alexa-tracking

Tiga indeks baru jadi acuan investasi saham

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afd6b05dbd77087258b4568/tiga-indeks-baru-jadi-acuan-investasi-saham
Tiga indeks baru jadi acuan investasi saham
Tiga indeks baru jadi acuan investasi saham
Pekerja melintas dengan latar belakang pergerakan Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Jakarta, Selasa (15/5/2018). BEI menetapkan 3 indeks baru yang bisa digunakan sebagai acuan investasi.
Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan tiga indeks saham baru, Kamis (17/5/2018). Ketiga indeks itu adalah IDX High Dividend 20, IDX BUMN20, dan Jakarta Islamic Index 70 (JII70).

Indeks IDX High Dividend 20 adalah 20 saham perusahaan yang tercatat di BEI yang secara rutin membagikan deviden tunai selama tiga tahun terakhir. Sementara indeks IDX BUMN20 merupakan daftar saham perusahaan milik pemerintah, atau anak usahanya. Sedangkan JII70 adalah indeks 70 saham syariah yang memiliki kapitalisasi pasar dan likuiditas transaksi tinggi.

“BEI berharap ketiga indeks saham baru ini dapat menjadi menjadi alternatif acuan bagi para investor dan pengelola dana dalam melakukan investasi,” kata Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan BEI Oskar Herliansyah, seperti dikutip dari Katadata.co.id, Kamis (17/5/2018).

Indeks IDX High Dividend 20 dihitung dengan cara menilai kapitalisasi pasar dan jumlah saham beredar di publik (free float) sebagai bobot dengan penyesuaian menggunakan imbal hasil. Bobotnya dinilai maksimal 15 persen.

IDX BUMN20 dihitung dengan menjadikan kapitalisasi pasar sebagai bobot. Bobot kapitalisasi ini paling tinggi maksimal 15 persen.

Sedangkan indeks JII70 dihitung dengan bobot kapitalisasi pasar dan rata-rata nilai transaksi harian di pasar reguler

Untuk pemilihan tahun dasar penilaian atau base value, BEI memilih tahun dasar 2009. Untuk IDX High Dividend 20 dan IDX BUMN20 tanggal dasar ditetapkan 30 Januari 2008 dengan nilai dasar 100. Sementara, JII70 tanggal dasar ditetapkan 29 Mei 2009.

Direktur Utama BEI, Tito Sulistio mengungkapkan, alasan pemilihan tahun dasar 2009 agar pergerakan saham-saham penghuni ketiga indeks ini terlihat secara historis.

"Semakin panjang tentu semakin bagus, karena akan terlihat kinerja pergerakannya secara historis seperti apa," kata Tito, Kamis (17/5/2018) seperti dinukil dari Kontan.co.id.

Tentu saham-saham yang menghuni indeks ini akan dievaluasi secara reguler.

Untuk indeks IDX High Dividend 20, evaluasi mayor dilakukan setiap akhir bulan Januari dan selanjutnya akan efektif setiap hari pertama bursa pada Februari. Evaluasi minor untuk indeks tersebut dilakukan setiap akhir Juli dan selanjutnya akan efektif setiap hari pertama bursa di Agustus.

Sementara itu evaluasi mayor indeks IDX BUMN20 dilakukan akhir Januari dan Juli. Lalu bakal efektif setiap hari bursa pertama di Februari dan Agustus. Evaluasi minor untuk indeks IDX BUMN20 dilakukan tiap akhir April dan Oktober, kemudian akan efektif setiap hari pertama bursa pada Mei dan November.

Indeks JII70 akan dilakukan peninjauan berkala setiap akhir Mei dan November untuk selanjutnya akan efektif setiap hari bursa pertama di bulan Juni dan Desember. Namun periode ini mengikuti jadwal peninjauan berkala Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan Jakarta Islamic Index (JII).

Tito menyatakan, tujuan utama BEI menetapkan 3 indeks ini bukan transaksi. "Kami ini institusi non profit. Kami hanya ingin menambah pilihan bagi investor," ujarnya.
Tiga indeks baru jadi acuan investasi saham


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...nvestasi-saham

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tiga indeks baru jadi acuan investasi saham Mantan Dirjen Hubla dihukum 5 tahun penjara

- Tiga indeks baru jadi acuan investasi saham Data nomor teregistrasi tak melebihi jumlah populasi

- Tiga indeks baru jadi acuan investasi saham Penangkapan terduga teroris terjadi di sejumlah tempat