alexa-tracking

Turut Kawal Anak KPM Berprestasi, Pemerintah Apresiasi Pendamping PKH

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0cd05598e31b45658b4574/turut-kawal-anak-kpm-berprestasi-pemerintah-apresiasi-pendamping-pkh
Turut Kawal Anak KPM Berprestasi, Pemerintah Apresiasi Pendamping PKH
image-url-apps
Turut Kawal Anak KPM Berprestasi, Pemerintah Apresiasi Pendamping PKH

JPP, PALEMBANG - Apresiasi diberikan kepada Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) yang turut mengawal anak-anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH meraih berbagai prestasi. 

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat saat menyampaikan arahan di hadapan 415 Pendamping PKH di Sumatra Selatan dalam rangka Bimbingan Pemantapan Pendamping PKH di Palembang, mengatakan bahwa anak-anak berprestasi tidak lepas dari peran penting Pendamping PKH. 

“Anak-anak KPM PKH banyak yang berprestasi, tentunya ini tak lepas dari peran penting Pendamping PKH. Kementerian Sosial memberikan apresiasi tertinggi kepada saudara semua yang telah mengharumkan nama PKH dengan berbagai capaian positif,” kata Dirjen, disambut tepuk tangan hadirin. 

Harry menyebutkan, salah satu siswa berprestasi dari Sumatra Selatan adalah Tiara Ramadhani. Anak KPM PKH ini lahir di Prabumulih, 6 Desember 2001. Rara, sapaan akrabnya, merupakan anak pertama dari dua bersaudara pasangan almarhum Abdul Rohim (67 tahun), dan Tapyati (46 tahun).

Rara merupakan pelajar kelas 11 MIPA dari SMA Negeri 1 Prabumulih. Ia adalah juara umum Festival Sriwijaya dari tahun 2011-2017, juara 1 Teater monolog Tingkat Nasional, serta juara 1 Nyanyi Festival dan Lomba Senin Siswa Nasional (FSL2N) tingkat Provinsi Sumatra Selatan.

Saat ini, Rara menjadi Juara 2 di pentas Liga Dangdut Indonesia di Indosiar, Rara bersaing dengan Silfi dari Sulawesi Selatan yang juga merupakan Anak KPM PKH. Bahkan Silfi menjadi Juara 1 dalam kompetisi tersebut. Luar biasa 2 anak dari KPM PKH berprestasi di tingkat nasional. 

Seperti diketahui berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018, PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluaga dan atau seseorang yang miskin dan rentan miskin, yang terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin. Datanya diolah Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial dan ditetapkan sebagai KPM PKH. 

Adapun tujuan Program Keluarga Harapan (PKH), di antaranya meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial, mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin, menciptakan kemandirian bagi keluarga penerima manfaat dalam mengakses layanan kesehatan dan pendidikan, mengurangi kemiskinan dan kesenjangan, serta mengenalkan produk dan jasa keuangan formal kepada KPM. 

PKH pun menjadi program prioritas nasional karena mempunyai dampak langsung yang signifikan terhadap pengurangan kemiskinan dan kesenjangan dengan meningkatkan daya beli masyarakat yang kurang mampu melalui bantuan sosial nontunai yang diberikan.

PKH juga terbukti menjadi program bantuan sosial yang mendorong kreativitas keluarga dalam meningkatkan produktivitasnya serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam keluarga melalui akses terhadap layanan pendidikan dan kesehatan. (sos)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...pendamping-pkh

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Turut Kawal Anak KPM Berprestasi, Pemerintah Apresiasi Pendamping PKH Kemlu Imbau WNI Tak Lagi Masuki Yaman

- Turut Kawal Anak KPM Berprestasi, Pemerintah Apresiasi Pendamping PKH TNI-Polri Harus Bangun Komunikasi Antara Pemimpin dan Anak Buah

- Turut Kawal Anak KPM Berprestasi, Pemerintah Apresiasi Pendamping PKH BIJB Kertajati Beroperasi, Berharap Pariwisata Jabar Melejit