alexa-tracking

THR untuk ormas, silakan selama tak dipaksa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0ca6149e740472528b4585/thr-untuk-ormas-silakan-selama-tak-dipaksa
THR untuk ormas, silakan selama tak dipaksa
THR untuk ormas, silakan selama tak dipaksa
Foto ilustrasi pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).
Ini isu klasik yang selalu berulang setiap menjelang Hari Raya Idulfitri. Uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang rutin dibagikan setiap tahun kepada para pekerja formal, baik PNS maupun swasta, membuat kalangan di luar itu juga berminat "mencicipi". Salah satunya adalah kelompok organisasi massa (ormas).

Pekan lalu, pengurus ormas Forum Betawi Rembug (FBR) G.021 Kelapa Gading, Jakarta Utara, meminta THR kepada pengusaha di sekitarnya. Permintaan itu ditunjukkan dengan peredaran foto selebaran surat berkepala surat FBR Kelapa Gading di media sosial.

Belakangan, seorang pengguna Twitter mengunggah permintaan THR kepada pemilik kendaraan bermotor di wilayah Patra Kuningan Selatan, Jakarta Selatan. Surat disertai lembaran tanda terima itu juga menggunakan kepala surat FBR.
Pak @aniesbaswedan selain di Kelapa Gading, ternyata ada lagi nih pak FBR yang minta THR di daerah Patra Kuningan. Perlu dikasih apa gimana nih pak? pic.twitter.com/gCuziK9SmU
— Syalisha Latifah (@chalicaa) May 27, 2018
Luthfi Hakim, Ketua FBR, membenarkan permintaan itu. Luthfi menjelaskan THR itu demi kegiatan sosial pada masa Ramadan dan bukan untuk keperluan pribadi. Pun FBR tidak akan mempermasalahkan jika ada pengusaha yang tidak memberikan.

"Jadi lucu-lucuan saja, sekalian tes si pengusaha. Kalau mengasih Alhamdulilah, tidak mengasih tidak apa-apa, tidak ada paksaan," ucap Luthfi dikutip CNNIndonesia.com, Minggu (27/5/2018).

Sementara Panglima FBR Syahrul Gozali mengatakan segala surat permintaan THR hanya hoaks. FBR tidak pernah mengeluarkan perintah untuk meminta THR.

Namun, FBR tidak menolak jika ada perusahaan yang secara sukarela memberikannya. Apalagi untuk kegiatan pengamanan lingkungan.

"Tapi kalau ada perusahaan yang memberikan kan boleh-boleh saja. Kalau pada balik kampung kan orang Betawi yang jagain," kata Syahrul dalam detikcom.

Di sisi lain, Ketua Koordinator Wilayah Forum Betawi Rempug ( FBR) Jakarta Barat, H Mudjamil, justru tengah mencari oknum yang mencatut nama FBR untuk menyebarkan surat permohonan THR ke sejumlah perusahaan.

Menurut Mudjamil kepada Kompas.com (h/t Tribunnews.com), hal seperti ini selalu terjadi setiap tahun. Pada tahun lalu, pihaknya pun menangkap oknum yang melakukan itu.

Adapun Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta Darwis M Aji mengimbau para ormas tidak meminta THR kepada siapapun, termasuk pengusaha. Andai meminta, para ormas diharapkan tidak memaksa lantaran itu sudah masuk ranah premanisme dan bisa dipidanakan.

Soal tanpa pemaksaan juga disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. Argo mengatakan polisi tak akan mempermasalahkan selama permintaan itu tidak disertai pemaksaan.

"Jadi ada beberapa (ormas) yang menyampaikan aspirasi atau meminta (THR) ke perusahaan, kalau perusahaan itu ada, lalu memberikan itu tidak masalah. Tapi jangan ada paksaan," kata Argo dilansir Suara.com, Senin (28/5).

Urusan "tak ada pemaksaan" pula yang diajukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies bahkan menyarankan para pengusaha melapor ke polisi apabila permintaan THR dari para ormas dilakukan dengan pemaksaan (Merdeka.com).

Sedangkan Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria sekaligus Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria mengatakan permintaan sumbangan THR oleh ormas ke pengusaha tidak ada larangannya.

Riza mengatakan meminta bantuan kepada siapa saja boleh, bahkan meminta bantuan kepada presiden pun tidak dilarang. "Selama anggarannya ada dan peruntukkannya dimungkinkan, dapat dipertanggungjawabkan ya," kata Riza.

Sementara Ketua DPP NasDem Irma Chaniago mempertanyakan dasar hukum tindakan ormas meminta THR kepada perusahaan. Namun, Irma juga tidak akan mempermasalahkan jika sumbangan dari perusahaan datang melalui pos tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

"Jika meminta THR dan perusahaan tersebut rela memberikan melalui dana CSR dalam artian bukan dengan cara-cara yang tidak tepat, saya kira silakan saja," katanya.

Urusan ini pun sampai pula ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo mengatakan Pemprov DKI bisa mencabut izin pendaftaran ormas apabila permintaan THR diwarnai tindakan pemerasan.

"Pemda (juga) dapat menindaklanjuti dengan menegur dan memperingatkan ormas yang bersangkutan," kata dia.
THR untuk ormas, silakan selama tak dipaksa


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ma-tak-dipaksa

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- THR untuk ormas, silakan selama tak dipaksa Morgan Freeman juga tersandung isu pelecehan seksual

- THR untuk ormas, silakan selama tak dipaksa Trump dan Kim jadi bertemu, Singapura berbenah

- THR untuk ormas, silakan selama tak dipaksa Gaji pejabat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dalam sorotan

Mulut si anis gampang bilang klo ad pemaksaan lapor.

Tanpa jaminan itu ormas ga bakal ngrusuh balik pas diciduk.

emoticon-Ngakak