alexa-tracking

Mana yang Lebih Murah, Beli Rumah Langsung Jadi atau Bangun Sendiri?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afc383cd9d77092248b4576/mana-yang-lebih-murah-beli-rumah-langsung-jadi-atau-bangun-sendiri
Mana yang Lebih Murah, Beli Rumah Langsung Jadi atau Bangun Sendiri?

Halo agan-sista
emoticon-Hai emoticon-Hai emoticon-Hai

Rumah adalah kebutuhan primer. Salah satu cara memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan memilikinya sendiri, bukan ngontrak atau ngekost. Apalagi jika agan-sista sudah berkeluarga, memiliki rumah tentunya menjadi impian. Kalo masih single sih, masih bisa ikut tinggal bersama orang tua.

Mana yang Lebih Murah, Beli Rumah Langsung Jadi atau Bangun Sendiri?

Untuk memiliki rumah sendiri, agan bisa menempuh 2 macam cara; membeli rumah yang sudah jadi atau membangun sendiri. Cara mana ya, yang lebih murah dan menguntungkan? Simak thread ini sampai selesai, gan.

emoticon-2 Jempol

Membangun Rumah
Jika agan adalah seorang yang idealis dan kreatif, membangun rumah sendiri bisa mewujudkan hunian impian sesuai keinginan. Agan bisa memiliki rumah dengan ukuran, denah ruangan, hingga style yang sesuai dengan keinginan agan. Agan juga bisa memilih bahan-bahan bangunan dengan kualitas terbaik sehingga rumah terasa nyaman, memuaskan, dan terhindar dari kerusakan akibat kualitas bahan yang asal-asalan.

Mana yang Lebih Murah, Beli Rumah Langsung Jadi atau Bangun Sendiri?

Kekurangannya, membangun rumah sendiri mewajibkan agan memiliki tanah. Iya dong, kalo gak ada tanah, mau bangun di mana? Tapi, untuk tempat tinggal yang nyaman, tentunya ada faktor lain yang harus dipertimbangkan. Lokasi tanah dan kondisi sosial di sekitarnya akan mempengaruhi kenyamanan agan nantinya. Bagus kalo tanahnya berlokasi di tempat yang strategis dan lingkungan sosialnya positif. Coba kalo tanahnya berlokasi di tempat terpencil dan sepi, duh agak kurang cocok untuk hunian keluarga yang nyaman. Masalahnya, harga tanah di lokasi dan lingkungan yang bagus pasti tidak murah emoticon-Berduka (S)

Setelah memiliki tanah, agan juga harus memastikan surat tanah, IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan legalitas lainnya lengkap. Beda jika agan membeli rumah yang sudah jadi, tinggal cek rumah, lalu serah terima surat-surat.

Tinggal di rumah hasil rancangan sendiri memang memuaskan, tapi merancang rumah tidaklah sederhana, kecuali jika agan berkecimpung dalam dunia arsitektur. Selain menentukan desain, agan juga harus menetapkan biaya, memastikan biayanya cukup, memilih jenis material yang cocok, merekrut pekerja yang kompeten, dan lainnya. Salah perencanaan, bisa-bisa rumah impian agan malah gagal dan mengecewakan. Untuk menghindari kegagalan, agan bisa merancang dan merencanakan pembangunan rumah dengan mengandalkan bantuan arsitek atau kontraktor.

Agan juga bisa menggunakan internet untuk mengetahui berbagai informasi seputar membangun rumah. Mulai dari inspirasi, ide, tutorial, kontak arsitek, hingga kalkulator biaya pembangunan rumah. Misalnya website solusiholcim.com yang memiliki fitur simulasi pembiayaan rumah. So, agan bisa menghitung dan memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah sendiri.

Satu kekurangan yang pasti ada dalam pembangunan rumah sendiri adalah butuh waktu. Jadi, agan harus sabar menunggunya selesai emoticon-Big Grin

Membeli Rumah Jadi
Secara umum, membeli rumah jadi sebenarnya lebih murah dan mudah. Agan tidak perlu sabar menunggu rumah selesai dibangun dan mengecek pengerjaannya. Bahkan jika tidak memiliki cukup uang untuk membelinya langsung, agan bisa mencicilnya. Apalagi sekarang banyak sekali bank yang bekerja sama dengan developer perumahan untuk menyediakan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Mana yang Lebih Murah, Beli Rumah Langsung Jadi atau Bangun Sendiri?

