alexa-tracking

Di Revisi UU Terorisme Ada Bab Baru, Ini Isinya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afd9a4dddd7702a7d8b4567/di-revisi-uu-terorisme-ada-bab-baru-ini-isinya
Di Revisi UU Terorisme Ada Bab Baru, Ini Isinya
Di Revisi UU Terorisme Ada Bab Baru, Ini Isinya
Mei 17, 2018 19:57

Dalam Bab VIIA Pencegahan Tindak Pidana Terorisme Bagian Kedua Kesiapsiagaan Nasional pada Pasal 43B memuat empat ayat. Ayat (1) Kesiapsiagaan nasional sebagaimana dimaksud dalam Pasal 43A ayat (3) huruf a dilakukan oleh pemerintah guna mengantisipasi terjadinya tindak pidana terorisme. (2) Pelaksanaan kesiapsiagaan nasional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh kementerian/lembaga yang terkait di bawah koordinasi badan yang menyelenggarakan urusan di bidang penanggulangan terorisme.

Sementara Pasal 43B ayat (3) Kesiapsiagaan Nasional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat, peningkatan kemampuan aparatur, peningkatan sarana prasarana, pengembangan kajian terorisme, serta pemetaan wilayah rawan paham radikal terorisme. Ayat (4) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara dan pelaksanaan kesiapsiagaan nasional diatur dalam Peraturan Pemerintah.

Dalam Bab VIIA Pencegahan Tindak Pidana Terorisme Bagian Ketiga Kontra-Radikalisasi Pasal 43C juga memuat empat ayat. Ayat (1) Kontra-radikalisasi merupakan suatu proses yang terencana, terpadu, sistematis dan berkesinambungan yang dilaksanakan terhadap orang atau kelompok orang yang rentan terpapar paham radikal terorisme yang dimaksudkan untuk menghentikan penyebaran paham radikal terorisme.

Ayat (2) Kontra-radikalisasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh pemerintah yang dikoordinasikan oleh badan yang menyelenggarakan urusan di bidang penanggulangan terorisme dengan melibatkan kementerian/lembaga terkait. Ayat (3) Kontra-radikalisasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan secara langsung atau tidak langsung melalui kontra narasi, kontra- propaganda, atau kontra ideologi. Ayat (4) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pelaksanaan kontra-radikalisasi diatur dalam Peraturan Pemerintah.

Dalam Bab VIIA Pencegahan Tindak Pidana Terorisme Bagian Keempat Deradikalisasi Pasal 43D memuat tujuh ayat. Ayat (1) Deradikalisasi merupakan suatu proses yang terencana, terpadu, sistematis, dan berkesinambungan yang dilaksanakan untuk menghilangkan atau mengurangi dan membalikkan pemahaman radikal terorisme yang telah terjadi.
http://www.aktual.com/di-revisi-uu-t...-ini-isinya/2/


Revisi UU Terorisme Harus Memihak ke Korban Aksi Teroris
Juni 3, 2017 15:30

Di Revisi UU Terorisme Ada Bab Baru, Ini Isinya
Dari kiri ke kanan, Sekretaris F-Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sukamta, Komisioner Komnas HAM, Imdadun Rahmat, Kasubdit Minat Bakat dan Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Kemenristekdikti, Asep Supanda, Kepala BNPT, Tito Karnavian dan Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PKS, Aboe Bakar Alhabsyi, saat mengisi acara Seminar 'Radikalisasi dan Terorisme dalam Perspektif NKRI' di Ruang Ex-Banggar, Gedung Nusantara 1, Lantai 1, Senayan, Jakarta, Kamis (21/4). Fraksi PKS berkomitmen akan mengawal serius revisi UU Terorisme ini agar jangan sampai menjadi Abuse of Power bagi pihak-pihak yang berkepentingan. AKTUAL/HO

Jakarta, Aktual.com – Mantan terpidana kasus terorisme Sofyan Tsuari mengatakan, revisi Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme harus memuat jumlah kompensasi yang ditujukan untuk para korban aksi terorisme.

