalam aturan itu, sambung Tjahya dalam Katadata, harga jual daging ayam akan dipatok Rp33.000 per kilogram atau lebih besar Rp1.000 dari harga acuan daging ayam yang diatur dalam Permendag 58 Tahun 2018 tentang Harga Acuan Komoditas di Tingkat Produsen dan Konsumen.

Tentunya aturan ini tidak hanya akan berlaku pada Idulfitri saja, melainkan juga pada hari besar keagamaan lainnya.

Namun, regulasi bakal ditetapkan jika pada periode libur tersebut terjadi lonjakan harga signifikan sebagai imbas dari tingginya permintaan.
Tekan lonjakan, Kemenag atur ulang suplai daging ayam


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ai-daging-ayam

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tekan lonjakan, Kemenag atur ulang suplai daging ayam Ancaman 8 tahun buat joke bomb di Pontianak

- Tekan lonjakan, Kemenag atur ulang suplai daging ayam Macet Jakarta kalahkan London dan New York

- Tekan lonjakan, Kemenag atur ulang suplai daging ayam KTP elektronik yang tercecer adalah kecerobohan dan ketidaksengajaan

×