Selain itu, agan juga tidak akan diribetkan dengan urusan tanah dan lingkungan sekitarnya. Rata-rata developer sudah mengkondisikan lingkungan sekitar agar nyaman ditempati. Biasanya juga sudah dilengkapi dengan fasilitas tempat ibadah, mini/super market, taman bermain, pusat olahraga dan fasilitas umum lainnya. Belum lagi sistem keamanan yang mereka tawarkan dengan one gate system di mana akses keluar-masuk hanya terdiri dari satu gerbang dan dijaga ketat.

Mana yang Lebih Murah, Beli Rumah Langsung Jadi atau Bangun Sendiri?

Kekurangannya, rumah yang dibangun oleh developer memiliki bentuk dan desain yang seragam. Jadi, jika menginginkan desain yang berbeda, agan perlu biaya lebih untuk renovasi.

Selain itu, meskipun terkesan mudah, kenyataannya jika tidak teliti mengecek bangunan, agan bisa mendapatkan rumah dengan kualitas yang tidak baik. Tidak seperti membangun rumah sendiri di mana agan bisa melihat dan mengontrol langsung proses pengerjaannya. Ada juga lho, developer nakal yang menggunakan bahan kualitas rendah berharga murah demi mengakali biaya pembangunan emoticon-Cape d... (S)

Begitulah kira-kira gambaran kelebihan dan kekurangan membangun rumah sendiri versus membeli rumah jadi. Secara umum, membangun rumah membutuhkan kesabaran, sedangkan membeli rumah yang sudah jadi membutuhkan ketelitian. Buat agan-agan yang berniat memiliki rumah nih, lebih tertarik mana, membangun sendiri atau beli yang sudah jadi? Atau agan sudah memiliki rumah sendiri? Coba share dong pengalamannya buat kita semua di sini.
emoticon-Shakehand2
image-url-apps
Pertamax diamanken emoticon-Cool
image-url-apps
Klo ane biasanya beli rumah jadi, trus ane robohin tuh, baru ane bangun lagi, klo ga nyaman, ane robohin lg dah, gitu2 aja terus emoticon-Cool
Maklum horang kayah kelebihan duit emoticon-Leh Uga
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


Daripada dirobohin, mending buat ane satu bray emoticon-Matabelo

Luar biyasah agan bray ini emoticon-Matabelo
image-url-apps
pejwan dulu
image-url-apps
Quote:


Monggo bray emoticon-Maaf Agan
image-url-apps
Ane maunya dikasih rumah gratisan aja emoticon-Malu
image-url-apps
Quote:


widih mantep bener ganemoticon-Matabelo
image-url-apps
Quote:


Beliin ane satu dong gan emoticon-Genit
image-url-apps
enakan yg sdh jadi, tinggal nempatin aj, walaupun msh nyicil 😎
image-url-apps
Quote:


Sombong lu bre emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


Ane juga maooo itu mah emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


Mau satu dong gan emoticon-Genit
image-url-apps


Quote:

Klo mau satu, mesti kerja ama gua coy..emoticon-Cool
Minimal jd pembantu aja uda pasti dpt rumah mewah dr gua emoticon-Cool
Lu ga tau aja klo gua satu silsilah ama amin richman emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


Wedew, sodaranya amin richman toh emoticon-Leh Uga
pantes jadi pembantu aja dapet rumah mewah emoticon-Genit emoticon-Genit
image-url-apps
beli tanah kosong.. dibangun ruko sendiri berapa unit gitu, terus dijual nanti uangnya buat beli tanah lagi..

kalo tanahnya bisa agak besar n luas bisa dibikin perumahan kecil2 gitu atau bebarengan sama pemilik tanah lain
image-url-apps
Quote:


Bener bre, tp buat beberapa orang, kadang mereka pengen punya rumah desain sendiri emoticon-Big Grin
mantap gan. memang ada baik buruknya setiap keputusan tentang rumah, baik bangun sendiri atau beli jadi.
tapi ada hal-hal penning lagi yang mau ane tambahin kalo mau beli rumah jadi.
1. jangan lupa cek lokasi disaat cuaca buruk juga. jangan sampe pas agan beli cuaca cerah semuanya bagus, ternyata pas hujan lokasinya banjir parah.
2. dekat dengan lokasi fasilitas umum, seperti pasar, sekolah, rumah sakit, tempat ibadah. jangan sampe udah pindah rumah tapi kemana mana jauh gan.
3. pastikan benar-benar rumah yang agan beli ada surat-suratnya jelas, jangan sampai agan ketipu penjualnya.

masih banyak sih hal-hal yang harus diperhatikan kalau mau beli rumah. kalau mau tau kunjungi aja https://www.fobuma.com/id/blog/pos_belirumah
image-url-apps
Bangun rumah sendiri sih yang penting jangan pake borongan gan ujung ujungnya pasti nyesal..mending harian mahalan juga yg penting rumah finishingnya nyaman emoticon-Recommended Seller
×