alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Saat Cadar Jadi Stigma, Niqab Squad Pilih Pakai Masker
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afd5427582b2e061b8b4571/saat-cadar-jadi-stigma-niqab-squad-pilih-pakai-masker

Saat Cadar Jadi Stigma, Niqab Squad Pilih Pakai Masker

Saat Cadar Jadi Stigma, Niqab Squad Pilih Pakai Masker
Jakarta, CNN Indonesia -- Rentetan serangan teror yang terjadi di beberapa daerah belakangan ini cukup menimbulkan berbagai kekhawatiran dan masalah baru di kalangan masyarakat. Salah satunya, muncul stigma negatif terhadap perempuan yang menggunakan cadar.

Meski demikian, seorang anggota komunitas perempuan bercadar bernama Niqab Squad, Sul (28) beranggapan kekhawatiran yang timbul di tengah masyarakat tersebut tidak berlebihan.

Menurutnya, stigma tersebut muncul atas dasar antisipasi dan ketakutan masyarakat terhadap sejumlah peristiwa teror yang terjadi belakangan ini.

Oleh sebab itu, dirinya dan teman-temannya pun berusaha memahami ketika ada stigma negatif yang dilemparkan pada dirinya.

"Biasanya kalau sudah kayak gitu, kita dianjurkan untuk memakai masker sebagai pengganti cadar. Jadi masyarakat tidak terlalu negative thinking," ujarnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (17/5).

Saat Cadar Jadi Stigma, Niqab Squad Pilih Pakai Masker
Usai Teror, Niqa Squad Usulkan Ganti Cadar Dengan MaskerMuncul kekhawatiran bagi perempuan pengguna cadar atau niqab usai rangkaian aksi teror. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Dari pengalamannya sendiri, Sul merasa tidak pernah mendapat perlakuan yang tidak baik dari masyarakat karena ia menggunakan cadar.

Ia hanya menyebut terkadang dilakukan pemeriksaan wajah oleh petugas keamanan saat akan masuk ke tempat-tempat tertentu seperti bandar udara.

"Paling waktu mau masuk bandara, itu kita diperiksa dulu wajahnya, dan yang memeriksa pun petugas yang perempuan. Cuma begitu saja, dilihat wajahnya, lalu sudah," tuturnya.

Meski demikian, ia mengaku beberapa temannya yang lain sempat medapatkan tatapan sinis dari orang-orang di sekitar mereka karena menggunakan cadar, terutama pascateror bom yang terjadi dalam pekan ini.

Hari Minggu (13/5) kemarin terdapat tiga serangan bom bunuh diri yang meledak di tiga gereja di Surabaya.

Malam harinya, bom meledak di salah satu kamar di Rusunawa Wonocolo, Sidoardjo. Diduga kuat bom meledak tak sengaja saat hendak dirakit oleh pelaku. Teror bom berlanjut hari Senin (14/5), saat Markas Polrestabes Surabaya jadi sasaran bom bunuh diri. Pada hari Rabu (16/5), Mapolda Riau pun diserang oleh terduga kelompok teroris yang menyebabkan satu polisi gugur.

Selama insiden rentetan teror itu, tak jarang bermunculan kabar tentang temuan benda mencurigakan di sejumlah tempat. Beberapa di antaranya turut melibatkan perempuan bercadar.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin sempat meminta perempuan pengguna cadar memahami kondisi sebagian masyarakat saat ini yang mungkin memiliki pandangan tertentu menyusul terjadinya serangan bom bunuh diri di Surabaya, Jawa Timur selama dua hari terakhir.

"Tentu bagi pengguna cadar itu sendiri, agar betul-betul bisa memahami situasi dan lingkungannya karena sekarang sebagian masyarakat kita ada semacam keresahan atau kekhawatiran, atau mungkin bahkan kecurigaan terhadap mereka-mereka yang menggunakan cadar," kata Lukman di kantornya, Selasa (15/5). (DAL)

SUMBER : https://www.cnnindonesia.com/nasiona...h-pakai-masker
Diubah oleh: rinoandreas
Halaman 1 dari 2
burka avenger
astajim emoticon-Kagets
Udahnya kena stigma negatif, nyusahin diri ketika security procedure ngewajibin yg bersangkutan menampakkan wajah...belum lagi pake baju super tertutup di udara panas daerah tropis yg lembab jg jauh lebih merepotkan dibanding pake yg kayak gitu di udara panas gurun yg kering


Intinya, pake cadar di Indonesia, cuma bakal nyusahin yg pake tuh cadar emoticon-Traveller
Isinya cowo kumisan melambai juga gak ada yg tahu
Gak banyak membantu juga sih
Mo pake gorden, tirai atw sprei

Yg perlu diperbaiki itu isi kepalanya bukan busananya
Biar pake hotpen tapi pikiran dikit2 kilafuck2 ya percuma ..
mending pakai kostum batman
Saat Cadar Jadi Stigma, Niqab Squad Pilih Pakai Masker

emoticon-Matabelo
Saat Cadar Jadi Stigma, Niqab Squad Pilih Pakai Masker
no cadar no masker


Saat Cadar Jadi Stigma, Niqab Squad Pilih Pakai Masker
Quote:


tau gan, dari baunya emoticon-Ngakak
Makanya tdk perlu sok2 pake cadar.
Bukan budaya asli islam juga.
Kalau disini malah kesannya kalian itu kelompok eksklusif.
Alquran aja tidak mengajarkan umatnya pake cadar...

Mereka lebih percaya dalil mahzab ulama kolot dibanding alquran
Diubah oleh ontapesek
Quote:


ngapain juga lemper,lontong,pisang,dll ada kulitnya....ngrepotin aja harus buka bungkus...lebih baik kan kalo ga ada bungkusnya..langsung di makan..tinggal leb...tinggal leb....emoticon-Big Grin

auto mencret....
Quote:


Huahuahua
emoticon-Leh Uga



Quote:


Quote:


kenapa mesti lontong gan?
kenapa gak pisang goreng, anggur, apel, tahu isi, ato cilok gitu?
lagian kenapa pake analogi makanan?
emoticon-Ngacir
Diubah oleh AiHikoe


Quote:


Karena mereka menganggap cewek itu ‘makanan’ yg musti ‘dimakan’ (baca : perkosa, entod) emoticon-Big Grin

Quote:


dari mana dia gw tau dia itu maharani hasan?
pake hazmat suit aturan emoticon-Leh Uga
Makan juga susah, minum jg demikian. Terstigma negatif ya karena yg keliatan cuma pupil mata, alis aja gak keliatan. emoticon-Cape d...
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di