alexa-tracking

Stok pangan selama Ramadan tak perlu dikhawatirkan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afcbac4d9d770c9278b456c/stok-pangan-selama-ramadan-tak-perlu-dikhawatirkan
Stok pangan selama Ramadan tak perlu dikhawatirkan
Stok pangan selama Ramadan tak perlu dikhawatirkan
Tim Satgas Mafia Pangan Polresta Solo berbincang dengan pedagang saat sidak harga kebutuhan pokok di Pasar Legi, Solo, Jawa Tengah, Selasa (15/5/2018).
Pemerintah meminta masyarakat untuk tidak khawatir terhadap lonjakan harga dan ketersediaan pangan selama bulan Ramadan.

Sebab pada Ramadan tahun ini, pemerintah bersama Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berjanji akan terus berpatroli dalam mengawasi pendistribusian sembako ke berbagai daerah, untuk mengantisipasi adanya lonjakan harga yang dilakukan pihak-pihak tertentu.

Ketua Satgas Pangan, Irjen Setyo Wasisto dalam detikcom bahkan mengeluarkan peringatan tegas untuk kalangan pengusaha yang berani menimbun dan memainkan harga pangan.

Jika ditemukan pelanggaran, pihaknya tak segan untuk memberi sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku, namun sebisa mungkin tidak akan menimbulkan kegaduhan.

"Saya minta satgas daerah lebih aktif turun ke pasar dan yang diduga gudang-gudang pangan dengan cara yang elegan, soft approach, tidak menakuti," sebut Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Ditambahkan Setyo, saat patroli nanti Satgas Pangan juga akan melibatkan tim-tim dari Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, Bulog, dan BPOM.

Meski begitu, Setyo tak menampik harga beberapa bahan pokok masih berada sedikit di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan. "Daging ayam kita pantau masih berada sedikit di atas (HET), telur juga sama, ada selisih harga pasar dari yang ditentukan oleh pemerintah. Ini terus kita pantau," sambung Setyo.

Menyisir hargapangan.id, beberapa provinsi yang memiliki harga jual daging ayam tinggi antara lain Sumatra Barat, Jambi, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku.

Sementara untuk daerah yang mengalami harga jual telur tinggi adalah Maluku dan Papua.

Terkait ketersediaan pangan, Kementerian Pertanian mengaku akan meningkatkan stok hingga 20 persen lebih banyak ketimbang hari-hari biasa. Penambahan stok itu akan berlaku hingga Idulfitri 2018.

Stok pangan tidak hanya mencakup cabai, bawang, daging, telur, dan minyak goreng saja, tetapi juga beras. Amran menyebut, saat ini suplai beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) di atas 44 ribu ton, atau hampir dua kali lipat dari standar hari-hari di luar Ramadan dan Idulfitri.

"Tak ada alasan naik, karena kita sudah oversupply," tutur Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam WartaEkonomi.

Jatuhnya bulan Ramadan yang dekat dengan musim panen juga membuat pemerintah optimistis ketersediaan cabai dan bawang akan aman, bahkan surplus pada periode Mei-Juni 2018.

Arman mengakui kondisi ini sudah direncanakan dengan matang, jauh sebelum bulan Ramadan tiba. Salah satunya dengan mengantisipasi musim tanam yang siap panen tepat pada saat bulan Ramadan.

"Jadi tiga bulan sebelumnya, tanaman seperti bawang, padi kita siapkan (tanam)," sebut Arman.

Kondisi ini sedikit berbeda dengan produk padi berdasarkan periode tanamnya. Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah Lokadata Beritagar.id, musim produksi padi terbanyak terjadi pada masa periode tanam Januari hingga April (pada rentang tahun 2011-2016).

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah distribusi pangan yang terus dijaga melalui sinergi semua pihak yang berkepentingan guna menekan harga pangan agar tidak melampaui HET.

Mengutip ANTARA, stok cabai besar pada Mei mencapai 106.242 ton, sementara kebutuhannya diperkirakan hanya 97.741 ton. Begitu juga dengan cabai besar pada Juni 2018 yang diperkirakan surplus hingga 8.004 ton, lantaran pasokannya mencapai 104.935 ton dengan estimasi kebutuhan hanya 96.931 ton.

Bawang merah pada Mei dan Juni 2018 juga diperkirakan surplus yakni masing-masing 8.085 yon dan 8.999 ton.
Stok pangan selama Ramadan tak perlu dikhawatirkan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-dikhawatirkan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Stok pangan selama Ramadan tak perlu dikhawatirkan Petasan ya Ramadan

- Stok pangan selama Ramadan tak perlu dikhawatirkan Serangan kelompok radikal di Mapolda Riau

- Stok pangan selama Ramadan tak perlu dikhawatirkan Jejak Bupati Bengkulu Selatan, dari pembunuhan, narkoba, hingga KPK