alexa-tracking

KTP elektronik yang tercecer adalah kecerobohan dan ketidaksengajaan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0cec6660e24bd80f8b4568/ktp-elektronik-yang-tercecer-adalah-kecerobohan-dan-ketidaksengajaan
KTP elektronik yang tercecer adalah kecerobohan dan ketidaksengajaan
KTP elektronik yang tercecer adalah kecerobohan dan ketidaksengajaan
Kepolisian menunjukkan barang bukti KTP elektronik rusak dalam gelar perkara di Polres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (28/5/2018).
Ribuan lembar kartu tanda penduduk (KTP) elektronik tercecer di jalan raya Salabenda, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/5/2018). Menurut Kapolres Bogor AKBP Andi M. Dicky dalam Antaranews mengungkapkan, insiden itu terjadi tanpa sengaja dan lantaran ada keteledoran.

Dicky menjelaskan bahwa sebuah truk bermuatan penuh KTP elektronik untuk dimusnahkan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil di gudang Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), tak jauh dari lokasi insiden. Namun, truk tanpa sengaja menjatuhkan satu kardus ke jalan raya sehingga isinya tercecer.

Setelah memeriksa 17 orang saksi, termasuk staf Dirjen Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri, polisi tak menemukan indikasi melawan hukum. Kendaraan yang mengangkut ribuan KTP elektronik itu juga sudah dilengkapi surat jalan resmi.

Ribuan KTP elektronik itu berasal dari Kantor Disdukcapil di wilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. KTP elektronik itu dalam keadaan cacat dan rusak sehingga Kemendagri berniat memusnahkannya.

Meski demikian, saksi mata bernama Ugan yang ditanyai detikcom menduga KTP elektronik itu berbasis di Sumatera Selatan sesuai tulisan yang tertera di sana. Terlihat pula masa berlaku hingga 2017 dan seumur hidup.

"Pengangkutan atau pemindahan itu menggunakan jasa ekspedisi pengangkut barang. Jadi, nggak hanya e-KTP rusak saja yang dibawa, ada meja, kursi, dan lemari. Semua itu terdokumentasi saat loading di Jakarta," kata Dicky dikutip Kompas.com, Senin (28/5).

Insiden ini pun menjadi viral di media sosial, bahkan menjadi perbincangan sebagian politikus. Setidaknya dua akun Twitter mengomentari insiden ini, termasuk mempertanyakan maksud Kemendagri untuk memusnahkannya.
Penemuan ektp, ini ktp siapa?Berbagai pertanyaan muncul. KTP ini mau dibawa kmn? Knp arsip Sumsel bisa ke BOGOR? Atas perintah siapa? Ini gudang punya siapa? Ini Asli or Palsu? Knp ada yg tiba2 suruh BAKAR??#ILC#ILC2018#EKTPpic.twitter.com/DYouhXTSmE
— Be Good Muslim G554 (@AFarouq_) May 27, 2018 Seperti yang hulk bocorkan tanggal 9 maret 2018 lalu bahwa sedang dibuat KTP di Beijing China paling lambat akhir Mei tahun ini | dan terbukti berita 26 Mei 2018 hari ini banyak KTP data asing yang jatuh berceceran!Hulk tidak pernah berbohong! @marierteman pic.twitter.com/oSsBSDLrdg
— Hulk (@Hulk_idn) May 26, 2018
Sementara Ketua DPP Partai Gerindra Jawa Barat Mulyadi menduga ada motif politik di balik insiden tercecernya KTP elektronik itu. Maklum, ujar Mulyadi dilansir CNNIndonesia.com, saat ini Kabupaten Bogor dan Jawa Barat bakal menyongsong pemilihan kepala daerah.

"Kami mencurigai penemuan ini berpotensi mencederai proses demokrasi," katanya.

Mulyadi pun mempertanyakan mengapa ribuan KTP elektronik yang rusak itu tidak segera dimusnahkan. Namun, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria meminta Kemendagri tidak langsung memusnahkan KTP elektronik yang tercecer agar bisa dijadikan barang bukti untuk memeriksa kesalahannya.

Dalam VIVA, Riza mengatakan DPR pun akan memanggil Mendagri dan Dirjen Dukcapil untuk mencari kejelasan. "Ini bukan barang inventarisir yang rusak kemudian dimasukkan ke gudang begitu saja. Tetapi dia harus melalui serah terima kepada siapa dan sebagainya, bentuknya seperti apa, kerusakannya di mana, dan tidak bisa dihancurkan begitu saja," tegas Riza.

Sedangkan anggota Komisi II DPR Firman Soebagyo menilai insiden ini adalah kecerobohan Kemendagri. Seharusnya Kemendagri dapat menjaga kerahasiaan dokumen apapun, termasuk KTP elektronik. Komisi II DPR pun akan memanggil Mendagri Tjahjo Kumolo.

Sementara Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif dalam keterangannya kepada TV One mengatakan bahwa seluruh KTP elektronik yang diangkut truk itu adalah satu dus dan seperempat karung bersama sebagian barang yang sudah kedaluwarsa. Pihaknya sengaja membawa barang-barang rusak itu dari gudang di Pasar Minggu yang akan dibenahi ke gudang di Semplak, Bogor.

"Jadi KTP yang rusak itu cetakan tahun 2012-2013," ujar Zudan, kali ini kepada Liputan 6 SCTV (h/t Liputan6.com).

Adapun buntut insiden ini, Zudan langsung memproses pejabat Dukcapil untuk dimutasi. Salah seorang adalah Kasubag Rumah Tangga Dukcapil dan Zudan pun tetap menganggap dirinya bertanggung jawab pula.

"Itu masalah teknis yang tanggungjawabnya cukup Dirjen, penanggungjawabnya saya," ujar Zudan.
KTP elektronik yang tercecer adalah kecerobohan dan ketidaksengajaan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...tidaksengajaan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- KTP elektronik yang tercecer adalah kecerobohan dan ketidaksengajaan Swasta naikkan harga, Pertamina tetap bertahan

- KTP elektronik yang tercecer adalah kecerobohan dan ketidaksengajaan Catatan Sumber Waras dan Cengkareng dalam WTP DKI

- KTP elektronik yang tercecer adalah kecerobohan dan ketidaksengajaan THR untuk ormas, silakan selama tak dipaksa

×