alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Lewat BBM Satu Harga, Pemerintah Klaim Kedaulatan Energi Terwujud
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afcfe35902cfed6408b456b/lewat-bbm-satu-harga-pemerintah-klaim-kedaulatan-energi-terwujud

Lewat BBM Satu Harga, Pemerintah Klaim Kedaulatan Energi Terwujud

Lewat BBM Satu Harga, Pemerintah Klaim Kedaulatan Energi Terwujud


Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengklaim kedaulatan energi telah terwujud dalam 20 tahun reformasi, yang salah satunya melalui penerapan satu harga bahan bakar minyak (BBM) di seluruh Tanah Air.

“Satu harga BBM itu adalah salah satu upaya mewujudkan kedaulatan energi,” kata Inspektur Jenderal Kementerian ESDM Akhmad Syakhroja dalam diskusi “Membangun Kedaulatan Energi Pasca-Reformasi” yang diselengarakan Perhimpunan Nasional Aktivis 98 (Pena 98) di Graha PENA 98, Jakarta, Rabu (16/5), diberitakan Antara.

Akhmad mengatakan dengan penerapan satu harga BBM ini, maka seluruh rakyat dapat merasakan keadilan di bidang energi.

“BBM satu harga itu mencerminkan sila kelima Pancasila. Kan tidak adil jika rakyat Indonesia di wilayah timur membeli lebih mahal, sementara ekonominya lebih rendah dibanding di Jakarta, ini tidak sesuai energi berkeadilan,” katanya.

Lebih jauh dia menyampaikan penerapan kebijakan BBM satu harga di seluruh Tanah Air ini merupakan program Presiden Jokowi demi mewujudkan kedaulatan energi sesuai amanat Pasal 33 UUD 1945 dan sila kelima Pancasila.

“Sila kelima Pancasila ini kami jabarkan dengan prinsip `Energi Berkeadilan`, termasuk agar tata kelola di bidang energi, termasuk industri berjalan secara baik, kompetitif, dan kredibel,” jelas dia.

Untuk mendukung itu, kata Akhmad, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan telah memerintahkan seluruh jajarannya agar selalu mendasarkan pada prinsip itu dalam bekerja atau membuat regulasi, sehingga porsi anggaran Kementerian ESDM dapat dipastikan lebih banyak dinikmati rakyat.

Selain itu, lanjut Akhmad, pemerintah di sisi lain juga harus menjaga investor agar betah menanamkan investasinya di Indonesia karena negeri ini mempunyai keterbatasan anggaran, teknologi, dan beberapa hal lainnya.

“Akibat dari kebijakan ini, maka banyak aturan yang dipangkas, supaya investasi mudah. Hal-hal terkait perizinan itu, betapa banyak aturan sektoral ini yang kami hilangkan dan sederhanakan agar investasi tidak berbelit-belit dan lama,” katanya.

Selain perwakilan Kementerian ESDM, diskusi yang dipandu moderator aktivis 98 dari Pena 98, Fendy Mugni, juga menghadirkan dua pembicara yakni Vice President Operation SKK Migas, Elan Blantoro dan Deputi Bidang Energi Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah.

Urutan Terlama
Lewat BBM Satu Harga, Pemerintah Klaim Kedaulatan Energi Terwujud

emoticon-Sundul Gan (S)
BBM satu harga adalah ide yang lahir dari kebodohanemoticon-Selamat
Sejak indonesia merdeka, papua bisa merasakan pemerataan harga bbm, nantinya segera menyusul pemerataan pembangunan krn biaya distribusi turun, rakyat disana bisa menikmati menjadi warga negara indonesia yg sesungguhnya
di spbu resmi jelas 1 harga, dari dulu jg 1 harga. kalo yg ga resmi kyk pertamini itu boro2 di papua. di jakarta aja beda harganya.
10 tahun yg sia sia
emoticon-Mewek
Katanya udah dari dulu satu harga.
Hore sudah 1harga,,,,semoga motor2 bisa segera di miliki oleh orang papua pedalaman agar mereka tidak hanya melihat pendatang bawa motor dan mobil di desa mereka untuk mengambil sda mereka
Quote:


alasanya?
ada datanya ?
Kedaulatan energi mah kalo sumber energi kita tidak bergantung pada luar negeri. BBM aja masih impor ngomong kedaulatan energi.
BIAR 100 K YG PENTING SATU HARGA.. . WKWKW


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di