alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Darmin: Pemerintah Harus Bisa Mendorong Ekspor
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afc261bd89b0992128b4571/darmin-pemerintah-harus-bisa-mendorong-ekspor

Darmin: Pemerintah Harus Bisa Mendorong Ekspor

Pemerintah akan berupaya mendorong peningkatan ekspor untuk bisa mengimbangi laju kenaikan impor Indonesia. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai, peningkatan drastis impor Indonesia adalah imbas pertumbuhan investasi. Dengan nilai impor yang lebih tinggi dari ekspor, neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit sebesar 1,63 miliar dolar AS pada April 2018.

"Pemerintah harus bisa mendorong ekspor untuk mengimbangi kenaikan impor. Kalau tidak, itu dampaknya bisa tidak terlalu baik terhadap neraca pembayaran," ujar Darmin di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (15/5).

Darmin mengatakan, penyelesaian sejumlah proyek infrastruktur dan peningkatan investasi membuat impor terus mengalami kenaikan. Menurut Darmin, hal itu terjadi karena banyak barang yang belum bisa dihasilkan di dalam negeri. Pemerintah, kata Darmin, berupaya untuk menggenjot ekspor dengan memberikan insentif investasi seperti tax holiday dan tax allowance.

Meski bisa berpengaruh pada kondisi Neraca Pembayaran Indonesia (NPI), Darmin menyebut, impor tidak diredam. Hal itu lantaran kebijakan tersebut justru bisa menahan laju pertumbuhan ekonomi.

"Investasinya naik, pembangunan infrastruktur realisasinya makin banyak, mau tidak mau impor naik. Karena kita tidak menghasilkan sejumlah barang yang kita perlukan. Oleh karena itu, bukan impornya yang harus ditekan. Ekspornya yang harus didorong lagi," ujar Darmin.

Berdasarkan data Bank Indonesia, NPI pada kuartal pertama 2018 mencatat defisit seiring dengan menurunnya surplus transaksi modal dan finansial. Defisit NPI pada kuartal pertama 2018 tercatat 3,9 miliar dolar AS.

sumber
Urutan Terlama
langkah nyata pemerintahan Jokowi-JK dinanti
Beras impor
Utang juga diimpor

emoticon-Ultah
makanya bikin dollar 20,000 niscaya ekspor meningkat

emoticon-Hammer2
darmin udah nasbung neh
kowi br aja impor beras.




Kita mulai menggenjot ekspor racun kalajengking
Pemerintah kaga bs dorong export
Bisanya dorong pajak keatas

emoticon-Leh Uga
cebong2 nya aja di ekspor ke luar negeri ato luar angkasa..emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


:Selamat
apa yang mau diimpor ?
beras ? gula ? garam ? kedelai ? jagung ?
atau pesawat , esemka ?


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di