alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Indonesia Optimis Terpilih sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0cd8e8162ec2e5648b4572/indonesia-optimis-terpilih-sebagai-anggota-tidak-tetap-dk-pbb

Indonesia Optimis Terpilih sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB

Indonesia Optimis Terpilih sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB

CNN Indonesia - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengaku optimis Indonesia bakal terpilih sebagai satu dari sepuluh anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB) periode 2019-2020 mendatang.

Menurut Retno, Indonesia memiliki kontribusi dan rekam jejak yang sangat nyata dalam mendukung perdamaian dan penyelesaian konflik di seluruh belahan dunia.

"Kami optimis, Indonesia bisa terpilih, mohon doanya saja. Kalau dilihat dari track record , banyak kontribusi yang sudah dan terus dilakukan Indonesia ke dunia. Dan ini mudah-mudahan terekam dengan baik dan mampu menjadi pendorong negara-negara lain untuk dukung Indonesia," kata Retno kepada wartawan seusai menghadiri acara buka puasa bersama para duta besar negara sahabat di kantornya di Jakarta, Senin (28/5).

Saat ini, menurut Retno, Indonesia masih terus mempersiapkan diri menjelang pemilihan yang akan berlangsung 8 Juni mendatang. Rencananya, delegasi Indonesia yang ia pimpin akan bertolak ke New York, Amerika Serikat, pada 3 Juni untuk persiapan sebelum hari H pemilihan.

"Saya akan terbang ke New York lagi Minggu pekan ini untuk pemilihan anggota DK PBB karena

election -nya tanggal 8 Juni. Sebelum pemilihan, kami terus memaksimalkan lobi-lobi dengan negara lain agar mau dukung Indonesia," jelas dia.

Beberapa waktu lalu, Direktur Keamanan Internasional dan Pelucutan Senjata Kemlu RI, Grata Endah Werdaningtyas mengatakan Indonesia sudah memiliki dukungan melebihi ambang batas dua pertiga dari suara dibutuhkan untuk mengamankan kursi di DK PBB.

Indonesia bersaing dengan Maladewa untuk mewakili kawasan Asia Pasifik di DK PBB. Sementara itu, Jerman dan Belgia akan bersaing untuk mewakili kawasan Eropa Barat.
Di belahan dunia lain, Argentina dan Republik Dominika akan merepresentasikan Amerika Latin. Kawasan Afrika akan diwakili Afrika Selatan atau Namibia.

Jika terpilih, Retno mengatakan akan ada empat agenda prioritas yang dibawa Indonesia ke DK PBB. Pertama , Indonesia akan melanjutkan bahkan meningkatkan kontribusinya terhadap perdamaian dunia, termasuk menambah pasukan dalam misi perdamaian PBB.

Kedua, Indonesia juga akan mendorong penguatan relasi antara PBB dengan organisasi regional di setiap kawasan.

"Penguatan hubungan PBB dengan organisasi regional ini penting karena melihat keadaan saat ini yang dinamis, organisasi regional menjadi pihak yang paling cepat masuk dalam suatu konflik atau perkembangan di suatu kawasan," kaat Retno.

Ketiga, Retno memaparkan Indonesia ingin mendorong perdamaian agar sejalan dengan agenda pembangunan berkelanjutan PBB atau Sustainable Development Goals (SDGs). Menurutnya, agenda pembangunan apa pun tidak akan bisa tercapai jika perdamaian tidak bisa terjamin.

"Terakhir, kami ingin DK PBB bisa memperkuat kerja sama untuk menangani kejahatan trans-nasional sebab masalah ini perlu penanganan bersama, tidak bisa sendiri-sendiri," ujar dia.



kalau bener terpilih, lumayan bisa mengatrol daya tawar Indonesia dan menjadi kekuatan raksasa regional
Diubah oleh president.putin
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Indonesia saingan sama maladewa ? gimana jadinya kalo maladewa yg terpilih buat mewakili asia pasifik ?
Quote:


di atas kertas Indonesia menang banyak
Gw berharap indonesia jadi dewan tetap lahh
kok bisa maladewa ikut nyalon yak?
negara seupil gitu, penduduk cuma sekecamatan..

