alexa-tracking

Sebut ''abuse of power'', Fadli Zon desak Kantor Staf Kepresidenan Dibubarkan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afcf0eec1d770836c8b456f/sebut-abuse-of-power-fadli-zon-desak-kantor-staf-kepresidenan-dibubarkan
Sebut ''abuse of power'', Fadli Zon desak Kantor Staf Kepresidenan Dibubarkan
Sebut abuse of power, Fadli Zon desak Kantor Staf Kepresidenan dibubarkan
Rabu, 16 Mei 2018 20:00

Sebut ''abuse of power'', Fadli Zon desak Kantor Staf Kepresidenan Dibubarkan
Fadli Zon

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengusulkan keberadaan posisi Kepala Staf Kepresidenan (KSP) dibubarkan. Sebab, saat ini sudah terlalu banyak lembaga kepresidenan.

"Saya kira ya lembaga-lembaga kepresidenan sudah terlalu banyak ya. Ada Sekneg, ada Seskab, ada kepala staf kepresidenan itu sebenarnya nomenklaturnya berlebih," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/5).

Fadli menjelaskan dalam Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara hanya mencantumkan 34 portofolio yang di dalamnya tidak tertera keberadaan KSP. Ia pun khawatir akan terjadi penyalahgunaan wewenang.

"Itu harusnya dibubarkan itu enggak ada di dalam nomenklatur itu membuat satu anggaran baru," ujarnya.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini sempat mendengar bahwa KSP kerap digunakan untuk kepentingan Presiden. Hal itu, kata dia, tidak layak karena KSP didanai oleh negara.

"Dan di situ lebih banyak yang saya dengar urusannya, urusan kepentingan menampung orang-orang yang menjadi relawan dan sebagainya jadi itu bisa kategorinya abuse of power," ungkapnya.

"Anggaran negara tapi bisa dipakai untuk kepentingan pribadi presiden, bukan lembaga kepresidenan dan menurut saya KSP itu kalau perlu dibubarkan saja. Enggak perlu kok. Dan kita nanti cari pasalnya itu karena cukup ada Sekneg dan ada Seskab ya. Nah Sekneg itu harusnya yang menjadi pilar yang paling penting, KSP ini enggak jelas," ucapnya
https://www.merdeka.com/politik/sebu...ibubarkan.html

Fadli Zon Minta KSP Dibubarkan, Istana: Lembaga ini Justru Berhasil
Kamis 17 Mei 2018, 07:10 WIB

Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta agar Kantor Staf Kepresidenan (KSP) dibubarkan karena lembaga tersebut tidak ada dalam nomenklatur Undang-undang Sekretariat Negara. Apa tanggapan KSP sendiri?

Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP, Eko Sulistyo, mengatakan KSP itu dibentuk secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Perpres Nomor 26 Tahun 2015. Lembaga ini difungsikan sebagai institusi yang bertanggungjawab langsung di bawah Presiden.

"Jadi, secara umum fungsi KSP untuk pengendalian kebijakan. Fungsi pemerintahan itu memiliki rentang kendali pemerintahan yang cukup besar. Oleh karena itu, Presiden butuh langkah cepat untuk memastikan agar kebijakannya terkait dengan program-program prioritas berjalan," kata Eko saat berbincang dengan detikcom, Rabu (16/5/2018).
Baca juga: Fadli Zon Minta KSP Dibubarkan

Untuk itu, kata Eko, di situlah peran KSP yakni mengumpulkan informasi dan data di lapangan untuk dikaji dan disampaikan ke Presiden. "Informasi, data lapangan, dan dukungan kebijkan jadi bahan pertimbangan Presiden memgambil keputusan," katanya.

Eko mencontohkan. Di dalam infrastruktur KSP melakukan monitoring untuk memastikan penyebab terjadinya kendala (bottleneck) di lapangan. Salah satunya bisa saja karena kendala regulasi.

"KSP memberikan masukan untuk perlunya sinkronisasi regulasi. Sehingga fungsi KSP juga melakukan debottlenecking," katanya.

