alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Pendamping dan KPM PKH Harus Kreatif Manfaatkan Asian Games
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0ccb2e98e31b78648b456d/pendamping-dan-kpm-pkh-harus-kreatif-manfaatkan-asian-games

Pendamping dan KPM PKH Harus Kreatif Manfaatkan Asian Games

Pendamping dan KPM PKH Harus Kreatif Manfaatkan Asian Games

JPP, PALEMBANG - Momentum pesta olahraga Asian Games 2018 di Palembang harus bisa dimanfaatkan secara positif oleh Pendamping Program Keluarga Harapan dan Keluarga Peerima Manfaat (KPM) di Sumatra Selatan, misalnya dengan menjual berbagai produk makanan, minuman, suvenir khas Palembang, atau oleh-oleh. 

"Manfaatkan momentum Asian Games 2018 untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Pendamping PKH bisa berkreativitas kira-kira apa yang ingin dilakukan menyongsong Asian Games. Libatkan KPM PKH," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat saat menyampaikan arahan di hadapan 415 Pendamping PKH di Sumatra Selatan dalam rangka Bimbingan Pemantapan Pendamping PKH di Palembang. 

Dirjen mengatakan, bagi KPM PKH yang sudah merintis usaha bisa mencoba membuka lapak di tempat strategis. Sementara Pendamping PKH dapat memberikan arahan dan bimbingan agar penerima manfaat lebih kreatif dalam meningkatkan produktifitas keluarga, salah satunya dengan membuka usaha baik perorangan maupun kelompok.

Dia menegaskan, jika penerima PKH membutuhkan tambahan modal, bisa mendapatkan lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang sudah diprogramkan oleh pemerintah untuk tambahan modal membuka usaha agar lebih berkembang lagi. 

"Dinsos bisa memfasilitasi dengan mengundang Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) untuk menjelaskan permodalan yang bisa diperoleh, apakah melalui program kemitraan, program bina lingkungan, dana hibah, dana CSR, maupun Kredit Usaha Mikro," katanya.

Dirjen mengatakan bansos PKH telah disalurkan secara non tunai sejak tahun 2016. Bank-bank milik pemerintah seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN menjadi bank penyalur bansos yang dicairkan empat kali dalam setahun. Hal ini, lanjutnya mendorong KPM PKH mengenal dunia perbankan. 

"Dengan mengenal perbankan, berikutnya mereka akan mengenal beragam produk-produk layanan perbankan misalnya kredit usaha rakyat, kredit usaha mikro kecil menengah, dan beragam layanan perbankan lainnya yang membantu mereka dalam mengembangkan usaha," papar Harry. 

PKH, pada akhirnya, terbukti meningkatkan inklusi keuangan pada kelompok masyarakat yang berpenghasilan rendah. Di sinilah, lanjut Dirjen, Pendamping PKH harus mengawal prosesnya agar memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk penerima manfaat. 

Perhelatan Asian Games 2018 akan berlangsung di Indonesia pada Agustus mendatang. Ajang multi event terbesar kedua setelah Olimpiade ini merupakan ajang olahraga paling bergengsi yang diselenggarakan oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA/Olympic Council of Asia). Serupa dengan Olimpiade, Asian Games diadakan setiap empat tahun, dan edisi ke-18 akan diselenggarakan di Jakarta-Palembang Tahun 2018.

Asian Games ke-18 yang dimulai pada 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 ini akan digelar di Gelanggang Olahraga Bung Karno Jakarta dan Jakabaring Sport City Palembang. Ajang pesta olahraga ini akan diikuti oleh sekitar 15.000 atlet yang berasal dari 45 negara di ASIA yang akan berlaga di 42 cabang olahraga.(sos) 


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...an-asian-games

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Pendamping dan KPM PKH Harus Kreatif Manfaatkan Asian Games Paviliun Indonesia di Venice Architecture Biennale 2018 Resmi Dibuka

- Pendamping dan KPM PKH Harus Kreatif Manfaatkan Asian Games Kepala Bekraf Berharap Arsitek Indonesia Mendunia

- Pendamping dan KPM PKH Harus Kreatif Manfaatkan Asian Games 10 Ribu Penari untuk Acara Pembukaan AG 2018 Jalani Latihan

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di