alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Cegah Stunting, Giatkan Lagi Posyandu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afd4ca1162ec2436b8b456d/cegah-stunting-giatkan-lagi-posyandu

Cegah Stunting, Giatkan Lagi Posyandu

Cegah Stunting, Giatkan Lagi Posyandu

JPP, JAKARTA - Indonesia saat ini termasuk dalam 40 negara dengan tingkat stunting yang tinggi. Untuk menekan jumlah kasus stunting ini, program-program penanggulangan gizi buruk seperti pemberian asupan tambahan secara berkala melalui pos pelayanan terpadu (Posyandu) harus digiatkan lagi. 

“Kita mengenal program-program pengentasan gizi buruk melalui Posyandu yang giat memberikan susu, bubur kacang hijau, dan makan bergizi lainnya kepada masyarakat secara periodik. Kita bisa ulangi ini kembali,” tegas Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memimpin rapat tentang percepatan pencegahan stunting di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama yang berimbas pada terhambatnya pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak.

Pada rapat tersebut juga disebutkan bahwa Bank Dunia akan memberikan pinjaman sebesar USD 400 juta untuk mendukung pemerintah menjalankan program pencegahan stunting ini.

Sekretaris Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), yang juga Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Setwapres, Bambang Widianto pada rapat tersebut mengatakan pinjaman tersebut terdiri atas dua jenis. Pertama, pinjaman lunak sebesar USD 400 juta selama periode empat tahun dan kedua, hibah untuk dukungan teknis ke kementerian/lembaga sebesar USD 20 juta dari Global Finance Fund. 

“Hal tersebut tertuang dalam sebuah program bernama P for R (Program for Result) atau yang dikenal dengan percepatan penyelenggaraan program,” ujar Bambang. 

Sementara itu, Menteri Kesehatan mengatakan perubahan perilaku dalam mengelola siklus kelahiran juga berpengaruh pada perkembangan anak. Untuk mencegah stunting, Kementerian Kesehatan menargetkan agar isi piring setiap ibu hamil memenuhi standar minimal menurut ilmu kesehatan. 

Hadir mendampingi Wapres dalam rapat itu Kepala Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Mohamad Oemar, Deputi Bidang Administrasi Setwapres Guntur Nefianto, dan anggota Tim Ahli Wapres Sofyan Wanandi. (KIP Setwapres, DM/FM). (wap)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/kesehata...-lagi-posyandu

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Cegah Stunting, Giatkan Lagi Posyandu Menkeu Dorong Masyarakat Manfaatkan Layanan Lelang Komersial atau Sosial

- Cegah Stunting, Giatkan Lagi Posyandu Terima Wapres Iran, Presiden: Indonesia Lakukan Pemberdayaan Peran Perempuan

- Cegah Stunting, Giatkan Lagi Posyandu PUPR Buat 1.000 Biopori di Universitas Andalas

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di