"Hal-hal seperti itu sangat dibutuhkan Presiden dalam pengambilan keputusan, khususnya untuk memastikan program-prpgram prioritasnya berjalan," imbuhnya.
Baca juga: Fadli Zon Minta Polri Jelaskan Detail Kerusuhan di Mako Brimob

Eko menambahkan, dalam sejarahnya, meski tidak masuk dalam kementerian atau departemen yang diatur UU, institusi semacam KSP pernah pernah ada saat era pemerintahan Presiden Suharto. "Ada Sesdalobang dan saat Pak SBY ada UKP4," katanya.

Eko juga menegaskan, selama ini KSP juga tidak pernah memposisikan dan menamakan diri sebagai kementerian sebagaimana diatur UU kementerian negara. "Tapi merupakan lembaga political appointees Presiden dengan fungsi pengelolaan isu-isu strategis, monitoring dan komunikasi serta diseminasi informasi," jelasnya.

Terkait dengan imbauan Fadli Zon agar KSP dibubarkan, Eko pun menanggapi santai. Eko malah menilai permintaan pembubaran itu karena kinerja KSP dinilai berhasil.

"Kalau KSP disuruh dibubarkan oleh Fadli Zon, saya anggap fungsi KSP justru berhasil. Karena KSP berhasil menjalankan fungsinya seperti yang saya jelaskan tadi," kata Eko.

Sebelumnya, Fadli Zon meminta agar KSP dibubarkan. Alasannya, KSP tak diatur dalam undang-undang.
Baca juga: Fadli Minta Jokowi Tak Sebar Hoax RUU Terorisme, Hanura: Ngoceh Mulu

"Coba kita hitung di dalam Undang-Undang Kementerian Negara, itu kalau tidak salah, UU Kementerian ya namanya itu cuma 34 portofolio. KSP itu nggak ada. KSP itu harusnya dibubarkan, itu nggak ada di dalam nomenklatur," kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/5).

"Dan di situ lebih banyak yang saya dengar urusannya urusan kepentingan menampung orang-orang yang menjadi relawan dan sebagainya. Jadi itu bisa kategorinya abuse of power juga ya, menggunakan anggaran negara tapi bisa dipakai untuk kepentingan pribadi presiden, bukan lembaga kepresidenan," sambungnya.
https://news.detik.com/berita/d-4024...ustru-berhasil

Quote:


-------------------------------

Masih belum semua timses dapat "jatah" sejak 2014 lalu rupanya ...
TENTANG KANTOR STAF PRESIDEN

Sebut ''abuse of power'', Fadli Zon desak Kantor Staf Kepresidenan Dibubarkan

TENTANG KANTOR STAF PRESIDEN
Dalam rangka membantu Presiden dan Wakil Presiden dalam meningkatkan kelancaran pengendalian Program-Program Prioritas Nasional dan penyelenggaraan Komunikasi Politik Kepresidenan serta Pengelolaan Isu Strategis, Presiden telah membentuk Kantor Staf Presiden.

Kantor Staf Presiden merupakan Unit Staf Kepresidenan, yang dibentuk dengan Perpres No. 26 Tahun 2015 tentang Kantor Staf Presiden, untuk memberi dukungan kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam mengendalikan pelaksanaan 3 kegiatan strategis yaitu pelaksanaan Program – Program Prioritas Nasional, aktivitas terkait komunikasi politik kepresidenan, dan pengelolaan isu strategis. Perpres No. 26 tersebut dapat dilihat pada informasi publik.

Kantor Staf Presiden merupakan lembaga non-struktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden dengan Sumber Daya Manusia yang dapat berasal dari Pegawai Negeri Sipil dan Non-PNS.

Kantor Staf Presiden dalam pelaksanaan tugasnya akan melakukan fungsi pengendalian dalam rangka memastikan bahwa program-program prioritas nasional dilaksanakan sesuai visi dan misi Presiden. Selain melakukan pengendalian, Kantor Staf Presiden juga melaksanakan fungsi menyelesaikan masalah secara komprehensif terhadap program-program prioritas nasional yang dalam pelaksanaannya mengalami hambatan. Termasuk juga percepatan atas pelaksanaan program-program prioritas nasional.

