alexa-tracking

Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afd3fa5d675d4eb3d8b4568/hal-sepele-yang-sering-dipermasalahkan-saat-bulan-rmadhan
Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan
Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan

emoticon-rose ~Halo Guys~ emoticon-rose
Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan

Quote:


Apa kabar nih? Lama ane gak bikin thread. Mudah-mudahan kalian selalu dalam keadaan baik yah gan. Aamiin emoticon-Smilie
oh iya, sebelumnya
Wisnu P451R mau ucapin: selamat menunaikan ibadah shaum ramadan bagi kaskuser yang menjalankan. Eh, ngomongin bulan ramadan pasti kita akan sering menemukan permasalahan-permasalahan klasik yang kadang bikin kita bingung. Padahal, sesungguhnya hanya masalah sepele aja sih gan. Emangnya apa aja sih masalah sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan ramadan itu gan? Let's chekidooot...

1. Kapan ya hari ramadan di mulai?
Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan
©ucengs.blogspot.com
Kemaren-kemaren, banyak banget lho pengguna media sosial yang mempertanyakan hal ini di kolom statusnya. Rata-rata mereka nanya gini "bulan puasa kapan sih?"
"bulan puasa itu jatohnya hari apa sih? " dan masih banyak perdebatan perdebatan tentang kapan hari puasa dimulai. Padahal gak perlu dipermasalahkan, karena pemerintah kita pun sedang berusaha dan meneliti posisi hilal yang akurat untuk segera menentukan hari ramadan. Jika berhasil, toh pemerintah pasti akan mengumumkannya kepada masyarakat melalui kementrian agama kita. Jadi... Ini bukalah masalah besar yang perlu kita khawatirkan.


2. Jumlah rakaat sholat sunah tarawih yang akan dikerjakan.
Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan
©Breakingnews.co.id
Pernah gak sih kalian bingung sama jumlah rakaat tarawih yang mau kita kerjakan? Soalnya, kok di mesjid sebelah jumlah rakaatnya ada yg cuma 11, 13, sama 23. Terlepas dari hal itu semua, sebenarnya jumlah rakaat pada salat sunah tarawih bukan suatu hal yang pantas dipermasalahkam. Karena sesungguhnya, jumlah rakaat salat sunah malam itu tidak ada batasannya sebelum ditutup shalat witir. Jadi, mau agan shalat taraweh 23 rakaat kek, 11 kek, gak masalah lho gan. Semua ada contohnya dari zaman Rasulullah dan Sahabat-sahabatnya. Yang penting adalah, pilihlah rakaat yang bisa membuat kita khusuk atau semampu kemampuan kita dalam beribadah kepada Tuhan. Okkay..
emoticon-Smilie

3. Enggak solat taraweh, dosa gak yah?
Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan
©fatwatarjih.com
Tenang gan, kalo agan memang sedang diposisi yang melelahkan atau sedang ada banyak urusan alias sibuk banget sehingga tidak memungkinkan saat itu untuk agan salat tarawih. Gak apa-apa, gk sholat tarawih juga. Enggak bikin dosa kok. emoticon-Big Grin

kan, ini sholat sunnah bukan wajib. Coba agan tanya deh sama ustadz setempat, pasti mereka akan sependapat dengan ane wkwk emoticon-Big Grin
Hanya saja, alangkah lebih baik jika salat tarawih dikerjakan secara konsisten, sebab pahala nya itu lho gan, Lumayanlah buat ngehapus dosa dosa masa lalu kita.. Uhuk..
emoticon-Big Grin

4. Besok mau puasa nih, niatnya gimana sih..
Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan
©style.tribunnews.com
Untuk masalah ini juga sama, engga perlu di khawatirkan secara lebay emoticon-Big Grin kadang, ada aja orang yang bilang kalau kita gak ngucap niat waktu sahur, itu artinya puasa kita gak sah! alhasil, karena udah terpengaruh oleh ucapan itu, mungkin agan malah putus asa dan pergi ke warmindo deket kosan atau kampus.. Buset, parah banget lu gan. emoticon-Big Grin

Haha just kidding gan. Sebenarnya, niat itu gak perlu di ucapkan. Cukup dalam hati aja. Contohnya nih, ketika agan ingat mau sholat dzuhur, lalu agan mantap melangkahkan kaki pergi ke mushola buat wudhu. Karena jelas-jelas waktu sudah menunjukan siang hari, tentu niat agan sebenarnya bukan mau sholat subuh kan? Sekalipun niatnya enggak di ucapkan. Dengan bergegasnya agan untuk pergi ke mushola pada siang hari dan melakukan wudhu, itu tandanya agan sudah berniat sholat dzuhur tuh
emoticon-Big Grin