“Korban harus diberi kompensasi yang layak. RUU agar bersikap adil terhadap para korban. Pemerintah harus hadir dalam penanganan korban,” kata Sofyan dalam diskusi bertajuk Membedah Revisi Undang-undang Anti Terorisme di Jakarta, Sabtu (3/6).

Sofyan yang merupakan mantan anggota Al Qaeda ini mengatakan bahwa terorisme adalah ancaman yang nyata, dan berpotensi menimbulkan banyak korban tak berdosa.

Untuk itu, dia meminta DPR agar objektif dalam menggodok RUU Pemberantasan Terorisme supaya mencegah banyak korban berjatuhan akibat aksi terorisme.

Sementara anggota Panitia Khusus Revisi Undang-undang Pemberantasan Terorisme Bobby Adhityo Rizaldi mengakui bahwa pandangan anggota DPR masih terbelah dalam merumuskan RUU Terorisme.
http://www.aktual.com/revisi-uu-tero...-aksi-teroris/

-----------------------------------

Debat melulu ... semenatara terorisnya terus berkembang-biak dan beranak-pinak ... dan semakin canggih aja taktik dan strateginya serta intelejennya (kata Kapolri) ....kasihan rakyat yang jadi korban dan tumbalnya!


emoticon-Takut:
image-url-apps

Rasa rasanya terorisme kan bisa pakai kuhp uu terorisme juga sudah ada
Terus buat apa lagi sih energi bangsa ini habis hanya untuk sekedar merevisi uu terorisme..

Kasian dpr banyak kerjaan nya loh, mereka bukan hanya ngurusin ruu terorisme doang, banyak uu yang lebih urgemt umtuk dibuat atau direvisi
image-url-apps
Quote:


gr8 b8 m8
KASKUS Ads
image-url-apps
Revisi2 mulu, dari kemaren2 yg terduga2 bukannya udah pada dimatiin
image-url-apps
Quote:


lagi sarkas atau ente emang tolol ???
glorifying terrorism masuk pidana nga ?

kalo masuk bakalan banyak member kaskus kena cyduk emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
image-url-apps
Makin muak ama partai pro teroris, jijik
image-url-apps
Quote:


Dia memang goblog dan tolol.emoticon-Smilie
image-url-apps
Quote:


mulai kapan jadi anak band?
image-url-apps
lebih untung ternak teroris drpada ternak hewan disenayan

emoticon-Leh Uga
image-url-apps
harusnya dalam undang terbaru ini diatur juga tentang ciri ciri organisasi teroris, dan dibentuk semacam tim yg berhak menvonis suatu organisasi disebut teroris
sehingga negara bisa bertindak lebih terarah
Melihat ayat "kontra-radikalisasi" ini, gak heran kubu nasbung kelojotan.emoticon-Wakaka
image-url-apps
Quote:


iya gan 2 tahun gak kelar2. emang itu UU srlama 730 hari di apain ya
image-url-apps
Quote:


Jadi mereka pura2 belasungkawa demi nama baik kampanye politik ya emoticon-Amazed
image-url-apps
Quote:


history postnya menjelaskan option yg lu buat
nastak teloris berkedok lilin
image-url-apps
Cara paling gampang nangkep teroris ya tinggal keluarin itu uu anti teroris, liat siapa yg kelojotan, nah dialah teroris atau paling gk dukung teroris

Kalo boss bikin aturan dilarang datang terlambat ke kantor apakah karyawan yg gk pernah datang terlambat bakal protes? Pasti cuma karyawan yg hobi dateng telat yg protes
Kalau bisa Polisi dikasih izin untuk menyelidiki, merazia, dan menangkap simpatisan dan antek Teroris.
image-url-apps
Quote:


Nah. Ini.
emoticon-Leh Uga
image-url-apps
terlalu bnyak drama di atas meja...ntr ujung2 klo udh bnyak korban .baru dah treak2...
×