Fungsi lain dari Kantor Staf Presiden adalah bertanggungjawab atas pengelolaan isu-isu strategis termasuk penyampaian analisis data dan informasi strategis dalam rangka mendukung proses pengambilan keputusan dan pengelolaan strategi komunikasi politik dan diseminasi informasi yang harus dilakukan.

Selain dari fungsi-fungsi tersebut diatas, Kantor Staf Presiden dapat melakukan tugas dan fungsi lain yang ditugaskan oleh Presiden.

Dalam pelaksanaan tugasnya Kepala Staf Kepresidenan akan dibantu oleh beberapa Deputi dan Kesekretariatan yang tugas dan tanggung jawabnya dapat dilihat di Struktur Organisasi.

Sebut ''abuse of power'', Fadli Zon desak Kantor Staf Kepresidenan Dibubarkan

TUGAS DAN FUNGSI
Kantor Staf Presiden memiliki tugas dan fungsi memberi dukungan kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam melaksanakan pengendalian program-program prioritas nasional, komunikasi politik, dan pengelolaan isu strategis penyelesaian masalah secara komprehensif, percepatan pelaksanaan dan pemantauan program prioritas nasional serta tugas lain yang diberikan Presiden.

NILAI KSP
Dalam melaksanakan tugas dan fungsi seperti yang dimaksud di atas, seluruh tenaga perofesional di Kantor Staf Presiden wajib menjunjung nilai holistik yang menekankan pentingnya keseluruhan dan saling keterkaitan. Nilai KSP digambarkan sebagai berikut;

NILAI KSP

STRUKTUR ORGANISASI
Kantor Staf Presiden dipimpin oleh seorang Kepala Staf Kepresidenan dibantu 5 (lima) orang Deputi dan 3 orang Staf Khusus serta seorang Kepala Sekretariat.

1. Deputi I Bidang Pengelolaan dan Pengendalian Program Prioritas Nasional dijabat Darmawan Prasodjo
2. Deputi II Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Sosial, Ekologi dan Budaya Strategis dijabat Yanuar Nugroho
3. Deputi III Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis dijabat Denni Puspa Purbasari
4. Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi dijabat Eko Sulistyo
5. Deputi V Bidang Kajian Politik dan Pengelolaan Isu-isu Hukum, Pertahanan, Keamanan dan HAM dijabat Jaleswari Pramodhawardani
6. Kepala Sekretariat Kantor Staf Presiden dijabat Agus Widodo

http://www.ksp.go.id/tentang-kantor-...den/index.html
Minta anak dijemput KBRI juga abuse of power pak.
Sebut ''abuse of power'', Fadli Zon desak Kantor Staf Kepresidenan Dibubarkan
Abuse of power apaan

Mending partai gerandong yang dibubarkan karena nggak bermanfaat emoticon-Leh Uga

Mending si Zonky Yang mundur dari parlemen sebelum komuknya diludahin rakyat emoticon-Leh Uga
biarin aje sih bang, mungkin mau saingan ama mas anies emoticon-Embarrassment
ah elah sekalian jg dong yg di Jakarta ... TGUPP ama direksi BUMD emoticon-Leh Uga
tgup anies g lo komen juga zonk
koq baru sekarang koar2 ? udah dari 2014 ada KSP

apa gegara ada moeldoko disitu ?

emoticon-Leh Uga
di jkt gaji tim sukses gabener pake apbd lu diam saja
Quote:


emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:


anjir, gambar wajib tiap puasa... emoticon-Ngakak
Quote:


Baaah cuman gambar kagak nafsu....emoticon-Leh Uga
Quote:


adem benerr emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
bubarkan tenaga ahli dan staff administrasi utk masing2 anggota DPR karena tidak ada landasan UU nya juga.
Quote:

emoticon-Leh Uga
Tunggu 2030 emoticon-Leh Uga
Quote:



Tul si anies sandi tgup nya kelewstan banyak dari jaman ahok , zonk tidak ada komentar nya
KSP dari jamannya SBY udah ada cuma dulu namanya UKP4 tugas fungsinya ga jauh beda, cuma rename doang, kalo ga setuju KSP harusnya si zonk jg ga setuju TGUPP
Sebut ''abuse of power'', Fadli Zon desak Kantor Staf Kepresidenan Dibubarkan