alexa-tracking

Sebagai Bentuk Legitimasi, MUI Pusat akan Sertifikasi Mubaliq

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0cdfd4a2c06ed1578b4570/sebagai-bentuk-legitimasi-mui-pusat-akan-sertifikasi-mubaliq
Sebagai Bentuk Legitimasi, MUI Pusat akan Sertifikasi Mubaliq
Sebagai Bentuk Legitimasi, MUI Pusat akan Sertifikasi Mubaliq

JPP, PONTIANAK - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat memandang polemik 200 nama mubaliq rekomendasi Kementerian Agama hanyalah salah faham. Sebab, rilis Kemenag yang berdasarkan permintaan dan usulan-usulan baru 200 mubaliq, selanjutnya nanti 500 mubaliq, dan seterusnya.

Namun, karena DPR minta agar rekomendasi tersebut dicabut dan diserahkan ke MUI, kini setelah rekomendasi itu sudah dicabut MUI akan memberikan sertifikat kepada mubaliq-mubaliq dan dai-dai yang mau dan memenuhi kriteria, artinya tidak bermasalah.

Ketua MUI Pusat KH Ma’ruf Amin seusai mengikuti buka puasa bersama di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Senin (28/052018) menjelaskan, kriteria tidak bermasalah tersebut yaitu masalah kompetensi dan bermasalah dengan hukum.

“Kalau dia tidak punya kompetensi, tidak akan diberi oleh MUI, kedua ada bermasalah dengan hukum misalnya atau dengan moral, jadi nanti kita akan memberikan sertifikat-sertifikat untuk menjadi legalitas dia, tandanya apa ya ini sertifikat. Kalau dikomitmen kebangsaan jelas termasuk, harus tidak akan kita beri kalau dai ndak punya komitmen kebangsaan,” tegasnya.

Ketika ditanya tentang mubaliq atau dai yang tidak bersedia didisertifikasi apakah tetap dapat ceramah, Ketua MUI Pusat KH Ma’ruf Amin memempersilakan untuk tetap berceramah asalkan ada yang mengundang, hanya saja yang bersangkutan tidak punya pengakuan dari MUI.

“Menag tidak boleh, itu saja dicabut yang 200, sebenarnya kalau saya tidak ada masalah asalkan tidak dibatasi 200, tetapi karena DPR sudah mencabut ya sudah. Ya kalau MUI tidak membuat daftar tetapi  tetapi akan memberi sertifikat yang mau,” tegas Ketua MUI Pusat.

Ma’ruf Amin menyatakan, uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat bagi mubaliq atau dai yang bersedia segera dilaksanakan dan dijalankan. Menurutnya pemberian sertifikat oleh MUI kepada mubaliq tersebut semata untuk memberikan perlindungan, memberikan legitimasi bahwa mubaliq ini bagus dan tidak bermasalah. (rri)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...fikasi-mubaliq

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Sebagai Bentuk Legitimasi, MUI Pusat akan Sertifikasi Mubaliq Satgas Pangan Jamin Distribusi Sembako Selama Ramadhan 2018

- Sebagai Bentuk Legitimasi, MUI Pusat akan Sertifikasi Mubaliq Kemenag Siap Salurkan Rp4,5 M Dana Bantuan Pengabdian Masyarakat

- Sebagai Bentuk Legitimasi, MUI Pusat akan Sertifikasi Mubaliq Gunung Merapi Erupsi Lagi

×