alexa-tracking

Baru Gajian? Lakukan 7 Hal Ini Agar Tetap Punya Uang hingga Akhir Bulan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afcea9ba09a39ef768b4567/baru-gajian-lakukan-7-hal-ini-agar-tetap-punya-uang-hingga-akhir-bulan
Baru Gajian? Lakukan 7 Hal Ini Agar Tetap Punya Uang hingga Akhir Bulan
Setiap orang pasti menunggu waktu gajian tiba. Pasalnya uang gaji bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Misalnya saja pergi ke mall hanya untuk sekedar belanja, membeli segala sesuatu sesuai dengan keinginan, serta hanya sekedar untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Nah, di sini terdapat beberapa tips yang harus kamu lakukan agar uang gaji tetap dapat bertahan hingga akhir bulan.

1. Segera amankan gajimu dengan prinsip menabung
Setelah menerima gaji di awal bulan, biasanya orang-orang akan langsung membeli berbagai macam hal yang diinginkannya. Padahal apabila ingin berhemat, maka dapat langsung menyisihkan sejumlah uang gajian untuk ditabung. Dimana sisihkanlah pendapatan untuk disimpan, berinvestasi, maupun untuk dana darurat.
Konsep menabung di sini dapat dilakukan dengan cara membagi ke beberapa rekening, baik itu rekening tabungan, maupun rekening untuk biaya pengeluaran. Jadi, sebelum pergi ke mall atau tempat perbelanjaan lainnya, maka pindahkan sejumlah uang ke rekening pengeluaran dengan budget yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sehingga dengan manajemen keuangan seperti ini, tidak akan tiba-tiba membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

2. Buatlah konsep skala prioritas untuk biaya pengeluaran
Dengan membuat skala prioritas, segala sesuatu yang berhubungan dengan biaya pengeluaran menjadi lebih efektif dan efisien. Pasalnya segala macam biaya pengeluaran hanya dialokasikan sesuai dengan kebutuhan bukan hanya semata keinginan untuk belanja barang-barang yang bersifat konsumtif.
Jika barang tersebut sangat dibutuhkan, maka tidak salah untuk membelinya saat ini. Namun, apabila belum begitu diperlukan, maka tundalah untuk membelinya. Dengan adanya manajemen keuangan skala prioritas ini, sehingga mampu mengontrol dan memonitor pengeluaran setiap bulannya.

3. Buatlah catatan untuk setiap pengeluaran harian
Apakah pusing setiap kali memikirkan simpanan di rekening semakin menipis? Beli apa saja ya barusan? Nah! disini saatnya kamu sudah bisa memulai untuk mencatat sejumlah uang yang dikeluarkan setiap harinya, sekecil apapun itu. Dengan cara ini, terbukti dapat membuatmu lebih hati-hati saat menggunakan uang di kemudian hari dan dapat menghindari membeli barang yang tidak diperlukan.
Catat setiap pengeluaran baik melalui Smartphone maupun dengan catatan saku, berilah setiap keterangan untuk apa uang tersebut digunakan dan beri keterangan waktu. Jika perlu, sisipkan struk atau receiptpembelian agar lebih jelas. Dengan cara seperti ini manajemen keuangan akan terasa lebih mudah.

4. Membawa uang tunai dalam dompet secukupnya sesuai kebutuhan
Memang dengan membawa uang tunai di dalam dompet dapat mempermudah transaksi di berbagai tempat. Baik melalui toko kecil maupun toko besar, uang tunai tetap dapat berlaku. Sehingga, pengeluaran menjadi tidak terkontrol, alhasil penghasilanmu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan di pertengahan bulan.
Untuk itu, pastikan membawa uang tunai secukupnya agar pengeluaran yang tidak diinginkan dapat dihindari.

5. Gunakanlah kartu kredit dengan bijak
Jangan sering menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif. Jagan berpikir bahwa kartu kredit adalah kartu ajaib di saat masa kritis di akhir bulan, seakan-akan kamu dapat memenuhi segala macam keinginan belanja dengan menggesek kartu tersebut.
Selalu ingat, bahwa saat menggesek kartu kredit maka kamu hanya akan menambah jumlah hutang nantinya. Jika kamu menggunakan kartu kredit dengan bijak, maka dapat membantu dalam mengelola keuanganmu.

Misalnya, gunakan di saat ada promo untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan. Namun jangan lupa untuk segera melunasi tagihan kartu kredit, agar tidak terkena denda nantinya.

6. Belajar untuk hidup sederhana
Banyak orang saat ini terjebak dalam gaya hidup mewah hanya untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain. Ingat, jangan membeli berbagai macam barang hanya agar dapat terkesan mewah di depan teman-temanmu.
Apalagi jika membelinya dengan cara berhutang, sehingga akan semakin menambah berat tagihan bulanan. Belajarlah untuk dapat hidup sederhana dan membeli berbagai macam hal sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

7. Lakukanlah analisa pengeluaran di akhir bulan
Menganalisa pengeluaran di akhir bulan dan lihatlah perbandingan antara rencana budget dan realisasi pengeluaran. Apabila terdapat kebutuhan pokok yang realisasinya melebihi alokasi anggaran, segera lakukan revisi.
Tambahkan anggaran di rencana budget bulan depan. Apabila realisasi pengeluaran bulan ini ternyata tidak perlu,kamu harus mengurangi atau menghapuskannya dari daftar kebutuhan.

Dengan 7 cara di atas, semoga kamu semakin mudah mengelola finansial sampai akhir bulan ya!

Sumber
pengeluaran harus diatur bisa ngak cepet abis