alexa-tracking

Mau Jual Emas untuk Bulan Puasa dan Hari Raya? Ini 3 Tips yang Harus Kamu Tahu!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afd035c620881a2178b457d/mau-jual-emas-untuk-bulan-puasa-dan-hari-raya-ini-3-tips-yang-harus-kamu-tahu
Mau Jual Emas untuk Bulan Puasa dan Hari Raya? Ini 3 Tips yang Harus Kamu Tahu!
Mau Jual Emas untuk Bulan Puasa dan Hari Raya? Ini 3 Tips yang Harus Kamu Tahu!

Agan dan aganwati di sini pernah dengar kebiasaan orang-orang yang menjual emas ketika menjelang puasa atau mendekati hari raya? Atau agan dan aganwati termasuk salah satu orangnya, nih?

Sudah menjadi hal yang umum memang jika banyak di antara agan menjual emas dalam masa-masa tersebut. Alasannya tentu karena menjelang puasa dan hari raya akan banyak pengeluaran. Daripada harus berhutang atau kebingungan mencari uang, lebih baik menjual emas yang dipunya, bukan?

Lalu, bagaimana sebaiknya menjual emas ketika menjelang puasa atau hari raya? Langsung jual saja atau ada cara lain yang lebih menguntungkan? Nggak rumit-rumit, gan ane akan bantu dengan memberikan 3 tips jual emas yang boleh agan ikuti berikut ini.


1. Pantau Terus Harga Emas dari Awal Bulan

Mau Jual Emas untuk Bulan Puasa dan Hari Raya? Ini 3 Tips yang Harus Kamu Tahu!

Karena harga emas berubah setiap harinya dan kita nggak tahu kapan harga emas tersebut akan naik, ada baiknya agan pantau setiap hari. Apalagi, agan memang sudah berniat untuk menjualnya. Memantau untuk mendapat harga jual terbaik itu sebuah keharusan, gan.

Katakanlah agan ingin menjual emas mendekati hari raya, berarti agan sudah harus memantau harga emas sedari sekarang. Kapan pun agan merasa harga emas lebih rendah dari hari-hari sebelumnya, segera jual emas tersebut. Kemudian, uang tersebut agan simpan hingga saat dibutuhkan. Jangan langsung digunakan, ya gan karena nanti menjelang hari raya uang tersebut bisa sudah habis.

2. Jangan Jual di Sembarang Tempat

Mau Jual Emas untuk Bulan Puasa dan Hari Raya? Ini 3 Tips yang Harus Kamu Tahu!

Sebelum menjual emas, agan bisa membandingkan harga di beberapa tempat sekaligus mencari tempat terpercaya untuk menjualnya. Selain itu, pastikan agan membeli emas asli bersertifikat. Dengan begini, agan bisa dengan mudah menjualnya kembali dan mendapatkan harga buyback yang cukup baik. Misalnya saja, jika membeli emas ANTAM, agan bisa menjual kembali ke ANTAM, Butik ANTAM, Gerai ANTAM, Pegadaian, atau toko perhiasan online seperti ORORI.

3. Jual Emas Sesuai dengan Jumlah Uang yang Dibutuhkan Saja

Mau Jual Emas untuk Bulan Puasa dan Hari Raya? Ini 3 Tips yang Harus Kamu Tahu!

Tips jual emas yang satu ini penting untuk diperhatikan, nih gan. Pertama, karena membeli emas batangan tentu bukan hal yang mudah karena emas batangan pun bukan barang murah. Kedua, karena dengan menjual belum tentu agan bisa membelinya kembali dalam waktu cepat. Oleh sebab itu, usahakan jual emas sesuai dengan perkiraan jumlah uang yang dibutuhkan saja.

Jadi, agan nggak perlu jual semua emas yang agan punya. Akan lebih baik lagi jika agan memiliki emas batangan dalam ukuran gram kecil. Selain mudah untuk dijual, dengan gram kecil agan bisa lebih mudah menyesuaikan nilai emas dengan jumlah uang yang dibutuhkan.

Misal, uang yang dibutuhkan setara dengan emas batangan berukuran 5 gram, menjual emas fisik satuan 5 gram tentu lebih efektif daripada harus menjual emas yang berukuran 10 atau 25 gram.


==========

Setelah emas terjual dan masa lebaran lewat, jangan lupa untuk mengganti emas yang sudah dijual, gan. Hal ini karena bagaimana pun emas tersebut bagian dari tujuan investasi agan di masa depan. Jika tidak membelinya lagi, agan bisa lebih lama mencapai tujuan yang sudah dibuat. Oleh sebab itu, pastikan untuk membelinya lagi, ya.

Jika membeli sekaligus terlalu berat, agan bisa mencoba membeli emas dalam nominal kecil. Salah satu tempat yang menjual emas dalam nominal kecil setahu ane ialah aplikasi e-mas. Di aplikasi e-mas, agan bisa membeli emas mulai dari Rp10.000,-an. Itu salah satu saran tempat dari ane, agan dan aganwati di sini mungkin tahu tempat yang lain?

Terakhir, gan sekalipun agan menjual emas untuk mencukupi kebutuhan puasa dan hari raya, selalu ingat untuk tidak menghamburkan uang. Jangan membeli barang yang tidak dibutuhkan dan gunakan uang dengan bijak. Selamat merayakan datangnya bulan suci, gansis!



Sumber Artikel