alexa-tracking

Neraca Dagang Defisit, Rupiah Kembali Letoi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afc1f64ddd77009178b456b/neraca-dagang-defisit-rupiah-kembali-letoi
Neraca Dagang Defisit, Rupiah Kembali Letoi
Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu pagi, bergerak melemah sebesar 35 poin menjadi Rp 14.065 dibandingkan posisi sebelumnya Rp 14.030 per dolar AS.

Ekonom Samuel Sekuritas, Ahmad Mikail, di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa dolar AS bergerak menguat terhadap sejumlah mata uang dunia didorong meningkatnya yield obligasi Amerika Serikat (AS) menjadi 3,06 persen untuk tenor 10 tahun.

"Kenaikan yield itu salah satunya didorong oleh naiknya kepercayaan investor bahwa tingkat suku bunga (bank Sentral AS) The Fed akan naik empat kali pada tahun ini," kata dia.

Di sisi lain, lanjut dia, pelemahan nilai tukar rupiah juga didorong data neraca perdagangan yang kembali defisit. Neraca perdagangan Indonesia pada April 2018 mengalami defisit 1,63 miliar dolar AS seiring dengan peningkatan aktivitas ekonomi domestik.

Secara kumulatif Januari-April 2018, neraca perdagangan Indonesia tercatat defisit 1,31 miliar dolar AS.

Sementara itu,a nalis Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada, mengatakan bahwa pergerakan nilai tukar rupiah masih terpengaruh oleh sentimen eksternal, salah satunya prospek kenaikan suku bunga The Fed. "Minimnya sentimen positif di dalam negeri juga turut menjadi faktor yang menahan laju rupiah untuk terapresiasi," kata Reza.

Ia menambahkan, selain faktor meningkatnya imbal hasil obligasi AS, antisipasi pelaku pasar uang pada data tingkat konsumsi AS yang diperkirakan naik turut berimbas pada kembali terapresiasinya dolar AS.

Aksi teror

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengungkapkan, rentetan aksi teror bom di Jawa Timur pada Ahad lalu hanya sedikit memengaruhi nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing di mata investor.

Menurut Agus, secara umum memang ada sedikit dampak ekonomi jika dunia internasional melihat adanya gangguan keamanan di Indonesia. Namun, berkaca dari kejadian-kejadian sebelumnya, pengaruh dari insiden teror seperti pada Ahad (13/5) hanya minim. "Serangan bom kemarin hanya memberikan sedikit pengaruh kepada nilai tukar rupiah," ujar Agus, Senin (14/5).

Agus mengatakan, sejauh ini fundamental ekonomi Indonesia dalam keadaan baik. Dia meminta agar masyarakat tidak panik dan tetap tenang menghadapi volatilitas nilai tukar yang terjadi dalam beberapa hari terakhir. "BI dipastikan akan selalu berada di pasar untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Kalaupun sudah menyentuh nilai tukar Rp 14 ribu per dolar AS, itu sesuatu yang kalau secara presentasi kecil dan negara lain ada yang lebih buruk dari negara kita," kata Agus.

sumber
image-url-apps
bandingkan dengan Rubel
image-url-apps
Banyak pengamat Indonesia bilang USA akan hancur dipimpin Trump

Malah Trump yang menghancurkan dunia emoticon-Ngakak
KASKUS Ads
gimana nih komennya sri mulyani
Dolar tinggi di TAWAR aja kata si NGANU
emoticon-Wakaka
image-url-apps
jokowi cocok jadi presiden usa
image-url-apps
Lanjutin jok meroketnya

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Quote:


Ga juga gan. Mata uang lain masih normal. Kemarin Dolar melemah lho selama 3 bulan.
Nah pas dolar melemah Rupiah juga letoy. Padahal mata uang lain menguat

biasanya pas rupiah melemah macam ini malah ramai berita bom / terorisme / rusuh mako.....mungkin sudah diskenariokan buat nutupin berita pelemahan rupiah yang bisa membuat sentimen pasar negatif, dipasanglah isu bom teroris supaya perhatian massa teralih dari ekonomi yang memburuk akibat pelemahan rupiah ke perkara terorisme emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata
image-url-apps
solusi dri rezim.pekok soal dollar emoticon-Big Grin

Neraca Dagang Defisit, Rupiah Kembali Letoi
image-url-apps
ane tetep menunggu 20ribu yg katanya masih aman.






perbankan sih aman. tapi Din Kodok pasti udah mati dikuliti rakyat dijalanan.
Quote:


Dipimpin Trump ekonomi meroket,
Dipimpin Pak Jok ekonomi meroket juga.

Cuma beda arah, yang satu ke atas yang satu entah kemana....
itu sesuatu yang kalau secara presentasi kecil dan negara lain ada yang lebih buruk dari negara kita," kata Agus.
image-url-apps
Yang penting bakso 10ribu kata nastak, sesuai janji pilpres.

Ya defisit lah kalo impor mulu, garam aja impor, ni beras juga mau impor lagi.
image-url-apps
Ud 14.100 nih di klikbca
image-url-apps
Yg penting masih bisa makan dan kenyang
image-url-apps
#2019gantimatauangemoticon-Leh Uga
×