alexa-tracking

Pernikahan Usia Anak Kembali Terjadi, Ini Kata KPAI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b0c57f6ded7701a4d8b456c/pernikahan-usia-anak-kembali-terjadi-ini-kata-kpai
Pernikahan Usia Anak Kembali Terjadi, Ini Kata KPAI
Pernikahan Usia Anak Kembali Terjadi, Ini Kata KPAI

Jakarta, IDN Times – Pernikahan usia anak kembali terjadi di tanah air. Kasus terbaru terjadi di daerah Tulungagung, Jawa Timur. Seorang siswi SMP diketahui dihamili anak SD. Kasus ini menjadi pembahasan di tengah masyarakat sejak Kamis (24/5) pekan lalu. KPAI turut bersuara menanggapi kasus tersebut.

“Kasus-kasus perkimpoian usia anak tidak hanya terjadi di Tulungagung. Terjadi juga di beberapa titik daerah, Lebak, Banten, Jawa Tengah, dan tulungagung,” tutur Susanto selaku ketua komisioner KPAI. “Undang-undang Perlindungan Anak menegaskan bahwa orang tua wajib mencegah perkimpoian usia anak.”

Hal ini menurutnya harus mendapat perhatian seluruh pihak. KPAI menyampaikan keprihatinannya terkait kasus yang terjadi di Tulungagung.


1. Perlu peranan pemerintah daerah dan orangtua
Pernikahan Usia Anak Kembali Terjadi, Ini Kata KPAI
IDN Times/Margith Juita Damanik



UU Perlindungan Anak Pasal 26 ayat 1 menyebutkan bahwa menjadi kewajiban dan tanggung jawab orangtua untuk mencegah perkimpoian pada usia anak. Hal ini menurut Susanto harus mendapat perhaian seluruh pihak.

Disebutkan pula oleh Susanto, pihak yang harus memperhatikan hal ini selain orang tua adalah pemerintah daerah. “Karena pemerintah daerah punya kewajiban untuk melakukan segala upaya untuk mencegah perkimpoian dini,” kata Susanto.

Baca juga: Dari Balik Jeruji Besi, Putri Ratu Dangdut Elvy Sukaesih Tetap Berpuasa


2. Perkimpoian bukan jadi solusi
Pernikahan Usia Anak Kembali Terjadi, Ini Kata KPAI
IDN Times/Margith Juita Damanik



Ai Maryati Solihah selaku Anggota Komisioner KPAI menyampaikan ada setidaknya 120 kasus angka dispensasi perkimpoian. Angka ini terkategori tinggi. Angka UNICEF sendiri menyebutkan pada tahun 2015 prevalensi perkimpoian anak sebesar 23 persen. Dengan kata lain, satu dari lima perempuan yang berada di usia 20-24 tahun melakukan perkimpoian di bawah usia 18 tahun.

Namun KPAI menilai bahwa perkimpoian tidak dapat dijadikan solusi tepat untuk kasus ini. “Upaya perkimpoian bukan solusi yang tepat,” tutur Ai Maryati. “Evaluasi pengasuhan terhadap anak menjadi prioritas.” .

Kebutuhan fisik dan psikologis anak menjadi hal yang penting untuk dipenuhi oleh orang tua. Juga terkait edukasi kesehatan reproduksi. “Orang tua harus dimampukan memastikan pendidikan terhadap anak terpenuhi,” kata Ai Maryati lagi.


3. Usia ideal menikah berdasarkan undang-undang
Pernikahan Usia Anak Kembali Terjadi, Ini Kata KPAI
IDN Times/Margith Juita Damanik



Menurut KPAI usia ideal menikah adalah 21 tahun sebagaimana UU Perkimpoian. KPAI menolak keras perkimpoian usia anak. Bagi KPAI hal ini perlu untuk diperhatikan oleh pemerintah dan masyarakat agar tidak semakin banyak terjadi.

KPAI sendiri melihat bahwa dampak dari pernikahan usia anak sangat luar biasa. Dampak yang bisa ditimbulkan mulai dari putusnya pendidikan, kemiskinan yang menular dan aspek kesehatan yang tidak hanya berdampak bagi anak tersebut namun bagi seluruh SDM bangsa Indonesia. 

Edukasi kepada orang tua tentang pernikahan usia anak menjadi hal yang diimbau oleh KPAI untuk terus dilakukan. KPAI juga mengapresiasi KUA yang berusaha untuk menekan angka pernikahan usia anak agar semakin sedikit.

Baca juga: Kasus Remaja Hina Presiden, KPAI: Ada Keinginan Dapat Pengakuan dari Sebaya

 



Sumber : https://news.idntimes.com/indonesia/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Pernikahan Usia Anak Kembali Terjadi, Ini Kata KPAI Perdana, PM India Narendra Modi akan Berkunjung ke Jakarta

- Pernikahan Usia Anak Kembali Terjadi, Ini Kata KPAI Gelar BRI – Nike Warehouse Sale, BRI Beri Diskon Hingga 80%

- Pernikahan Usia Anak Kembali Terjadi, Ini Kata KPAI Mahasiswi IAIN Tulungagung Diduga Terlibat ISIS, Orangtua Depresi

image-url-apps
Nice info deh kakak
×