alexa-tracking

Habis Rekomendasi Kemenag Terbitlah Sertifikasi MUI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0cf812947868f95b8b4568/habis-rekomendasi-kemenag-terbitlah-sertifikasi-mui
Habis Rekomendasi Kemenag Terbitlah Sertifikasi MUI
Habis Rekomendasi Kemenag Terbitlah Sertifikasi MUI


jpnn.com, KALIMANTAN BARAT - Menyusul polemik rekomendasi 200 mubalig dan mubaligah yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag), Majelis Ulama Indonesia (MUI) malah berencana akan mengeluarkan sertifikasi kepada mubalig dan dai.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin, rencananya sertifikat akan diberikan kepada mereka yang mau saja. "Kalau yang tidak mau, ya tidak (diberikan). Kami akan berikan kepada mubalig atau dai yang mau," kata Ma'ruf usai acara buka puasa bersama Ketua DPD Oesman Sapta Odang dan ribuan anak yatim di Masjid Raya Mujahidin, Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Senin (28/5).

Kemudian, sertifikat akan diberikan kepada mubalig atau dai yang memenuhi kriteria, atau penceramah yang tidak bermasalah.

Ma'ruf menjelaskan, bermasalah di sini dibagi lagi menjadi dua poin. Pertama, masalah karena kompetensi. "Kalau dia tidak memiliki kompetensi, tidak akan diberi oleh MUI," tegasnya.

Kedua, lanjutnya jika bermasalah dengan hukum atau moral. Sertifikat akan diberikan kepada dai yang tidak cacat keduanya.

"Jadi, nanti kami akan memberikan sertifikat-sertifikat untuk menjadi legalitas. Jadi kamu jadi mubalig tandanya apa? Ini serifikat," kata Ma'ruf mencontohkan.

Persoalan lain yang tidak kalah penting adalah masalah kebangsaan. Dia menegaskan dai harus memiliki komitmen kebangsaan. "Tidak akan kami beri kalau tidak punya komitmen kebangsaan. Itu bagian-bagian mutlak dari MUI," katanya.

Kalau dai yang tidak punya sertifikat MUI, Ma'ruf memastikan tidak akan menjadi persoalan. Masyarakat tetap tidak dilarang mengundang dai yang bersangkutan. "Cuma dia tidak punya identifikasi dari MUI. Tidak punya pengakuan," tegasnya.

Ma'ruf menegaskan, MUI tidak membuat daftar tapi akan memberi sertifikat bagi yang mau. "Sama dengan kalau orang masuk surga, kata Nabi semua umatku masuk surga kecuali yang tidak mau," selorohnya. (boy/jpnn)

Quote:


model baru agi nie emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Bagi yang mau ? emoticon-Hammer (S)
Yg mau nyebar kebencian juga bisa bikin donk ?
Ladang duit baru nih emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Lumayan Ada lahan emoticon-Leh Uga
KASKUS Ads
image-url-apps
Mirip-mirip sertifikat halal untuk makanan yg selama ini dikeluarkan MUI
image-url-apps
Pemerintahan yg lucu emoticon-Ngakak
Bagus kan, biar masyarakat tau mana mubaligh halal dan makruh.
image-url-apps
Jadi selama ini tak tersertifikasi? Terus siapa saja bisa jadi donk?
emoticon-Bingung
Quote:


yup...bisa siapa aja.......... kayak yg ikut 212 kemaren banyak yg automatic dianggap ustadz emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
image-url-apps
Halal dong labelnya.
image-url-apps
Wah duit lagi nih, basyahhh bosque

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
image-url-apps
Jualan sertifikat ini emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Biarin aja,daripada bermunculan sugi sugi yg lain
image-url-apps
Yakin tuh di pegang MUI soal ginian?..
image-url-apps
mui, ustad dan mubalig atau apalah itu yg musti dibubarkan
image-url-apps
Bagus, biar gak auto ustad.
Sekarang pake peci pake baju koko asal cuap2 langsung sah
Jadi niru2 sebelah nih, pake sertifikat segala, eh tapi dari dulu memang niru2 ya, semua nabi dari Yahudi
image-url-apps
kalo mau buat sertifikasi ya semua dikenain, soal makan minum aja ribut bkn main mesti ada label halal..
skrg soal mubaligh yg notabene jd acuan belajar agama kok gak diwajibin emoticon-Hammer
wajar banyak yg jd radikal krn salah cari guru agama
boleh juga

agama lain, juga gak sembarangan ngasih jatah ke penceramahnya, harus lulus sekolah agama dll

di islam ini yang kacau balau,
cinak mualaf sarjana pertanian mendadak ustad
artis bejat tapi udah hijrah mendadak ustad
preman mendadak ustad dll

kudunya MUI yang ngasih kriteria, minimal hapal alquran, hapal berapa hadits dll
baru boleh diijinin ceramah emoticon-Wkwkwk
mau bacot mesti ada sertifikatnya bray emoticon-Ngakak
image-url-apps
yah bagus dong
dimana salah nya?