alexa-tracking

Mengunjungi Babah Kuya, Toko Jamu Berusia Ratusan Tahun di Kota Bandung

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0ced44947868785c8b456f/mengunjungi-babah-kuya-toko-jamu-berusia-ratusan-tahun-di-kota-bandung
icon-hot-thread
Mengunjungi Babah Kuya, Toko Jamu Berusia Ratusan Tahun di Kota Bandung
Begitu memasuki toko jamu Babah Kuya, aroma khas jamu langsung semerbak memasuki hidung saya. Meski toko ini tidak terlalu besar, namun berbagai jenis bahan jamu tersedia di sini dalam berbagai bentuk, dan saya pikir mungkin ini adalah toko jamu terlengkap yang ada di Kota Bandung. 

Dari beberapa referensi artikel yang saya baca, baik dari pikiran-rakyat.com atau pun tribunnews.com, toko yang terletak di Jalan Pasar Selatan No. 33 Kota Bandung ini disebut-sebut telah berdiri selama ratusan tahun atau sudah ada sejak tahun 1800-an dan menjadi salah satu toko jamu tertua yang ada di Kota Bandung yang tetap bertahan hingga saat ini.

Tertarik dengan toko jamu ini? Mari simak kunjungan singkat saya ke Toko Jamu Babah Kuya berikut ini :


Tampak depan Toko Jamu Babah Kuya

Mengunjungi Babah Kuya, Toko Jamu Berusia Ratusan Tahun di Kota Bandung
foto : Penulis/gimgiman

Di bagian depan atau sebelum masuk ke dalam toko, arsitektur bangunan toko jamu ini begitu identik dengan rumah-rumah Tionghoa peranakan pada jamun dulu. Berbeda dengan bangunan di sekitarnya yang sudah bergaya modern, toko ini masih mempertahankan gaya lawasnya.

Bahan Jamu di Dalam Tong

Mengunjungi Babah Kuya, Toko Jamu Berusia Ratusan Tahun di Kota Bandung
foto : Penulis/gimgiman

Beberapa bahan jamu diletakkan di dalam sebuah tong, di mana pengungjung bebas untuk menyentuhnya sambil menikmati aroma masing-masing bahan jamu.
Saya sendiri bukanlah penggemar jamu, namun saat berkunjung ke toko ini, saya bersemangat sekali untuk mencoba mengamati satu per satu-satu bahan jamu yag ada, rasanya seperti sedang berwisata saja.


Jamu Dalam Bentuk Serbuk

Mengunjungi Babah Kuya, Toko Jamu Berusia Ratusan Tahun di Kota Bandung
foto : Penulis/gimgiman

Toko Jamu Babah Kuya juga menyediakan bahan jamu yang sudah berbentuk serbuk. Biasanya bahan jamu yang sudah berbentuk serbuk cara penyajiannya akan lebih mudah bila dibandingkan dengan bahan jamu yang masih berbentuk utuh.
Bingung memilih bahan jamu mana yang cocok untuk keluhan kita? Pemilik toko jamu ini atau karyawannya juga menerima konsultasi singkat dari pada pelanggannya yang kebingungan dalam memilih jenis jamu yang akan dikonsumsi.


Tidak Hanya Dikungjungi Pemburu Jamu

Mengunjungi Babah Kuya, Toko Jamu Berusia Ratusan Tahun di Kota Bandung
foto : Penulis/gimgiman

Mengunjungi Babah Kuya, Toko Jamu Berusia Ratusan Tahun di Kota Bandung
foto : Penulis/gimgiman

Toko Jamu Babah Kuya setiapnya harinya tidak pernah sepi dari pembeli, selain para pembeli yang berburu jamu untuk berbagai penyakit, toko ini juga biasa dikungjungi oleh para ibu-ibu yang sedang berburu bumbu masak untuk masakan-masakan tradisional, karena beberapa jenis bumbu rempah sudah mulai sulit untuk didapatkan di pasar-pasar tradisional.

Penutup
Bagi saya sendiri berkunjung ke Toko Jamu Babah Kuya seperti sebuah kunjungan wisata karena memang saya sedang tidak mencari bahan jamu apa pun saat berkunjung ke sini. Namun bagi anda yang sedang mencari jalan kesembuhan dengan jamu dan bahan-bahan alami, Toko Jamu Babah Kuya menjadi tempat wajib untuk dikunjungi. Harga jamu di sini, berkisar mulai dari sepuluh ribuan hingga ratusan ribu rupiah, masih sangat terjangkau untuk berbagai kalangan.

Berminat untuk berkunjung ke toko ini? Letaknya tidak terlalu jauh dari Pasar Baru dan Alun-Alun Kota Bandung, bisa dijangkau dengan berjalan kaki atau menggunakan transportasi online.


Quote:
image-url-apps
legendaris nih toko
image-url-apps
lestarikan.. salah satu budaya ini
KASKUS Ads
image-url-apps
emoticon-thumbsup
image-url-apps
sukses terus, Bah Kuy.
emoticon-2 Jempol
image-url-apps
Ane sering beli jamu darah tinggi & sakit otot buat ortu di Babah Kuya. Emang manteb tuu Babah Kuya.
image-url-apps
Bah kaga ada anggur merah yak emoticon-Ngakak
Quote:

ya gan beneran legendaris

Quote:

jangan lupa berkunjung gan

Quote:

makasih jempolnya gan

Quote:

jangan lupa berkunjung gan

Quote:

ane beli jamu buat pencernaan tapi pait banget gan hehe
salut masih bisa tetep eksis emoticon-thumbsup
image-url-apps
langganan emak gw nih dulu...

dulu suka beli salep sirih nya, efektif untuk gatal2 di kulit
Toko sang legendaemoticon-2 Jempol
image-url-apps
wah klo ke bandung mampir ah, emoticon-Traveller
udah lama mimi jamu
image-url-apps
sekalian cari kaos emoticon-Embarrassment
image-url-apps
udah langka bgt nih toko jamu jenis begini
mantab bro

cuma baca dan lihat gambarnya
serasa benar benar cium aroma rempah nya.....




ternyata gue sedang dipasar Bringharjo Jogja
pas banget di lantai 2 tempat rempahan jamu

image-url-apps
bah mantap
pernah lewat nih belom sempet mampir
image-url-apps
waw lama banget, sejak zaman penjajahanemoticon-Matabelo
image-url-apps
resep jamunya bisa jadi dari warisan leluhur emoticon-EEK!
image-url-apps
habisin sekalian emoticon-Coblos
×