alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Ini Cara Mudah Khatam Alquran Selama Ramadan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afd184cddd770f24b8b4568/ini-cara-mudah-khatam-alquran-selama-ramadan

Ini Cara Mudah Khatam Alquran Selama Ramadan

Ini Cara Mudah Khatam Alquran Selama Ramadan

Jakarta, IDN Times - Ramadan adalah bulan penuh berkah, sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa diisi dengan kebaikan dan beribadah, membaca Alquran salah satunya.

Menghatamkan Alquran terkadang terlalu berat bagi sebagian umat Muslim. Nah, ternyata ada tips jitu yang lebih sederhana untuk menghatamkan Alquran yang berjumlah 604 halaman itu. Yakni dengan cara mencicil setiap selesai salat.

Berikut tips mudah menghatamkan Alquran yang dihimpun IDN Times, Kamis (17/5) dari berbagai sumber:


1. Membaca Alquran setiap selesai salat
Ini Cara Mudah Khatam Alquran Selama Ramadan
nu.or.id



Bagi kamu yang Muslim, cara pertama yang paling jitu untuk menghatamkan Alquran adalah dengan cara mencicil setiap selesai salat. Karena jumlah satu juz ada sembilan lembar atau 18 halaman, maka setiap selesai salat kita membaca dua lembar atau empat halaman.

Hitungan ini jika kita ingin menghatamkan Alquran satu kali selama Ramadan. Namun, jika kita ingin menghatamkan dua kali selama Bulan Suci, maka kita harus membaca empat lembar setiap usai salat. 

Atau buat kamu yang punya waktu luang lebih banyak dan ingin menghatamkan Alquran tiga kali selama Ramadan, berarti kamu harus melantunkan ayat-ayat Alquran enam lembar sehabis salat. Bagi kamu yang mau khatam lebih dari ini, tinggal pakai rumus kelipatan dua saja, guys. 

Baca juga: 3 Doa Utama Menyambut Bulan Suci Ramadan


2. Khataman Alquran bagi kamu yang perempuan
Ini Cara Mudah Khatam Alquran Selama Ramadan
Antara Foto/Saiful Bahri



Nah, bagi kamu yang Muslimah ada sedikit berbeda, karena harus melewati masa haid atau menstruasi. Taruhlah dengan perkiraan masa haid 10 hari, jadi kamu punya waktu untuk menghatamkan Alquran dalam sebulan 20 hari.

Jadi target membaca Alquran bisa memakai rumus pembulatan menjadi 600 halaman. Anggap lah yang empat halaman sebagai bonus. Jadi rumusnya: 600 dibagi (1 x 20) = 30 halaman atau kurang lebih 1,5 juz per hari. Waw, lumayan banyak, ya? Alhasil, kamu yang Muslimah harus membaca enam halaman setelah selesai salat. Semangat ya!


3. Mengisi waktu luang untuk membaca Alquran
Ini Cara Mudah Khatam Alquran Selama Ramadan
Youtube.com/heaven2015



Nah, buat kamu yang bekerja, tentu tidak punya waktu lebih banyak. Begitu juga kamu yang Muslimah yang cuma punya waktu 20 hari selama Ramadan,
tapi bukan berarti tidak bisa menghatamkan Alquran.

Kamu bisa manfaatkan waktu luang, misalnya saat kamu dalam perjalanan di kereta, bus, atau kendaraan lainnya. Kamu juga bisa memanfaatkan saat weekend kok. Kapan lagi guys, mumpung kita masih dipertemukan dengan bulan berkah ini. Lagian cuma setahun sekali, kok, gak tiap bulan. Belum tentu tahun depan kita bisa ketemu Ramadan lagi, ya kan?

Oya guys, buat kamu yang mau otak-atik waktu luang atau pakai rumus sendiri, berikut jumlah halaman, surat, dan ayat dalam Alquran: 
1. Jumlah juz ada 30
2. Jumlah surat ada 114 
3. Jumlah halaman 604 (rata-rata untuk Alquran yang awal dan akhir surat hanya dalam halaman yang sama).
4. Jumlah ayat 6.236
4. Rata-rata jumlah ayat dalam satu halaman 10.33 (6236/604)
5. Rata-rata jumlah ayat dalam satu juz 207.87 (6236/30)

Dengan angka-angka tersebut, kita bisa mengukur, seberapa jumlah waktu yang kita perlukan untuk mengkhatamkan Alquran, dengan asumsi hanya membaca belaka--tanpa mengetahui atau mendalami makna ayat demi ayat.

Misalnya, dengan membaca 50 ayat Alquran, kita memerlukan waktu 10 menit. Maka rata-rata kecepatan kita membaca adalah 50/10 menit, atau lima ayat per menit. Bila 6.236 ayat, maka diperlukan waktu; 6.236 : 5 = 1.247,2 menit = 20 jam 47 menit 12 detik.

Nah, kalau bila mau baca ayat Alquran terus-menerus tanpa henti, tidak sampai memerlukan sehari penuh untuk mengkhatamkan Alquran. Padahal kalau kita bayangkan, rasanya berat banget, gak khatam-khatam ya guys. Yuk, kita mulai baca Alquran.

Baca juga: 7 Keutamaan Bulan Suci Ramadan yang Bikin Kamu Nyesel Kalau Dilewatin

 



Sumber : https://news.idntimes.com/indonesia/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Ini Cara Mudah Khatam Alquran Selama Ramadan Wow! Ada Sayembara Berhadiah Rp 5 Miliar Tangkap Otak Pelaku Teror

- Ini Cara Mudah Khatam Alquran Selama Ramadan Kegiatan Ekonomi Digital di Desa Bisa Berantas Kemiskinan

- Ini Cara Mudah Khatam Alquran Selama Ramadan Mengenal Jackup dan Manfaatnya untuk Transportasi Umum dan Kualitas Udara Jakarta

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di