5. Katanya keramas dan gosok gigi di siang hari bikin puasa kita batal?
Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan
©bantennews.co.id
Nah, kalo poin yang ke lima ini udah sering banget mendoktrin anak-anak SD gan Wkwk ya enggak lah, keramas dan gosok gigi enggak bakal bikin puasa kita batal. Bahkan, dianjurkan sekali agar badan kita selalu bersih . Cuma kalo mau gosok gigi ya jangan tergoda untuk menelan airnya yang manis kayak sirup itu gan.
emoticon-Big Grin *Glekk*

6. Bermaaf-maaf an menjelang hari Puasa
Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan
©sastimes.com
Ada yang bilang, kalo bermaaf-maaf an di hari menjelang ramadan itu gak boleh karena merupakan sesuatu yang di ada-ada kan di hari ramadhan dan tidak dicontohkan oleh Nabi. Wah, padahal gak ada salah nya bermaaf-maafan di bulan Ramadan gan. Bagi orang Indonesia, mungkin meminta maaf itu sesuatu yang sedikit bikin canggung, jadi kalo ada moment sperti bulan ramadan atau idul fitri/adha ini lah moment yang pas banget buat meminta maaf. Setuju kan? Toh Tuhan dan nabi juga tidak melarang kita untuk minta maaf kapan aja kan? Jadi ini masalah nomor 6 yang tidak perlu dipermasalahkan


7. Karena belum sahur, boleh batal puasa gak yah?
Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan
©brilio.net
Hemm... Siapa sih yang belum pernah kesiangan untuk sahur? Pasti kita semua pernah merasakan penderitaan dikala menjalankan puasa tanpa sahur. Rasanya kayak mau mati kan? wkwk emoticon-Big Grin
gila, enggak bakal mati juga kali gan. Disaat itu terjadi, tubuh kita hanya perlu waktu untuk membakar kalori yang tersisa ditubuh, walaupun bikin lemas tapi gak akan jadi sebuah masalah serius, yaah kita emang dituntut untuk sabar. Gak akan bikin mati kok gan wk emoticon-Big Grin
malahan, terkadang waktu jelang berbuka tiba, eh nafsu makan kita suka ilang karena merasa kenyang duluan.. Kok bisa gitu ya padahal pagi enggak sahur, siang kelaparan tapi pas mau bukan kenyang? Ane juga gak tahu
emoticon-Big Grin
***
emoticon-Toast
Nah, itulah beberapa masalah klasik yang sebenarnya sepele untuk diperdebatkan. Gimana gan? Kira-kira masalah apa sih yang sebenarnya sepele di bulan suci ramadan ini disekitar kalian. Coba kasih komentar Agan untuk melengkapi pembahasan thread ane ini. Sekian thread dari ane. Akhir kata, ane ucapkan Terimakasih..
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L)
©by: Wisnu P451R
Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan
Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan
Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan
image-url-apps
Pertamax diamankeun dari Tukang semprot & Artdo emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Untung ane "Ipankhp" bree....emoticon-Cool
KASKUS Ads
image-url-apps
Hal sepele mengenai penulisan Ramadhan atau Ramadan.

Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan
image-url-apps
bentar lagi buka nih
image-url-apps

Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan
Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan
Warung makan buka juga sering disalahin bree
Hal sepele yang sering dipermasalahkan saat bulan Rmadhan



wah sekarang jarang yg ngeributin
soalnya udah banyak yg ngga puasa e. emoticon-Mewek
image-url-apps
Quote:


hai ganteng emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


emoticon-Cape d... (S) ramadan ya gan? judul trit ane malah Rmadhan.. gimana tuh ngubahnya emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


yaiyalah emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


saatnya balas dendam ya gan emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


emang ente puasa juga bre? emoticon-Leh Uga
ane gk sahur nih. gimana dong
Quote:


masa iya harus aku publikasiin? emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


jahahaha. emoticon-Ngakak kalau dipublikasikan entar ada yg nyindir pake ceramah di sosmed emoticon-Big Grin wkwk
Quote:


dan berakhir bully, dan saling menyalahkan. emoticon-Traveller
image-url-apps
Quote:


batal gk yah batal gak yah..


batal aja deh emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


Tinggalkan ane sendiri.....emoticon-Takut
image-url-apps
Kok tanggung ya...emoticon-linux
image-url-apps
Akhirnya gemboked juga bree,ane lega....emoticon-Matabelo


emoticon-Hansip
×