ah elahh
Quote:


nggak bisa bro, yang jadi anggota dewan keamanan tetap PBB itu cuma negara besar yang punya power, yaitu AMERIKA SERIKAT, RUSIA, CHINA, PERANCIS, dan INGGRIS..

semuanya negara pemenang perang dunia 2
Baru kali ini ibu menteri ini tidak berbicara tentang Palestine karena biasanya setiap ada kesempatan berbicara di forum internasional dan/atau bila bertemu dengan pejabat negara lain selalu membicarakan tentang Palestine; seperti tidak ada agenda yang lain yang dimiliki Indonesia, sampai-sampai ada yang menjulukinya sebagai "Menteri Luar negeri Palestine"..


emoticon-Ngacir
Diubah oleh dishfire
Quote:


cina perasaan kagak ikutan wwII
Quote:


Mungkin sudah bosan...urusan laen masih banyak
Quote:


lu bocah ngumpet dimane selama ini tong?
belajar dulu gih sono
Quote:


Intinya China ikut berperang lawan Jepang, waktu itu PARTAI KOMUNIS dan KUOMINTANG bersatu buat ngusir Jepang dari China, Tapi Namanya masih Republik of China,. PRC Belum terbentuk waktu itu..
Quote:


sok blagu om perut lebar
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

coba ente jelasin peranan china di ww2 yg setara dgn peran amrik, ussr, dan inggris.. kl kagak bisa berarti om2 bacot lu..
Quote:


Australia juga ikut declared war against germany..
Tp ga masuk kok?
Quote:


Yunani kok nggak masuk?
In December 1940, Greece invaded Italian-held Albania. In April 1941, Greece was invaded by Germany. Allied troops entered Greece in October 1944, and all remaining Axis forces in Greece surrendered on November 4, 1944.

Canada kok nggak?
On September 10, 1939, Canada declared war on Germany, shortly after the Germans invaded Poland and Britain, France, Australia, and New Zealand declared war.
Within a few months -- on December 18, 1939 -- the first Canadian troops arrived in Britain. By the end of the war over 40,000 Canadian fighting men would be killed.
Diubah oleh geert.wilders
maksudnya masuk jadi anggota tetap DK PBB ???? PRC itu menggantikan ROC jadi anggota DK PBB pada taun 1970 an..
Diubah oleh matthysse76
Quote:


iye gan..
kl alasan china jadi anggota DK PBB karena ikut WW2
Quote:


mungkin diambil yang punya Power aja bre, Kanada dan Australia mungkin nggak terlalu besar perannya dibandingkan amerika serikat, inggris, dan perancis..

kalo Rusia mah jelas uni soviet bagaiimana mengepung nazi jerman..
Quote:


Apalagi peran china.. china dijajah jepang, berhasil usir emang, tp ga lawan jerman, ga nyerang ke jepang. Lebih sbg korban macam indonesia.
Jd bukan gara2 ww2..
Quote:


entah kurang tau kalao si China systemnya bagaimana kok bisa jadi anggota tetap DK PBB dulu... kalo nggak salah mungkin faktor luas wilayahnya dikawasan aja kali..

ane pernah baca yang mayoritas anggota DK PBB itu emang pemenang perang dunia 2,

3 negara sekutu (blok barat) amerika serikat, inggris, dan perancis

1 negara blok timur (Uni Soviet) sekarang digantikan Russia
Quote:


Quote:


Quote:


Russia forced United Nations members to make China as permanant member. ... Thus, PRC became a member of UN. Before it's admission, ROC held a seat in UN Security Question. So, PRC was regarded as a successor state to ROC and hence, it became a member of United Nations Security Council.
Quote:


emang tuh PRC menggantikan ROC yang sekarang di Taiwan sebagai wakil China yang sah di PBB..

untuk anggota tetap DK PBB emang harusnya reformasi total, disesuaikan dengan perkembangan jaman..

soalnya hanya menyangkut kepentingan negara negara besar doang... contohnya Hak Veto, negara kecil mah bisa apa ???.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di